Liga Champions

Daftar Tim Lolos UCL 2021 di Liga Italia, Inggris, Spanyol, Jerman

Oleh: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof - 24 Mei 2021
Dibaca Normal 3 menit
EPL Liga Inggris, Liga Italia Serie A, LaLiga Spanyol, dan Bundesliga 1 Jerman masing-masing mendapat jatah 4 tim ke Liga Champions (UCL) musim depan.
tirto.id - Liga-liga top Eropa musim 2020/2021 baru saja usai pekan ini. Premier League atau Liga Inggris, Liga Italia Serie A, LaLiga Spanyol, dan Bundesliga 1 Liga Jerman masing-masing mendapat jatah 4 tim yang lolos ke Liga Champions (UCL) musim depan.

Manchester City tampil sebagai juara EPL Liga Inggris musim ini. Di Serie A Liga Italia, Inter Milan tampil perkasa dengan merengkuh scudetto dan memutus dominasi Juventus yang dalam beberapa musim terakhir selalu berjaya.

Di LaLiga Spanyol, Atletico Madrid akhirnya meraih trofi juara setelah bersaing ketat dengan rival sekota sekaligus sang juara bertahan musim lalu, Real Madrid. Sedangkan Bayern Munchen melanjutkan dominasinya dengan kembali menjuarai Bundesliga musim 2020/2021 ini.

Tim Liga Inggris yang Lolos UCL

Manchester City sudah mengunci posisi puncak klasemen EPL sejak pekan ke-36 lalu. Skuad asuhan Pep Guardiola kala itu telah menyimpan keunggulan 12 poin atas Manchester United yang berada di urutan kedua.

Dengan menjuarai EPL, The Citizens secara otomatis lolos ke Liga Champions musim depan. Pada pekan pekan pemungkas pada Minggu (23/5/2021) lalu, City menang telak 5-0 melawan Everton.

Selain City, masih ada 3 tim lain yang berada di 4 besar klasemen EPL yang berhak ke UCL musim 2021/2022, yaitu Manchester United, Liverpool, dan Chelsea.

Pada Minggu (23/5/2021) bersamaan dengan laga City vs Everton, MU menggilas Wolves dengan skor 1-2. Sementara itu, Liverpool juga menang di kandang sendiri melawan Crystal Palace dengan 2 gol tanpa balas.

Chelsea sendiri gagal menang di kandang Aston Villa pekan lalu. Kendati demikian, The Blues terselamatkan di posisi 4 lantaran pesaing terberatnya, Leicester City, tumbang saat menjamu Tottenham Hotspur dengan skor 2-4 di laga pemungkas.


Tim Liga Italia yang Lolos UCL

Tidak jauh berbeda dengan Liga Inggris, Serie A Italia juga lebih dulu memastikan juaranya pada pekan ke-34 lalu. Inter Milan memastikan posisi di tampuk klasemen dengan 82 poin. Total poin tersebut sudah tidak mungkin terkejar oleh para pesaing Inter.

Nerazzurri berhasil menutup Liga Italia musim ini dengan mengesankan. Pasukan Antonio Conte menang atas Udinese pada Minggu (23/5) lalu dengan skor telak 5-1.

Dengan gelar scudetto musim ini, Romelu Lukaku dan kawan-kawan secara otomatis mengantongi tiket UCL musim depan.

Ada 3 tim lain yang bakal menemani Inter di ajang UCL musim depan, yaitu AC Milan, Atalanta, dan Juventus.

Atalanta yang sudah mengunci tiket UCL lebih dulu harus menyerah di laga pungkasan melawan AC Milan pada Senin (24/5) dini hari. La Dea tumbang dengan skor 0-2 di kandang sendiri.

Sementara itu, Juventus yang menang telak 1-4 di kandang Bologna akhirnya dapat ikut lolos ke UCL musim depan bersama Inter, Milan, dan Atalanta.

Napoli bernasib apes. Partenopei yang sebelumnya menghuni peringkat 4 malah gagal meraih poin penuh di laga kontra Verona yang berakhir imbang dengan skor 1-1. Hasil ini membuat Gennaro Gattuso kehilangan posisinya sebagai pelatih Napoli.

Tim Liga Spanyol yang Lolos UCL

LaLiga Spanyol berlangsung seru musim ini. Juara Liga Spanyol baru dipastikan setelah laga pekan pemungkas berakhir. Atletico Madrid yang menang melawan Valladolid dengan skor 1-2 akhirnya memastikan gelar juara yang ke-11.

Sebagai juara LaLiga musim ini, Los Rojiblancos juga berhak atas tiket UCL musim depan. Di samping Atletico Madrid, masih ada 3 tim lain atau posisi 4 besar yang bakal bermain di UCL musim 2021/2022, yaitu Real Madrid, Barcelona, dan Sevilla.

Dalam pekan terakhir musim ini, Real Madrid menang 2-1 saat menjamu Villarreal di Stadion Alfredo Di Stefano. Sementara Barcelona unggul tipis 0-1 kala melawat ke markas Eibar.

Sevilla yang baru melakoni laga terakhir pada Senin (24/5/2021) dini hari sudah dipastikan menyegel posisi 4. Pasalnya, Los Nervionenses itu menyimpan keunggulan 12 angka dari tim di bawahnya.


Tim Liga Jerman yang Lolos UCL

Bayern Munchen sudah lebih dulu memastikan gelar juara Bundesliga pada pekan ke-32 lalu. Hasil itu diperoleh setelah RB Leipzig sebagai pesaing terberatnya tumbang melawan Dortmund pada 8 Mei 2021 silam.

Bertengger di puncak klasemen membuat Bayern Munchen secara otomatis lolos ke UCL musim depan.

Die Roten juga menutup liga musim ini dengan manis. Skuad asuhan Hansi Flick menggilas Augsburg di Allianz Arena dengan skor telak 5-2 pada Sabtu (22/5) lalu.

Sementara itu, 3 tim lainnya yang bakal mendampingi Bayern Munchen adalah RB Leipzig di UCL musim depan adalah Borussia Dortmund dan Wolfsburg.

Dari 3 tim tersebut, hanya Dortmund yang mampu menang di laga pekan terakhir. Die Borussen mengalahkan Bayer Leverkusen di Signal Iduna Park dengan skor 3-1.

Kendati menang, Dortmund tidak bisa naik ke urutan 2 klasemen meskipun tim peringkat 2 Leipzig tumbang di laga melawan Union Berlin dengan skor 2-1. Leipzig masih unggul 1 poin atas Die Dorussen.

Di laga lain, Wolfsburg juga tumbang di kandang sendiri melawan Mainz. Kendati begitu, posisi Die Wolfe di urutan 4 tidak tergoyahkan dan dipastikan tetap lolos ke UCL musim 2021/2022.

Daftar Tim Lolos UCL 2021

Liga Inggris
Manchester City
Manchester United
Liverpool
Chelsea

Liga Italia
Inter Milan
AC Milan
Atalanta
Juventus

Liga Spanyol
Atletico Madrid
Real Madrid
Barcelona
Sevilla

Liga Jerman
Bayern Munchen
RB Leipzig
Borussia Dortmund
Wolfsburg

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS 2021 atau tulisan menarik lainnya Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Penulis: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight