Dampak COVID-19 di Industri Sepak Bola: Liga Turki Akhirnya Ditunda

Oleh: Beni Jo - 20 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Liga Super Turki akhirnya ditunda meski sebelumnya pihak otoritas terkait ngotot menggelarnya sesuai jadwal.
tirto.id - Pihak otoritas terkait akhirnya menunda Liga Turki atau Süper Lig karena kekhawatiran atas pandemi virus corona COVID-19 di Eropa. Sebelumnya, TFF (PSSI-nya Turki) berencana menggelar pertandingan Süper Lig sesuai jadwal.

"The Turkish Football Federation (TFF) mengumumkan semua kegiatan sepak bola di Turki ditunda hingga pemberitahuan berikutnya," pernyataan TFF dikutip dari laman resminya, Kamis (19/3/2020).

TFF mengatakan keputusan penundaan itu sebagai hasil rekomendasi dari Presiden Recep Tayyip Erdoğan usai bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Turki Dr. Mehmet Muharrem Kasapoğlu di Ankara.

Dengan keputusan itu, seluruh aktivitas sepak bola baik level profesional maupun amatir di Turki bakal disetop sementara termasuk Super Lig sebagai kompetisi teratas.

Terkait kelanjutan semua ajang, TFF akan melihat situasi berikutnya dan bakal ditentukan dalam waktu dekat.

Sebelumnya, Super Lig memang berencana tetap menggelar pertandingan sesuai jadwal pada akhir pekan ini. Pada Sabtu (21/3), empat laga siap diselenggarakan meskipun dengan status tanpa penonton.

Di sisi lain, hampir seluruh liga-liga di Eropa sudah mengalami penundaan akibat merebaknya virus corona, seperti Premier League di Inggris, La Liga di Spanyol, hingga Bundesliga di Jerman. Liga Champions dan Liga Eropa juga terdampak bahkan EURO 2020.

Terakhir kali Super Lig dihelat pada Rabu (18/3) lalu yang melibatkan laga antara Göztepe vs Rizespor.

John Obi Mikel, eks bintang Chelsea yang saat ini memperkuat salah satu klub Turki, Trabzonspor, memilih hengkang dari klub saat mengetahui Super Lig tetap digelar.

Melalui akun Instagram resmi pribadinya, Mikel mengatakan,"hidup lebih penting daripada sepak bola. Saya merasa tidak nyaman dan tidak ingin memainkan sepak bola dalam situasi seperti ini."

"Semua orang harus berada di rumah dengan keluarga mereka dan orang-orang yang disayangi di tengah situasi kritis seperti ini. [Kompetisi] Musim ini harus ditunda karena dunia sedang menghadapi masa yang bergejolak," imbuh pemain kelahiran Nigeria itu.

Atas sikap yang ditunjukkan oleh John Obi Mikel tersebut, FIFPro sebagai organisasi pemain profesional dunia akhirnya bereaksi. Mengutip laman Soccerway, disebutkan bahwa FIFPro mendesak agar pertandingan di Turki dihentikan di tengah pandemi COVID-19.


Baca juga artikel terkait LIGA TURKI atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Ibnu Azis
DarkLight