Hasil & Klasemen UCL 2021

Daftar Tim Lolos 16 Besar UCL 2021-22 & Masuk Play-off Liga Eropa

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof - 9 Des 2021 08:52 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Lille, Benfica, dan RB Salzbug masuk daftar tim lolos 16 besar Liga Champions 2021/2022. Barcelona, Dortmund, dan Sevilla ditransfer ke Liga Eropa (UEL).
tirto.id - Benfica, Salzburg, dan Lille masuk dalam daftar tim lolos 16 besar Liga Champions 2021/2022 usai hasil positif di matchday pemungkas babak penyisihan UCL pada Kamis (9/12/2021). Mereka menyusul tim-tim elite Eropa yang sudah memastikan lolos terlebih dahulu seperti Bayern Munchen, Juventus, Chelsea, Real Madrid, Internazionale, Liverpool, PSG, hingga Manchester City.

Sementara itu, Borussia Dortmund, Sevilla, dan Barcelona hanya mampu finis di peringkat ketiga di fase grup UCL. Otomatis mereka harus puas masuk ke play-off Liga Europa (UEL) 2021/2022. Berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya, tim yang ditransfer ke Europa League tidak masuk 32 besar UEL, tetapi play-off sebelum ke 16 besar.

Persaingan Grup E berlangsung cukup alot. Sebelum matchday terakhir, 1 tiket sudah lebih dulu berada di tangan Bayern, sedangkan 1 sisanya diperebutkan oleh Benfica dan Barcelona. Namun, pada akhirnya yang berhak mendampingi Die Roten ke babak 16 besar adalah Benfica.

Pada game week termutakhir yang dihelat Kamis (9/12) dini hari tadi, Benfica berhasil menghajar Dynamo Kyiv dengan skor 2-0. Sementara itu, Barca tumbang di tangan Bayern 3 gol tanpa balas di hari yang sama.

Hasil tersebut membuat Benfica berhasil finis di peringkat 2 klasemen dengan raihan 8 poin, unggul 1 angka dari Blaugrana di bawahnya, peringkat 3. Tim asuhan Xavi Hernandez harus puas hanya masuk play-off 16 besar Liga Europa 2021/2022.

“Kami tidak bersaing. Ini adalah Liga Champions," ujar Xavi Hernandez selaku pelatih Barca, dikutip dari Marca.

"Tetapi inilah realitas kami. Ini adalah situasi yang kami hadapi. Kami menghadapi situasi dengan bermartabat. Hari ini memulai era baru dan panggung baru," terangnya.

Ini merupakan pertama kalinya dalam kurun 2 dekade terakhir Barca gagal lolos ke 16 besar UCL. Terakhir kali Blaugrana mengalaminya pada musim 2000/2001. Saat itu, Barca tergabung di Grup H bersama Besiktas, AC Milan, dan Leeds United.

Torehan 8 poin yang dikumpulkan Barca saat itu tidak mampu membuatnya lolos ke babak sistem gugur. Blaugrana hanya berhak melaju ke Piala UEFA (sekarang Liga Europa), sementara tiket ke babak 16 besar UCL diambil oleh Milan (11 poin) dan Leeds (9 poin).

Hanya Xavi--satu-satunya sosok yang masih berada di Barcelona saat ini--yang turut merasakan pil pahit di era itu. Ketika itu ia masih berusia 20 tahun. "Saya melihat kenyataan yang sangat pahit bahwa saya sudah hidup sebagai pemain," katanya.

Di samping Barcelona, tim lain yang dipastikan hanya mampu melaju ke play-off UEL 2021 adalah Sevilla. Koleksi 6 poin dari 6 pertandingan tak cukup membuatnya lolos ke 16 besar UCL. Jika diperinci, skuad arahan Julen Lopetegui tercatat hanya meraih 1 kemenangan, 3 hasil imbang, dan telah menelan 2 kekalahan selama fase grup.

Teranyar, Los Nervionenses takluk di tangan Salzburg dengan skor tipis 1-0. Kekalahan tersebut secara otomatis mengirimkan sang pemenang, Salzburg, ke babak 16 besar UCL. Sementara itu, LOSC Lille berhasil mengunci posisi puncak Grup G usai menang 1-3 atas Wolfsburg pada matchday yang sama.

Sementara itu, Juventus yang menghuni Grup H akhirnya berhasil lolos dengan titel juara grup. Kesimpulan tersebut didapat menyusul kemenangan 1-0 yang dituai saat berjumpa Malmo. Di sisi lain, Chelsea yang merupakan pesaing terdekatnya gagal menang saat berjumpa Zenit di matchday yang sama.

Hasil imbang yang diraih dalam laga tersebut membuat pasukan Thomas Tuchel harus puas finis di peringkat 2 klasemen. The Blues kalah selisih 2 poin dari Juventus di tampuk klasemen.

Perebutan tiket 16 besar belum usai di Grup F. Namun, 1 tiket awal sudah lebih dulu dikantongi oleh Man United dengan koleksi 11 poin. Sementara 1 slot lainnya bakal diperebutkan oleh Villarreal dan Atalanta lewat laga nanti malam.

Sejatinya, laga kedua tim diagendakan pada malam tadi. Namun, hujan salju lebat yang menerpa wilayah Bergamo, Italia, membuat pertandingan tersebut terpaksa ditunda. Keduanya baru bakal bertarung di stadion yang sama pada malam ini, atau Jumat (10/12/2021) dini hari, pukul 01.00 WIB.

Saat ini Villarreal duduk di peringkat 2 klasemen sementara dengan 7 poin, selisih 1 angka dari Atalanta di tangga bawahnya.

Oleh karenanya, The Yellow Submarine hanya butuh hasil seri untuk memastikan langkahnya ke 16 besar. Sementara itu, La Dea wajib meraih kemenangan jika tidak ingin langkahnya di UCL terhenti di sini, dan hanya berhak melaju ke play-off UEL.


Daftar Tim Lolos 16 Besar Liga Champions 2021-22

Berikut ini daftar tim dari tiap grup yang lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2021/2022.

Grup A: Man City (12 poin), PSG (11 poin)
Grup B: Liverpool (18 poin), Atletico Madrid (7 poin)
Grup C: Ajax (18 poin), Sporting Lisbon (9 poin)
Grup D: Real Madrid (15 poin), Inter (10 poin)
Grup E: Bayern Munchen (18 poin), Benfica (8 poin)
Grup F: Man United (11 poin), Villarreal/Atalanta (ditentuka hasil laga nanti malam)
Grup G: Lille (11 poin), Salzburg (10 poin)
Grup H: Juventus (15 poin), Chelsea (13 poin)

Daftar Tim Masuk Play-off Liga Europa 2021-22


Berikut 8 tim dari peringkat ketiga grup UCL yang masuk play-off Liga Europa 2021/2022.

Grup A: RB Leipzig (7 poin)
Grup B: FC Porto (5 poin)
Grup C: Dortmudn (9 poin)
Grup D: Sheriff Tiraspol (7 poin)
Grup E: Barcelona (7 poin)
Grup F: Atalanta/Villarreal
Grup G: Sevilla (6 poin)
Grup H: Zenit (5 poin)

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPION 2021 atau tulisan menarik lainnya Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Penulis: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Editor: Fitra Firdaus

DarkLight