Daftar Top 20 Brand Reputation Boy Group Juli 2019: BTS Hingga EXO

Oleh: Syarifah Aini - 13 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Daftar top 20 brand raputation untuk boy group edisi bulan Juli
tirto.id - The Korean Bussiness Reseatch Institute baru saja merilis daftar brand raputation edisi bulan Juli untuk kategori boy group pada Sabtu (13/7/2019).

Secara rinci, daftar top 20 brand raputation yang dikutip Re Korea Net untuk boy group edisi bulan Juli adalah sebagai berikut:

1. BTS
2. EXO
3. WINNER
4. SF9
5. SEVENTEEN
6.NU’EST
7. NCT
8. INFINITE
9. SHINee
10. TVQX
11. Stray Kids
12. ATEEZ
13. ASTRO
14. AB6IX
15. 2PM
16. VIXX
17. HOTSHOT
18. LIMITLESS
19. TREI
20. BTOB

Berdasarkan daftar yang dirilis, dapat diketahui bahwa posisi pertama berhasil diraih oleh boy group asuhan Big Hit Entertainment yaitu BTS dengan total indeks sebesar 15,236,505.

Atas capaian ini, BTS telah berhasil merajai posisi teratas
brand reputation selama 14 bulan secara berturut-turut. Dilansir Soompi (13/7/2019), dari hasil total indeks tersebut kata yang paling banyak dicari di situs internet yaitu “Jimin”, “Oricon”, dan juga “game”.

Sementara itu, tema yang paling banyak dicari berkaitan dengan BTS adalah “bahagia”, “menyenangkan”, dan juga “suka”. Jika ditotal untuk analisis mengenai reaksi positif dan negatif, BTS berhasil meraih skor senilai 91,51 persen dalam bentuk reaksi positif.

Kepopuleran mereka kini juga semakin meningkat usai sukses merilis game virtual terbaru bekerja sama dengan NetMarble bertajuk “Game BTS World”.

Beralih pada posisi kedua, boy group asuhan SM Entertainment, EXO berhasil meraih total indeks sebesar 4,806,308. Capaian ini berhasil meningkat sebanyak 19,14 persen dari bukan lalu. Kenaikan indek reputasi dari EXO ini kemungkinan besar dipengaruhi oleh berita Wamilnya D.O, rilisnya single solo perdananya, kabar debutnya sub unit EXO SC yang terdiri dari Sehun dan Chanyeol, serta perilisan mini album solo perdana Baekhyun bertajuk “City Light” beberapa waktu yang lalu.

Sedangkan pada posisi ketiga, boy group asuhan YG Entertainment yaitu WINNER berhasil menduduki posisi ketiga dengan perolehan indeks sebesar 2,548,404. Jika EXO berhasil naik 19,14 persen dari edisi sebelumnya, maka boy group pelantun lagu “Really Really” ini justru meningkat tajam sebesar 154,25 persen.

Peningkatan yang begitu drastis tersebut dapat dikatakan sebagai prestasi yang membanggakan. Pasalnya di tengah maraknya berita negatif yang menimpa agensi yang menaungi mereka, boy group beranggotakan Jinu, Yoon, Mino, dan Hoony ini tetap berhasil menunjukkan eksistensinya di industri musik Korea.

Prestasi tersebut mereka tunjukkan melalui karya terbarunya bertajuk “Ah Yeah” yang berhasil menguasai tangga lagu realtime Korea.

Selain itu, salah satu personel yaitu Mino berhasil menunjukkan kemampuan fashionnya dengan menjadi idol Korea pertama yang berhasil debut di Runway Louis Vuitton Spring 2020.


Berdasarkan data yang dibagikan oleh The Korean Business Research, pihak pengelola menuturkan bahwa hasil yang mereka rilis dihitung berdasarkan analisis di beberapa aspek mulai dari partisipasi konsumen, pemberitaan media, interaksi dari indeks komunitas berbagai boy group, hingga yang terakhir berdasarkan big data yang diakumulasikan sejak tanggal 11 Juni hingga 12 Juli 2019.




Baca juga artikel terkait BOY GROUP atau tulisan menarik lainnya Syarifah Aini
(tirto.id - Musik)


Penulis: Syarifah Aini
Editor: Yulaika Ramadhani
Kontributor: Syarifah Aini
DarkLight