Dampak COVID-19: Liga Meksiko Hapus Promosi-Degradasi 5 Musim

Oleh: Beni Jo - 18 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Liga Meksiko (Liga MX) meniadakan promosi dan degradasi selama 5 musim ke depan sebagai dampak pandemi virus Corona COVID-19.
tirto.id - Liga Meksiko (Liga MX) meniadakan promosi dan degradasi selama 5 musim ke depan sebagai dampak pandemi virus Corona COVID-19.

Konsekuensinya, kompetisi level kedua (Ascenso MX) bakal mendapatkan bantuan senilai 20 juta peso atau sekitar 845 ribu dolar AS setiap tahun selama periode tersebut.

Dikutip dari laman ESPN pada Sabtu (18/4/2020), Enrique Bonilla selaku Presiden Liga MX telah mencapai kesepakatan dengan 18 klub yangberlaga di kompetisi level tertinggi Liga Meksiko. Pertemuan dilakukan dengan cara virtual pada Jumat (17/4/2020) waktu setempat.

Liga MX sudah dihentikan sejak pertengahan bulan Maret lalu dan baru menggelar 10 pekan. Terakhir kali tim-tim Meksiko berlaga adalah pada Senin (16/3/2020) dengan menyelenggarakan tiga pertandingan sebelum ditunda hingga kini akibat pandemi COVID-19.

Di posisi puncak klasemen sementara, Cruz Azul memimpin Liga MX melalui raihan 22 poin. Mereka hanya unggul satu angka dari León sebagai runner-up sementara yang memiliki 21 poin.

Sedangkan untuk posisi juru kunci dihuni oleh Monterrey dengan koleksi lima poin. Atlas berada pada di ke-17 dengan 9 angka. Artinya, kedua tim ini dipastikan bakal aman posisinya untuk tetap berlaga di Liga MX musim depan dan terlepas dari ancaman degradasi.

Sementara bagi Liga Ascenso MX, keputusan tersebut sebenarnya bisa memberi dampak negatif kepada klub-klub pesertanya, yakni tidak ada tim yang bisa berlaga di Liga MX selama 5 tahun ke depan.


Ascenso MX yang diikuti oleh 12 klub baru menyelesaikan 8 pertandingan dengan Mineros de Zacatecas sebagai pemuncak klasemen melalui raihan 22 poin.

Disebutkan bahwa kompetisi itu akan digunakan sebagai ajang untuk mempromosikan para pemain muda Meksiko. Diikuti dengan adanya aturan mengenai batasan pemain yang memiliki usia lebih dari 23 tahun.

Dikutip dari Soccerway, Ascenso MX 2020 sudah dibatalkan dan bahkan tidak ada tim yang dinyatakan sebagai juara karena dampak krisis COVID-19.

Tiadanya promosi dan degradasi di Liga Meksiko bahkan memunculkan wacana terkait merger yang bakal dilakukan antara Liga MX dan MLS (Liga Amerika Serikat).

Baca juga artikel terkait LIGA MEKSIKO atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight