Liga Champion 2020-2021

Daftar Tim Lolos Semifinal Liga Champion 2021 & Jadwal UCL Terbaru

Oleh: Hendi Abdurahman - 15 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Daftar tim yang lolos semifinal Liga Champion 2021: Chelsea, Real Madrid, PSG, Manchester City. Jadwal semifinal UCL terbaru pada 28-29 April dan 5-6 Mei.
tirto.id - Manchester City dan Real Madrid dipastikan lolos ke semifinal Liga Champions 2020/2021. Di babak 4 besar, City bakal bersua PSG sedangkan Madrid bertemu Chelsea. Sesuai jadwal, pertandingan semifinal alias UEFA Champions League (UCL) leg 1 bakal digelar pada Rabu, 28 April 2021.

Dalam duel 8 besar Liga Champions musim ini yang dihelat pada Kamis (15/4/2021) dini hari tadi, Madrid bermain imbang 0-0 melawan Liverpool di Stadion Anfield. Hasil ini membuat Los Blancos sukses mempertahankan agregat 1-3.

Sepanjang keikutsertaannya di ajang Liga Champions—termasuk ketika masih bernama Piala Champions Eropa—wakil Spanyol tersebut telah lolos ke semifinal sebanyak 30 kali. Sementara kala bertanding di fase gugur di bawah asuhan Zinedine Zidane, Madrid memiliki catatan apik dengan melaju sebanyak 11 kali dari 12 kesempatan dalam pertandingan berformat dua leg.

“Kami melawan mereka dan kami tahu bahwa kami bakal mengalami tekanan malam ini, tetapi pada akhirnya kami mendapatkan apa yang kami inginkan, yakni lolos ke babak berikutnya,” tutur Zidane seperti dinukil BBC.

Di lain pihak, Liverpool memperpanjang rekor tak pernah menang ketika melawan Real Madrid di ajang Liga Champions. Dalam 5 pertemuan terakhir, The Reds menorehkan sekali imbang dan 4 kali kalah.

Dari laporan statistik yang dihimpun Whoscored, dalam laga dini hari tadi, Mohamed Salah dan kawan-kawan tampil mendominasi dengan melepaskan 15 tembakan berbanding 6 milik Madrid. Tak hanya itu, mulai dari penguasaan bola, persentase operan sukses, dribel, duel udara, hingga tendangan penjuru semuanya diungguli tuan rumah.

“Anda selalu membutuhkan momen-momen penting. Kami tidak kalah dalam laga malam ini, kami kalah di Madrid,” tutur Jurgen Klopp selepas laga.

“Kami menyukai kompetisi ini [Liga Champions] dan untuk banyak alasan lainnya sangat penting bagi kami guna kembali ke sini. Kami kini bisa berkonsentrasi di Liga Inggris dan kami akan melakukannya,” tambah Klopp.



Dalam pertandingan lainnya yang digelar di Stadion Signal Iduna Park, tim tamu Man City merengkuh kemenangan 1-2 atas tuan rumah Borussia Dortmund. Die Borussen sempat membuka asa ketika Jude Bellingham mampu mencetak gol pada menit 15.

Akan tetapi, tim besutan Pep Guardiola bangkit dan balik unggul usai Riyad Mahrez membobol gawang Dortmund lewat tendangan penalti. Selanjutnya, sepakan keras terarah Phil Foden dari jarak cukup jauh pada 15 menit sebelum laga usai memutus harapan wakil Jerman.

Secara keseluruhan, City unggul agregat 2-4. Lain itu, bagi Pep Guardiola, hasil ini menjadi rekor tersendiri. Pelatih asal Spanyol tersebut menjadi sosok yang sukses mencapai semifinal UCL sebanyak 8 kali sepanjang kariernya sebagai pelatih. Catatan ini menyamai pencapaian Jose Mourinho.

“Kami sangat senang berada di semifinal. [...] Sungguh luar biasa apa yang telah kami perbuat, dan sekarang kami mesti melakukan recovery, merayakan malam ini, dan setelah itu kami akan lihat apa yang terjadi,” tutur Pep.



Hasil Perempat final UCL leg 2, Kamis (15/4):

Liverpool vs Real Madrid, skor 0-0
*Real Madrid lolos ke semifinal dengan agregat 1-3

Borussia Dortmund vs Man City 1-2
*City lolos ke semifinal dengan agregat 2-4

Daftar Tim Lolos Semifinal Liga Champions 2021


Chelsea (Liga Inggris)
PSG (Liga Perancis)
Real Madrid (Liga Spanyol)
Manchester City (Liga Inggris)

Bagan Semifinal Liga Champion 2021


Chelsea vs Real Madrid
PSG vs Manchester City

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPION 2021 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight