Daftar Tim Lolos Otomatis Fase Grup Liga Champions 2019/2020

Oleh: Fitra Firdaus - 27 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sudah ada 26 tim yang lolos otomatis ke fase penyisihan grup Liga Champions 2019/2020.
tirto.id - 26 tim sudah otomatis lolos ke fase grup Liga Champions 2019/2020. 16 di antaranya berasal dari empat liga elite Eropa: Spanyol, Inggris, Italia, dan Jerman. Namun, masih ada kemungkinan Premier League memiliki lima wakil di fase yang terdiri dari 32 tim tersebut.

Berakhirnya Liga Italia 2018/2019 menandai kepastian empat tim yang berangkat dari kompetisi tersebut ke Liga Champions. Mereka adalah Juventus, Napoli, Atalanta, dan Inter Milan. Uniknya, keempat tim tersebut akan berada di pot yang berbeda dalam undian fase grup.

Penyisihan Liga Champions akan dibagi ke dalam 8 grup, dan tiap-tiap grup terdiri dari empat tim. Untuk menentukan siapa masuk grup mana, UEFA sudah menyusun sistem pot, yang diklasifikasikan menjadi empat pot.

Pot pertama terdiri dari juara Liga Champions 2018/2019 yaitu antara Liverpool atau Tottenham, juara Liga Eropa 2018/2019 antara Arsenal atau Chelsea, dan juara-juara dari enam liga dengan koefisien tertinggi UEFA. Mereka adalah Barcelona (Spanyol), Manchester City (Inggris), Juventus (Italia), Bayern Munchen (Jerman), PSG (Perancis), dan Zenit (Rusia).

Sementara itu pot kedua hingga keempat diisi oleh tim-tim lain yang diurutkan berdasarkan koefisien di UEFA, dari yang tertinggi hingga terendah, minus 8 tim yang ada di pot pertama.

Sebagai contoh, Real Madrid memiliki koefisien klub 146.000 poin. Koefisien mereka lebih tinggi daripada seluruh tim yang adai di pot pertama. Namun, karena Madrid hanya menjadi peringkat ketiga Liga Spanyol, dan bukan juara Liga Champions, mereka ada di pot 2. Tim sekota mereka, Atletico Madrid juga demikian.

Sejauh ini sudah ada lima tim yang pasti masuk ke pot kedua fase grup Liga Champions. Mereka adalah Madrid, Atletico, Borussia Dortmund (Jerman), Napoli (Italia), dan Shakhtar Donetsk (Ukraina).

Bagaimana dengan tiga tim lain yang bakal masuk pot kedua? Posisi mereka belum ditentukan. Ada Liverpool atau Tottenham yang akan ada di pot ini, jika mereka gagal juara Liga Champions. Demikian pula, Chelsea bisa masuk pot kedua jika tak meraih gelar Liga Eropa.

Tim lain yang sudah otomatis lolos ke fase grup tetapi belum pasti menempati pot berapa adalah Benfica. Mereka bisa ada di pot kedua, atau mungkin pot ketiga, jika tim-tim dengan koefisien lebih tinggi masuk ke pot kedua.



Di pot ketiga, ada empat tim yang sudah pasti di sana. Mereka adalah Bayer Leverkusen (Jerman), Red Bull Salzburg (Austria), Valencia (Spanyol), dan Inter Milan (Italia).

Selain itu ada empat tim yang belum jelas akan ada di pot ketiga atau keempat. Mereka adalah Lokomotiv Moskwa (Rusia), Genk (Belanda), Galatasaray (Turki), dan RB Leipzig (Jerman).

Atalanta (Italia) memang finis di peringkat ketiga Liga Italia. Namun, mereka hanya ada di pot keempat, seiring dengan prestasi yang masih rendah di kompetisi UEFA. Demikian pula Lille (Perancis) yang akan menempati pot terendah dari empat pot yang tersedia.

"Atalanta akan melakukan debut di penyisihan grup Liga Champions setelah finis ketiga di Serie A. (Penampilan) Ini akan menjadi cita rasa pertama mereka di kompetisi ini, tim Italia tersebut bahkan tidak pernah bertarung di kualifikasi Liga Champions sebelumnya," tulis UEFA pada Minggu (26/5/2019).

Berikut ini daftar tim yang sudah pasti lolos ke fase grup Liga Champions 2019/2020.

Spanyol: Barcelona, Atlético Madrid, Real Madrid, Valencia
Inggris: Manchester City, Liverpool, Chelsea, Tottenham Hotspur
Italia: Juventus, Napoli, Atalanta, Internazionale Milano
Jerman: Bayern München, Dortmund, Leipzig, Leverkusen
Perancis: Paris Saint-Germain, LOSC Lille
Rusia: Zenit, Lokomotiv Moskva
Portugal: Benfica
Ukraina: Shakhtar Donetsk
Turki: Genk
Austria: Salzburg*

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus