Daftar Transfer Pemain Liga Inggris 2021: Odegaard Hingga Diallo

Oleh: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof - 28 Januari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Dalam bursa transfer musim dingin 2020/2021, Arsenal menggaet Martin Odegaard, sementara Man United merekrut pemain muda Amad Diallo.
tirto.id - Arsenal menjadi salah satu yang paling aktif di bursa transfer musim dingin 2020/2021 yang akan segera ditutup pada 1 Februari mendatang. Setelah dikeluarkan dari skuad Mikel Arteta sejak awal musim, pada 24 Januari lalu, Mesut Ozil resmi hijrah ke Fenerbahce.

Sejak kedatangannya pada akhir jendela transfer 2013 lalu dari Real Madrid, hingga saat ini, Ozil telah mencatatkan 250 penampilan bersama Arsenal di semua kompetisi. Total, Ozil membukukan 44 gol dan 71 assist selama membela The Gunners.

Fenerbahce mendapatkan Ozil dengan cuma-cuma. Gelandang asal Jerman tersebut berstatus free agent usai kontraknya tidak diperpanjang Arsenal.

Setelah tidak berminat lagi kepada pemain berdarah Turki itu, Arsenal pun bergerak cepat mencari pengganti. Pada 27 Januari 2021 kemarin, Martin Odegaard resmi didatangkan Arsenal dari Real Madrid guna mengisi kekosongan gelandang di pasukan Mikel Arteta.

Odegaard resmi berseragam Arsenal dengan nomor punggung yang sebelumnya dipakai Ozil, yakni 11. Dengan nilai transfer 2 juta euro, pemain asal Norwegia tersebut akan memperkuat lini tengah The Gunners hingga Juni musim ini.

Meski sudah ada beberapa pemain muda The Gunners yang sebenarnya bermain cukup bagus di beberapa laga terakhir, seperti Thomas Partey dan Bukayo Saka, kehadiran Odegaard diharapkan oleh Arteta.

"Saya berbicara dengannya sebelum datang ke sini, tentu saja. Itu sangat penting bagi saya dan dia tampak seperti manajer top. Saya menyukai ide-idenya, cara dia memandang sepak bola dan juga caranya [melatih]. Dia memberi saya perasaan yang luar biasa dan itu penting bagi saya untuk datang ke sini. Dia sangat penting," kata Odegaard, dilansir dari laman resmi Arsenal.


Beralih ke Manchester United, kubu Setan Merah resmi mendatangkan Amad Diallo dari Atalanta. Pemain asal Pantai Gading itu menandatangani kontrak dengan Man United hingga akhir Juni 2025.

The Red Devil nampaknya sedang bergairah untuk mengembangkan potensi pemain muda. Diallo baru berusia 18 tahun saat direkrut Man United.

Pemain sayap itu baru tampil 5 kali bersama tim senior Atalanta. Di laga debutnya, Oktober 2019 lalu, ia mampu mencetak 1 gol ke gawang Udinese.

"Kami telah mengamati Amad selama beberapa tahun dan telah mengawasinya sendiri, saya yakin dia adalah salah satu prospek muda yang paling menarik," ujar Ole Gunnar Solskjaer di laman MU.

Perburuan pemain baru juga dilakukan Wolverhampton Wanderers. Setelah mendatangkan Nelson Semedo dari Barcelona dan Fabio Silva dari Porto, pada transfer musim panas lalu, Wolves masih berusaha mendongkrak performa lini serangnya.

Adalah Willian Jose yang menjadi pilihan sang pelatih, Nuno Espírito Santo. Pemain 29 tahun itu didatangkan dari Real Sociedad dengan status pinjaman untuk sisa musim 2020/2021. Meskipun demikian, Wolves memegang opsi untuk mengotraknya permanen pada musim panas nanti.

Sejak 2016 hingga tahun ini, Willian Jose telah tampil 170 kali bersama Sociedad di semua ajang. Sebanyak 62 gol telah ditorehkan pemain asal Brasil tersebut. Dengan adanya Jose, Nuno Espirito Santo memiliki opsi di lini depan selain Fabio Silva.

Pemain berusia 29 tahun itu akan bermain di EPL untuk pertama kalinya dalam karirnya. Jose akan mengenakan kaos bernomor punggung 12. Namun, ia belum akan turun di laga Wolves vs Chelsea, pada Rabu pekan depan.

Daftar Pembelian-Penjualan Pemain Termahal Klub Liga Inggris

Berikut ini daftar pembelian termahal klub EPL di bursa transfer musim dingin 2021.


Nama Pemain Tim Asal Tim Baru Status Transfer
Harga
Sébastien Haller
West Ham Ajax Permanen 22,5 juta euro
Amad Diallo Atalanta Man United Permanen 21 juta euro
Morgan Sanson Marseille Aston Villa Permanen 15,8 juta euro
Filip Stevanovic Partizan Man City Permanen 8,5 juta euro
Jean-Philippe Mateta Mainz 05 Crystal Palace Pinjaman 3,5 juta euro
Martin Odegaard Real Madrid Arsenal Pinjaman 2 juta euro
Timothy Fosu-Mensah Man United Leverkusen Permanen 1,7 juta euro
Robert Snodgrass West Ham West Brom Permanen 110 ribu euro
Max Meyer Crystal palace FC Koln Permanen free transfer
Mesut Ozil Arsenal Fenerbahce Permanen free transfer



Baca juga artikel terkait BURSA TRANSFER atau tulisan menarik lainnya Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Penulis: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Editor: Addi M Idhom
DarkLight