Dampak COVID-19: UEFA Segera Bahas Nasib Sepak Bola Eropa

Oleh: Beni Jo - 17 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Komite Eksekutif UEFA bakal menggelar pertemuan secara virtual untuk membahas nasib sepak bola yang terdampak pandemi virus Corona atau COVID-19.
tirto.id - Komite Eksekutif UEFA atau Konfederasi Sepak Bola Eropa bakal menggelar pertemuan secara virtual pada Kamis (23/4/2020) untuk membahas nasib sepak bola di benua biru yang masih vakum akibat pandemi virus Corona atau COVID-19.

"Komite Eksekutif UEFA akan bertemu melalui video konferensi pada Kamis 23 April untuk membahas perkembangan terbaru mengenai dampak yang disebabkan oleh wabah virus Corona terhadap sepak bola di Eropa," demikian pernyataan UEFA, dilansir laman resmi, Kamis (16/4/2020).

Rapat tersebut bakal membahas perkembangan beberapa kompetisi domestik dan Eropa yang ditunda akibat pandemi COVID-19.

Pada Selasa (21/4/2020) lalu, juga digelar pembicaraan antara para sekretaris jenderal dari masing-masing federasi sepak bola anggota UEFA yang berjumlah 55 negara.

Hasil forum tersebut akan disampaikan dalam rapat virtual yang bakal dihelat oleh UEFA nanti.

Dampak persebaran COVID-19 membuat hampir seluruh kompetisi sepak bola di negara-negara Eropa ditunda, termasuk di 5 liga top, yakni La Liga Spanyol, Premier League Inggris, Bundesliga Jerman, Ligue 1 Perancis, serta Serie A Italia.

Dua ajang antarklub di Eropa juga kena imbas COVID-19. Liga Champions maupun Liga Europa musim ini sudah ditangguhkan sejak 13 Maret 2020.

Liga Champions 2019/2020 baru meloloskan 4 tim ke perempat final. Adapun 4 tim lainnya perlu memainkan pertandingan leg kedua babak 16 besar yang masih ditunda.

Sedangkan Liga Europa baru sampai di fase 16 besar. Beberapa tim sudah melakoni leg pertama, namun ada juga yang belum tampil pada babak ini, termasuk laga antara Getafe vs Inter Milan dan AS Roma vs Sevilla.

UEFA juga memutuskan menunda EURO 2020 yang sedianya digelar Juni 2020 hingga 2021 mendatang. Hal ini sekaligus dilakukan untuk memberi waktu kepada liga-liga di masing-masing negara agar bisa menyelesaikan kompetisinya musim ini.


Kendati begitu, ada pula kompetisi yang masih jalan terus di tengah pandemi di Eropa, yakni di Belarusia. Dilansir Soccerway, liga utama di negara Eropa Timur itu tetap menggelar pertandingan pada Kamis (16/7/2020) antara Dinamo Minsk vs Neman Grodno.

Pada Jumat (17/4/2020) har ini ini, ada dua pertandingan Liga Super Belarusia yang akan dihelat, yakni Belshina vs Smolevichy-STI dan Shakhtyor vs Slutsk.

Baca juga artikel terkait UEFA atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight