Daftar Tools Internet pada Web Browser dari Home hingga Print

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 15 April 2021
Dibaca Normal 2 menit
Web browser atau peramban web memiliki tools internet beragam dengan tugas dan fungsi berbeda.
tirto.id - Website atau situs web dapat diakses menggunakan aplikasi web browser yang memiliki beragam tools bermanfaat.

Zaman sekarang banyak hal yang bisa dilakukan dengan internet. Mulai dari sekadar mencari informasi, bertransaksi jual-beli, sampai bertransaksi keuangan perbankan, sudah bisa dilakukan dengan perantaraan internet. Internet menjadi bagian perkembangan teknologi yang membawa banyak perubahan dalam kehidupan modern.

Mengutip modul Pemanfaatan Internet untuk Pembelajaran (Dasar) (Kemendikbud 2015), internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan berbagai macam situs. Internet menyediakan akses layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi yang cukup besar dan tersebar ke berbagai belahan dunia bagi penggunanya. Tidak mustahil lagi bagi pengguna internet di Indonesia untuk berkirim kabar pada temannya di Amerika Serikat, hanya dalam hitungan detik dengan memanfaatkan internet.

Setiap situs web atau website memiliki namanya sendiri yang unik. Penamaannya biasa diawali dengan tulisan www yang merupakan kependekan dari World Wide Web. Www adalah ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut "Pengidentifikasi Sumber Seragam" untuk mengenal pasti sumber daya berguna. Meski sering disebut sebagai internet secara keseluruhan, tetapi www sebenarnya adalah bagian dari internet.

Dalam www berkumpul layanan website dari seluruh dunia yang menyediakan data dan informasi untuk digunakan bersama. Dari website ini, pengguna bisa mengakses berbagai informasi yang tidak terbatas pada teks. Pasalnya, setiap pemilik website bisa memasukkan pula informasi berupa gambar, suara, video, dan animasi.

Agar bisa mengakses berbagai informasi dan data dari website, diperlukan aplikasi yang disebut browser. Ada banyak pilihan browser yang bisa dipilih, macam Internet Explorer, Opera, Mozilla, Google Chrome, dan sebagainya. Cukup memasukkan alamat website pada kolom alamat situs web browser maka informasi pada website akan ditampilkan.


Mengutip Idcloudhost, browser atau web browser adalah aplikasi yang dapat untuk menjelajahi, menyajikan, hingga mengambil konten yang berada di berbagai sumber informasi pada jaringan internet atau www. Web browser adalah media penjelajah atau peramban dari beragam website yang ada di seluruh dunia. Web browser memiliki beberapa fungsi, yaitu:

1. Mempermudah mencari informasi dari internet. Menggunakan web browser membantu pengguna dalam menemukan informasi pada alamat yang ingin diakses.

2. Menyimpan berbagai data di internet. Web browser juga dibekali fitur bookmark untuk menyimpan data dari internet sehingga pengguna bisa membuka sebuah website tanpa perlu lagi mencari di search engine.

3. Membuka file dengan ekstensi khusus. Web browser terkini telah dibekali fitur yang mampu membaca data dengan ekstensi khusus seperti PDF, CSS, HTML, PHP, JS, dan sebagainya.

4. Menjaga keamanan website. Web browser selalu menjalankan proses verifikasi untuk memastikan laman website berbahaya atau aman.

5. Mendukung penggunaan search engine. Web browser dan search engine atau mesin pencari kini tidak bisa dipisahkan. Setiap web browser telah dibekali oleh beberapa pilihan search engine.

Pada umumnya, web browser juga memiliki tools beragam. Berikut ini berbagai tools di web browser beserta kegunaannya:

- Back: untuk kembali pada halaman sebelumnya dibuka

- Forward: untuk berpindah pada halaman berikutnya yang sudah dibuka

- Stop: memutuskan/membatalkan untuk menampilkan halaman yang sedang di-load (dibuka)

- Refresh: memproses kembali pemuatan (loading) suatu halaman yang tadinya dibatalkan (dengan Stop) atau mencoba membuka lagi halaman yang agak lambat atau sulit dibuka

- Home: membuka home page yang telah diatur pada browser atau mengantarkan kembali ke halaman pertama yang ditampilkan oleh jendela browser ketika pertama kali dibuka

- Search: membuka opsi pencarian data pada internet browser

- Favorites: menyimpan dan menampilkan daftar alamat situs-situs favorit Anda

- History: menampilkan daftar semua situs dan link yang pernah dikunjungi selama beberapa hari atau beberapa minggu sebelumnya

- Mail: mengirim halaman web yang sedang dibuka dengan program email

- Print: mencetak halaman yang sedang aktif (tampil)

- Go: membuka situs yang alamatnya dituliskan atau dimasukkan di kotak Address Bar


Baca juga artikel terkait INTERNET atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Ibnu Azis
DarkLight