Liga Eropa

Daftar Tim Lolos UEL 2021 di Liga Inggris, Italia, Spanyol, Jerman

Oleh: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof - 24 Mei 2021
Dibaca Normal 2 menit
Liga Inggris punya jatah Liga Eropa sebanyak 1 tiket, sementara 3 liga lainnya, LaLiga, Serie A, dan Bundesliga masing-masing 2 tiket.
tirto.id - Kompetisi liga-liga top Eropa secara resmi berakhir pada pekan ini. Manchester City berhasil menjuarai Liga Inggris sementara Inter Milan merengkuh gelar scudetto Serie A. Di sisi lain, Atletico baru saja memastikan gelar LaLiga Spanyol pada pekan terakhir.

Sementara itu, Liga Jerman masih dikuasai oleh Bayern Munchen. Die Bayern tidak tergoyahkan sebagai juara bertahan selama 9 musim beruntun.

Masing-masing tim yang menjuarai liga tersebut dipastikan bakal bermain di Liga Champions musim depan. Selain itu, 3 tim di bawahnya juga berhak atas tiket UCL.

Sementara itu, beberapa tim yang gagal finis di 4 besar punya kesempatan bermain di UEL.

Liga Inggris punya jatah Liga Eropa sebanyak 1 tiket, yakni untuk tim peringkat 5. Sementara itu, 3 liga lainnya, LaLiga, Serie A, dan Bundesliga mendapat jatah masing-masing 2 tiket, untuk peringkat 5 dan 6.

Tim Liga Inggris yang Lolos ke UEL

Leicester yang gagal meraih kemenangan di pekan pemungkas melawan Tottenham, harus puas finis di urutan 5 musim ini. Pasalnya, pesaing terberat The Foxes, Liverpool, berhasil menggenapkan koleksi poinnya menjadi 69 usai menang 2-0 melawan Crystal Palace.

Leicester sebenarnya punya peluang menang di pertandingan melawan Tottenham. Mereka sempat unggul 2-1 hingga menit ke-75. Namun, bunuh diri kiper Kasper Schmeichel di menit 75 memupus harapan tersebut.

Setelah own goal tersebut, The Foxes kehilangan konsentrasi. Mereka akhirnya kebobolan 2 gol lagi di menit-menit akhir.

Adalah Gareth Bale yang berhasil menyarangkan 2 gol sekaligus, pada menit 87 dan 90+6.

Kendati gagal bermain di UCL musim 2021/2022, Leicester masih punya tiket ke Europa League. The Foxes merupakan satu-satunya tim Liga Inggris yang bakal bermain di turnamen terbaik kedua Eropa tersebut.


Tim Liga Italia yang Lolos UEL

Liga Italia punya jatah 2 tim yang bakal melaju ke Europa League musim depan. Di antaranya ialah Napoli dan Lazio.

Napoli ditahan imbang Verona dengan skor 1-1 di pekan pemungkas pada Senin (24/5/2021) dini hari tadi. Hasil imbang tersebut membuat posisinya digusur oleh Juventus dari 4 besar klasemen. Pasalnya, Si Nyonya Tua mampu menang di laga terakhir melawan Bologna di waktu yang sama.

Kendati gagal finis di 4 besar dan bermain di UCL, Napoli masih berhak berlaga di Liga Eropa musim depan.

Sementara itu, Lazio sudah memastikan langkahnya ke UEL lebih dulu. Biancoceleste berhasil mengunci posisinya di peringkat 6 sejak pekan 37 lalu.

Namun, Lazio gagal menutup musim ini dengan manis. Ciro Immobile dan kolega tumbang dengan 2 gol tanpa balas melawan Sassuolo pada Senin (24/5) dini hari tadi.


Tim Liga Spanyol yang Lolos UEL

Real Sociedad yang mengunci peringkat 5 klasemen akhir LaLiga 2020/2021 berhak mengantongi 1 tiket Liga Eropa musim depan.

Sociedad juga berhasil menutup LaLiga musim ini dengan kemenangan. La Real berhasil menumbangkan Osasuna di kandang sendiri dengan skor tipis 0-1.

Sedangkan, tiket kedua UEL akhirnya didapatkan Real Betis setelah melewati pekan pemungkas.

Betis berhasil menggeser Villarreal dari peringkat 6 klasemen usai menang melawan Celta Vigo dengan skor 2-3. Sebaliknya, Villarreal takluk di tangan Real Madrid.

Betis berhasil menduduki peringkat 6 dengan koleksi 61 poin. Sementara itu, Villarreal yang baru mengoleksi 58 poin, harus puas di peringkat 7. Namun, The Yellow Submarine bakal berlaga di kompetisi baru Eropa yang bertajuk Europa Conference League musim depan.


Tim Liga Jerman yang Lolos UEL

Dua tiket UEL untuk tim Liga Jerman sudah dipastikan sejak pekan 37 lalu. Adalah Frankfurt dan Bayer Leverkusen yang dipastikan bakal bermain di Liga Eropa musim depan.

Pada pertandingan pekan pemungkas, Frankfurt berhasil memetik kemenangan melawan Freiburg pada Sabtu (22/5) lalu.

Frankfurt unggul 3-1 atas tim tamu Freiburg dalam laga yang digelar di Stadion Deutsche Bank Park tersebut. Andre Silva, Almamy Toure, dan Ragnar Ache berhasil mencetak masing-masing 1 gol dalam laga tersebut.

Sementara itu, Leverkusen malah gagal menyudahi musim ini dengan baik. Tim berjuluk Werkself tersebut tumbang di kandang Dortmund dengan skor telak 3-1.

Serangan yang dilancarkan Erling Haaland dan kolega tidak mampu dibendung oleh lini belakang Leverkusen. Alhasil Haaland berhasil menyarangkan 2 gol sedangkan 1 gol lainnya dilesatkan Marco Reus. Leverkusen hanya mampu memperkecil ketertinggalan di menit 89 melalui sepakan penalti Lars Bender.


Daftar Tim Lolos UEL 2021

Liga Inggris:
Leicester

Liga Italia
Napoli
Lazio

Liga Spanyol

Real Sociedad
Real Betis

Liga Jerman
Eitracht Frankfurt
Bayer Leverkusen


Baca juga artikel terkait LIGA EROPA 2021 atau tulisan menarik lainnya Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Penulis: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Editor: Ibnu Azis
DarkLight