Daftar Tim Lolos Perempat Final Liga Champions 2018/2019

Oleh: Fitra Firdaus - 14 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Liverpool dan Barcelona masuk ke dalam daftar tim lolos perempat final Liga Champions 2018/2019. Mereka menyusul jejak Tottenham Hotspur, Ajax Amsterdam, Porto, Manchester City, Manchester United, dan Juventus.
tirto.id - Liverpool dan Barcelona masuk ke dalam daftar tim lolos perempat final Liga Champions 2018/2019. Mereka menyusul jejak Tottenham Hotspur, Ajax Amsterdam, Porto, Manchester City, Manchester United, dan Juventus yang meraih hasil positif di 16 besar.

Dikutip dari OptaJoe, empat dari 8 tim yang lolos ke perempat final berasal dari Liga Inggris. Ini adalah yang pertama kali terjadi sejak musim 2008/2009. Ketika itu, Premier League diwakili oleh MU, Liverpool, Arsenal, dan Chelsea.

Sementara itu, Barcelona justru menjadi satu-satunya wakil Liga Spanyol tersisa musim ini. Valencia sudah gugur di penyisihan grup, sedangkan Atletico Madrid dan Real Madrid tersingkir di 16 besar.

Ini jadi catatan penting, karena tim La Liga selalu juara Liga Champions dalam lima musim paling belakangan. Terakhir kali ada tim di luar Spanyol juara kompetisi Eropa ini adalah pada musim 2012/2013, ketika Bayern Munchen menaklukkan Borussia Dortmund 2-1 di partai final.

Porto dan Ajax yang sejak 16 besar menjadi satu-satunya wakil kompetisi masing-masing, Liga Portugal dan Liga Belanda, masih bertahan hingga perempat final. Porto mampu menyingkirkan Roma dengan agregat 4-3, sedangkan Ajax menenggelamkan juara bertahan Real Madrid melalui agregat 5-3.

Catatan tidak kalah menarik adalah, ada lima tim yang tampak bakal tersingkir karena hasil negatif di leg pertama, tetapi bisa membalikkan situasi. Mereka adalah Juventus yang sempat kalah 2-0 dari Atletico Madrid di Wanda Metropolitano, juga Liverpool yang imbang 0-0 dengan Bayern Munchen di Anfield.

Selain itu ada Manchester United yang takluk 0-2 dari PSG di Old Trafford, tetapi kemudian menang 1-3 di Paris. Porto yang tumbang 2-1 di Roma juga bisa membuat keadaan berubah dengan menang 3-1 melalui perpanjangan waktu. Terakhir, Ajax menyerah 1-2 di Amsterdam, tetapi menang 1-4 dari Real Madrid di Santiago Bernabeu, kandang sang juara bertahan.

Tiga tim lain lolos berkat hasil positif di leg pertama. Mereka adalah Manchester City yang mengalahkan Schalke 7-0 di leg kedua setelah menang 2-3 di Veltins Arena, Barcelona yang memukul Lyon 5-1 setelah imbang 0-0 di leg pertama, dan Tottenham yang unggul tipis 0-1 di Signal Iduna Park usai menang 3-0 pada perjumpaan pertama kontra BVB.



Berikut ini daftar tim lolos 8 besar Liga Champions 2018/2019.

Liverpool (unggul agregat 3-1 dari Bayern Munchen)
Manchester City (unggul agregat 10-2 dari Schalke)
Manchester United (agregat 3-3 dengan PSG, unggul agresivitas gol tandang)
Tottenham Hotspur (unggul agregat 4-0 dari Dortmund)
Juventus (unggul agregat 3-2 dari Atletico Madrid)
Ajax (unggul agregat 5-3 dari Real Madrid)
Porto (unggul agregat 4-3 dari Roma)
Barcelona (unggul agregat 5-1 dari Lyon)

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus