Daftar Tim Liga Spanyol yang Lolos UCL & Europa League Musim Depan

Oleh: Beni Jo - 20 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Empat tim dari Liga Spanyol memastikan lolos ke putaran Liga Champions musim depan yakni Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid dan Sevilla.
tirto.id - Kompetisi Liga Spanyol 2019/2020 sudah berakhir dengan Real Madrid keluar sebagai juara. Bersama Barcelona, Atletico Madrid, dan Sevilla, Los Blancos menjadi wakil La Liga yang lolos Liga Champions 2020/2021. Untuk Europa League, tiga tim yang meraih tiket adalah Villarreal, Real Sociedad, serta Granada.

Berdasarkan klasemen akhir Liga Spanyol 2019/2020, Real Madrid selaku juara La Liga dipastikan meraih tiket utama. Pasukan Zinedine Zidane bakal masuk dalam pool A dalam proses pengundian babak grup Liga Champions 2020/2021 mendatang.

Sesuai dengan jatah Spanyol yaitu empat klub, tiga tim lainnya yang berhasil lolos adalah sang runner-up Barcelona, peringkat ketiga Atletico Madrid, serta Sevilla yang finis pada urutan keempat.

Madrid memimpin perolehan poin terbanyak di La Liga dengan torehan 87 angka. Disusul kemudian Barca dengan 82 angka. Menyusul berikutnya ATM serta Sevilla dengan masing-masing mengantongi 70 angka.

Seperti mengutip laman Marca pada Senin (20/7), Villarreal, Real Sociedad, dan Granada dipastikan bakal menjadi wakil Spanyol untuk gelaran Europa League musim depan.

Mereka secara berurutan menempati posisi kelima, keenam, dan ketujuh dalam klasemen akhir. Villarreal mencatatkan 60 poin, Sociedad serta Granada yang sama-sama mengoleksi 56 poin.

5 Klub Masih Tampil di Liga Europa Musim ini

Pada musim ini, setidaknya ada 5 klub Spanyol yang masih akan tampil untuk gelaran level Eropa. Empat diantaranya tetap bermain untuk kompetisi musim depan.

Atletico Madrid, Barca, dan Real Madrid bakal melanjutkan petualangan mereka di kompetisi benua biru pada ajang Liga Champions 2019/2020 mulai Agustus mendatang. Sevilla pun melanjutkan misinya di Liga Europa.

Sedangkan Getafe yang masih tampil di Liga Europa 2019/2020, tidak masuk dalam daftar lolos ajang benua biru musim mendatang.

ATM sendiri sudah memastikan tiket perempat final Liga Champions 2019/2020. Tim polesan Diego Simeone bakal meladeni RB Leipzig pada 14 Agustus 2020 di Stadion José Alvalade, Portugal.

Di sisi lain, duo raksasa Spanyol, Madrid serta Barca, masih perlu menjalani duel leg kedua babak 16 besar. Los Blancos tampil di kandang Manchester City dan Blaugrana dijadwalkan menjamu Napoli di Camp Nou.

Sementara Sevilla yang bermain di Liga Europa 2019/2020 akan menghadapi Roma di babak 16 besar sebelum bertemu pemenang antara Wolverhampton Wanderers atau Olympiakos Piraeus untuk fase perempat final.

Berikut daftar tim Liga Spanyol yang lolos Liga Champions

No Klub Status
1 Real Madrid Juara liga
2 Barcelona Runner-up
3 Atletico Madrid Peringkat ke-3
4 Sevilla Peringkat ke-4


Berikut daftar tim Liga Spanyol yang lolos Europa League.

No Klub Status
1 Villarreal Posisi ke-5
2 Real Sociedad Posisi ke-6
3 Granada Posisi ke-7

Baca juga artikel terkait LIGA SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Agung DH
DarkLight