Daftar Top Skor Liga 1 Gojek Traveloka 2017 Hingga Pekan 16

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 24 Juli 2017
Dibaca Normal 1 menit
Peter Odemwingie menjadi top skor sementara GoJek Traveloka. Penyerang ini telah menghasilkan 13 gol untuk Madura United.
tirto.id - Menjelang paruh musim, persaingan top skor dan klub menuju tangga juara Liga 1 Gojek Traveloka kembali memanas. PSM Makassar dan Madura United yang sejak awal musim nyaman di puncak klasemen harus terancam menyusul kebangkitan Persipura Jayapura, Bali United, dan Bhayangkara FC. Tak hanya dalam hal klasemen, persaingan pada daftar top skor kompetisi juga semakin ketat.

Kegagalan Odemwinge menambah pundi-pundi gol pada pertandingan melawan Barito Putera pekan lalu dimanfaatkan dengan baik oleh Sylvano Dominique Comvalus. Striker berkebangsaan Belanda itu sukses mencetak satu gol yang membawa Bali United menghantam klub tangguh PSM Makassar.

Selain mengangkat posisi Bali United di papan atas, satu gol tersebut menambah torehan Comvalus musim ini menjadi 12 gol, atau hanya tertinggal satu gol di belakang Odemwinge. Gol tersebut juga sekaligus menjadi gol keenam Comvalus dalam lima pertandingan terakhir.

Torehan mengesankan itu dimulai oleh Comvalus pada pekan ke-12 kala klubnya—Bali United—menjamu tim papan bawah Persiba Balikpapan. Pada pertandingan yang berkesudahan 2-0 tersebut, ia berhasil memanfaatkan umpan terobosan Marcos Flores guna memantapkan keunggulan klubnya.

Gol pada pertandingan lawan Persiba kembali diulang kala Comvanus berhadapan dengan PS TNI, Barito Putera, Sriwijaya FC, serta PSM Makassar. Bahkan, saat pertandingan melawan Barito Putera Comvalus berhasil mencetak dua gol.

Di bawah Odemwinge dan Comvalus, muncul nama Elias Da Costa dan Lerby Eliandry. Penyerang PSM Makassar dan Borneo FC ini menempati peringkat ketiga dan keempat top skor sementara dengan torehan sama, sembilan gol.

Sama seperti Comvalus, gol terakhir Lerby baru dicetak pada pekan ke-16 kemarin. Sementara itu, Elias yang pekan lalu dipecundangi Bali United mencetak gol terakhirnya pada pekan ke-14 kala Juku Eja bermain imbang dengan tuan rumah Persiba Balikpapan.

Dengan angka yang ada saat ini, tentu sulit bagi Lerby dan Elias untuk mengejar torehan Odemwinge dan Comvalus sebelum putaran pertama berakhir. Pasalnya, saat ini putaran pertama hanya menyisakan satu pertandingan.

Lebih-lebih, Elias akan berhadapan dengan Madura United yang sekaligus klub tempat Odemwinge bermain. Di lain pihak, Lerby dan Borneo FC harus bertandang ke kandang tim tangguh Arema FC pada pekan ke-17. Membayangkan keduanya mencetak minimal empat gol dalam satu pertandingan melawan klub-klub tangguh jelas hal yang kelewat liar.

Kondisi lebih menguntungkan bagi Comvalus. Comvalus hanya berhadapan dengan barisan pertanan klub papan bawah, Persegres Gresik United. Tentu momen ini akan coba dimanfaatkannya guna mengejar torehan gol Odemwinge, apalagi sang Marquee Player harus berhadapan dengan lawan tangguh PSM Makassar.

Berikut Daftar Top Skor Liga 1 Gojek Traveloka 2017 hingga pekan ke-16

Nomor Nama Asal Klub Gol
1 PETER OSAZE ODEMWINGIE Madura United 13
2 SYLVANO DOMINIQUE COMVALIUS Bali United 12
3 REINALDO ELIAS DA COSTA PSM Makassar 9
4 LERBY ELIANDRY Borneo FC 9
5 MARCLEI CESAR CHAVES SANTOS Mitra Kukar 8
6 ALBERTO GONCALVES Sriwijaya FC 8
7 IVAN CARLOS FRANCO COELHO Persela Lamongan 7
8 THIAGO FURTOSO Bhayangkara FC 7
9 ADDISON ALVES DE OLIVEIRA Persipura Jayapura 7
10 PATRICK DANIEL Persegres Gresik 6

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2017 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Agung DH