Dampak Siklon Molave, BPBD DKI: Hujan Angin hingga 27 Oktober

Reporter: - 26 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
BPBD DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk tiga hari ke depan berupa potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang hingga 27 Oktober.
tirto.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk tiga hari ke depan berupa potensi terjadinya hujan lebat disertai petir dan angin kencang hingga 27 Oktober.

Informasi yang dikumpulkan dari akun Twitter BPBD DKI Jakarta, Senin dini hari, menyebutkan, hal itu terjadi disebabkan oleh siklon tropis Molave di daratan Filipina bergerak ke arah barat dengan tekanan 980 hPa dan kecepatan angin maksimum mencapai 65 knot.

"Siklon tropis Molave diperkirakan intensitasnya akan meningkat dalam 24 jam ke depan," tulis BPBD DKI Jakarta.

Siklon tropis Molave membentuk "low level jet" di sekitar daratan timur Filipina yang dapat meningkatkan curah hujan dan kecepatan angin hingga lebih dari 25 knot di sekitar wilayah tersebut.

BPBD DKI Jakarta pun mengeluarkan imbauan kepada para camat dan lurah di daerah rawan banjir atau longsor untuk mengantisipasi kondisi tersebut.

BPBD DKI Jakarta juga mengimbau masyarakat untuk menghubungi nomor 112 apabila membutuhkan bantuan.

Selain itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga memperkirakan sebagian wilayah Jakarta diguyur hujan yang disertai petir pada Senin siang hingga malam hari.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang hari. Jakarta Timur dan Jakarta Utara pada malam hari," demikian peringatan yang dilansir dari laman BMKG.go.id, Senin (26/10/2020).

Rincian lengkap prakiraan cuaca Ibu Kota pada Senin siang yakni hujan disertai petir akan mengguyur Jakarta Barat dan Jakarta Selatan.

Kemudian hujan dengan intensitas sedang akan mengguyur Jakarta Timur. Sedangkan hujan ringan diperkirakan turun di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara, dengan cuaca cerah berawan di Kepulauan Seribu.

Meski telah mengeluarkan peringatan dini hujan petir pada Senin malam, secara umum cuaca Jakarta pada Senin malam diperkirakan cerah berawan dengan hujan ringan di Jakarta Selatan.

Lebih lanjut, BMKG memperkirakan cuaca cerah berawan akan menyelimuti langit Jakarta hingga Selasa dini hari,

Suhu udara rata-rata sepanjang Senin di Ibu Kota diperkirakan berada di kisaran normal antara 23 hingga 32 derajat celsius.

Dengan rincian Jakarta Barat 24-32 celsius, Jakarta Pusat 25-31 celsius, Jakarta Selatan 23-32 celsius, Jakarta Timur 24-32 celsius, Jakarta Utara 25-31 celsius dan Kepulauan Seribu 27-31 celsius.

Tingkat kelembapan udara pada sepanjang Senin relatif berfluktuasi di kisaran 75 hingga 95 persen.

Jakarta Barat memiliki kelembapan udara sebesar 70-95 persen, Jakarta Pusat 75-90 persen, Jakarta Selatan 70-95 persen, Jakarta Timur 70-95 persen, Jakarta Utara 75-95 persen dan Kepulauan Seribu 85-90 persen.




Baca juga artikel terkait PRAKIRAAN CUACA atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Editor: Maya Saputri
DarkLight