Daftar Wisata Pulau Bintan: Ada Pantai Trikora dan Desa Senggarang

Oleh: Dhita Koesno - 29 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Daftar wisata di Pulau Bintan: Ada Resort Bintan, Pulau Penyegat, hingga Sebung.
tirto.id - Pulau Bintan merupakan salah satu wilayah yang secara administratif terletak di Kepulauan Riau dan Bintan adalah pulau terbesar yang ada di provinsi tersebut. Lokasinya sendiri berada di dekat Batam dan Singapura.

Pulau Bintan memiliki beberapa wilayah tujuan wisata yang indah dan menarik. Pantai Trikora, Pulau Penyengat, Senggarang, dan Lagoi / Bintan Resort, termasuk tempat-tempat yang tidak boleh dilewatkan saat berada di Pulau Bintan.

Pulau ini memiliki populasi sekitar 200.000 orang, dan seperti wilayah Riau lainnya, orang-orang di Pulau Bintan adalah campuran dari berbagai etnis dan budaya, seperti Melayu, Bugis, Cina, serta Orang Laut.

Berdasarkan peraturan Bank Indonesia No.17/11/DKSP tanggal 1 Juni 2015 perihal Kewajiban Penggunaan Rupiah di Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, semua transaksi di pulau Bintan menggunakan mata uang Rupiah (IDR) sehingga bagi yang ingin berkunjung atau berwisata ke Pulau Bintan diharuskan menukarkan mata uangnya ke Rupiah.

Berikut ini beberapa tempat wisata yang ada di Pulau Bintan seperti dikutip dari situs resmi Wonderful Indonesia:

1. Bintan Resort

Resor Bintan adalah salah satu daya tarik wisata di Bintan. Terletak di ujung utara pulau, resor spektakuler ini membentang di sepanjang pantai berpasir putih Laut Cina Selatan.

Bintan Resort memiliki beberapa resor pantai eksklusif dan lapangan golf kejuaraan dan menawarkan berbagai fasilitas rekreasi dan atraksi yang terletak di dalam resor terintegrasi ini.

Bintan Resorts adalah tempat peristirahatan tropis yang sempurna bagi Anda yang suka memanjakan diri dengan perawatan spa yang meremajakan, makanan laut segar yang lezat, dan pemandangan pantai yang tak tertandingi. Pilih hotel favorit Anda dan nikmati pengalaman unik bersama orang yang Anda cintai.

2. Pulau Penyengat

Pulau ini pernah menjadi episentrum Kerajaan Melayu Riau-Lingga. Istana Sultan yang telah dipugar ini diperkaya dengan monumen bersejarah dan peninggalan masa lalu.

Perpaduan menarik antara arsitektur Jawa dan Belanda. Landmark terkenal lainnya di pulau ini adalah Masjid Agung Sultan Riau yang menakjubkan, yang dibangun menggunakan campuran putih telur dan kapur sebagai semen.

3. Pantai Trikora

Pantai Trikora berada di timur pulau Bintan. Dengan pantai air kristal jernih, pulau ini tampak memesona karena bentangan panjangnya.

Ada pula taman bermain tepi laut yang populer bagi penduduk lokal serta negara tetangga Singapura dan Malaysia. Nikmati ketenangan dan waktu berkualitas santai dan menyenangkan bersama orang-orang terkasih di lingkungan yang indah dan menakjubkan ini.

4. Desa Senggarang dan Sebung

Mereka yang memiliki minat yang sama dengan cara hidup masyarakat setempat mungkin akan menemukan suguhan desa Senggarang dan Sebung.

Senggarang adalah salah satu desa Tionghoa yang paling menonjol di Kepulauan Riau. Desa ini memiliki tradisi Tionghoa yang kuat di sekitarnya.

Desa nelayan kecil ini dipenuhi dengan deretan rumah panggung nelayan yang berjejer di pesisirnya. Desa ini juga merupakan rumah bagi kuil Tiongkok kuno.

Desa Sebung adalah tempat mencari makanan laut terbaik di Bintan. Terletak di dekat Sungai Sebung, Desa Sebung memiliki banyak makanan laut segar yang disajikan di restoran bergaya Kelong.

Sambil mengamati penduduk setempat, desa ini juga menawarkan pemandangan sungai bakau yang fantastis.


Baca juga artikel terkait PULAU BINTAN atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight