Daftar Tim Lolos Perempat Final Liga Champions hingga 7 Maret 2019

Oleh: Beni Jo - 7 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Manchester United termasuk ke dalam daftar tim yang sudah pasti lolos ke perempat final Liga Champions usai mengalahkan tuan rumah PSG dengan skor 1-3 pada Kamis (7/3). Selain mereka ada Tottenham Hotspur, Porto, dan Ajax.
tirto.id - Empat tim telah memastikan diri lolos babak perempat final Liga Champions 2018/2019. Mereka adalah Tottenham Hotspur (Liga Inggris), Ajax Amsterdam (Liga Belanda), Manchester United (Liga Inggris), dan Porto (Liga Portugal).

"Manchester United dan Porto adalah tim terbaru yang lolos ke perempat final Liga Champions," bunyi pernyataan resmi UEFA dikutip Kamis (7/3).

Tim asuhan Ole Gunnar Solskjær itu memastikan diri berhasil menuju fase berikutnya usai menekuk tuan rumah Paris Saint-Germain dengan skor 1-3. Tiga gol kemenangan MU tercipta melalui brace Romelu Lukaku dan penalti Marcus Rashford. Sedangkan tuan rumah hanya mencetak sebiji gol lewat lesakan Juan Bernat.

Padahal, The Reds Devils kalah 0-2 atas PSG pada leg pertama di Stadion Old Trafford. Meskipun hasil agregat 3-3, Paul Pogba dan kawan-kawan melenggang ke perempat final dengan keunggulan gol tandang.

Dalam catatan UEFA, sang bos sementara, Ole Gunnar Solskjær telah meraih 14 kemenangan dalam 17 pertandingan pertamanya di semua kompetisi. Hasil ini membuat United kembali ke posisi empat besar Liga Inggris, masuk ke delapan besar Piala FA dan secara spektakuler Liga Champions juga.

Sementara itu FC Porto yang menjamu AS Roma di Estadio Do Dragao, berhasil meraih kemenangan dramatis 3-1. Menang 2-1 pada waktu normal atas klub asal ibukota Italia itu, pertandingan harus dilanjutkan melalui perpanjangan waktu 2x15 menit.

Tuan rumah akhirnya menambah gol lewat penalti Alex Telles pada menit ke-117 yang membuat tim asuhan Sérgio Conceição unggul agregat 4-3 atas Roma.

Pada Rabu (6/3), Ajax Amsterdam dan Tottenham Hotspur menjadi dua tim pertama yang berhasil lolos perempat final Liga Champions.

Ajax sendiri menyingkirkan juara bertahan Real Madrid dengan agregat 5-3. Kalah 1-2 saat bermain di kandang sendiri, skuat asuhan Erik ten Hag itu justru secara mengejutkan membekuk Los Blancos dengan skor 1-4 saat bertanding di Stadion Santiago Bernabeu.

Raihan ini membuat klub asal Belanda itu mampu mengakhiri masa lebih dari 1.000 hari bagi Madrid sebagai juara Eropa.

Sedangkan wakil Inggris lainnya, Tottenham Hotspur, meraih dua kali kemenangan saat berhadapan dengan Borussia Dortmund. Spurs unggul agregat 4-0 atas Die Borussen. Musim lalu, klub London ini hanya mampu sampai babak 16 besar saja.


Berikut empat tim yang telah memastikan diri lolos babak 8 besar Liga Champions 2018/2019.

1. Ajax Amsterdam
2. Manchester United
3. Tottenham Hotspur
4. FC Porto



Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Beni Jo