Daftar Tempat Perayaan Imlek di Mall-Mall Jakarta

Oleh: Abdul Hadi - 26 Januari 2020
Dibaca Normal 3 menit
Di Jakarta, sejumlah pusat perbelanjaan yang tergabung dalam Anggota Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menggelar serangkaian acara meriah untuk memperingati Tahun Baru Imlek.
tirto.id - Menyambut hari Imlek yang jatuh pada Sabtu, 25 Januari 2020 kemarin, tidak hanya warga keturunan Tionghoa saja yang merayakannya. Banyak pertunjukan digelar di berbagai tempat di Indonesia mulai dari festival, kuliner, hingga potongan harga untuk memperingati Tahun Baru Cina ini.

Di Jakarta, sejumlah pusat perbelanjaan yang tergabung dalam Anggota Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menggelar serangkaian acara meriah untuk memperingati Tahun Baru Imlek.

Pusat perbelanjaan di Jakarta mengisi hari Imlek dengan dekorasi serba merah dan ornamen-ornamen khas Tahun Baru Cina, tidak ketinggalan dengan gantungan lampionnya. Beragam atraksi mulai dari pertunjukan akrobatik dari Cina hingga tari barongsai digelar.

Di tahun-tahun sebelumnya, pada hari Imlek, mal selalu ramai jadi pilihan untuk menikmati waktu senggang bagi keluarga. Mulai dari sekadar mencari keramaian, bersantai, atau menikmati hidangan.

Berikut acara-acara yang digelar mal-mal di Jakarta untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2020 seperti dilansir Antara.

JAKARTA UTARA

1. Emporium Pluit Mall

Mal di Jakarta Utara ini menggelar acara Emporium Beautiful Blossoms, mulai dari 17 Januari sampai sembilan Ferbuari 2020 dengan menampilkan pertunjukan spesial Jazz Putri Ayu. Selain itu akan ada pertunjukan akrobat dan barongsai, serta festival turnamen Wushu.

2. Mall of Indonesia

Mall of Indonesia menggelar Gudetama Spring Celebration pada 17 Januari sampai 16 Februari 2020. Acara ini menampilkan nuansa tokoh kartun Jepang berbentuk kuning telur produksi Sanrio.

Di acara ini juga akan ada meet and greet dengan Gudetama, Gudetama Ballpool, dan lain sebagainya.

3. Summarecon Mall Kelapa Gading

Mal ini menyambut tahun tikus bersama Mickey Mouse. Di pusat perbelanjaan Summarecon Mall Kelapa Gading ini juga akan ada pameran Mickey Mouse pada 16 Januari hingga 2 Februari 2020.

Selain itu, juga akan diselenggarakan akrobat dan pertunjukan barongsai mulai tanggal 18 sampai 26 Januari.

4. Pluit Village Mall

Pluit Village Mall menggelar bazar "The Great Lunar New Year Bazaar" yang menyajikan berbagai sajian khas perayaan Imlek pada 10 Januari sampai 23 Februari 2020. Selain itu akan ada pertunjukan barongsai tepat pada tanggal satu Februari 2020.

5. Sunter Mall

Pusat perbelanjaan Sunter Mall mengadakan bazar tahun baru Imlek pada 15-28 Januari 2020 di Sunter Mall.

6. Baywalk Mall Pluit

Baywalk Mall Pluit menggelar berbagai kompetisi yang berkaitan dengan Imlek seperti menyanyi lagu Mandarin pada 18-19 Januari 2020, sampai lomba kostum China pada 18 Januari 2020. Selain itu, akrobat barongsai akan digelar pada 19, 25, 26, dan 27 Januari.

7. Mal Artha Gading

Mal Artha Gading menggelar "The Beauty of Lunar" yang menampilkan dekorasi serba merah dengan ornamen khas Imlek pada 17 Januari sampai dua Februari 2020.

JAKARTA PUSAT

1. Gajah Mada Plaza

Di mal ini, akan diselenggarakan penampilan barongsai dan Liong pada 24-26 Januari 2020. Selain itu, juga akan ada operet parodi Sampek Eng Tay pada dua Februari 2020.

2. Grand Indonesia

Sebagai pusat perbelanjaan di pusat kota Jakarta, Grand Indonesia menggelar serangkaian acara seru menyambut Imlek yang dibalut dalam tema "Shanghai Retrosphere" pada 18 Januari sampai 16 Februari 2020.

Dalam gelaran itu juga akan ada penampilan akrobat dan barongsai, ramalan, berbagai kelas lokakarya mulai dari Wing Chun sampai kaligrafi tulisan China.

3. Senayan City

Perayaan Imlek di Senayan City dibalut dalam rangkaian gelaran Spring Lights Festival in Collaboration with Play Line friends pada 17 Januari hingga 19 Februari 2020.

Acara ini turut menampilkan tarian Wushu, opera China, parade Liong, sampai bagi-bagi kue keberuntungan.

4. Plaza Senayan

MoJa atau Museum Of Jakarta menggelar instalasi berupa ruang-ruang tematik di Plaza Senayan pada 20 sampai 26 Januari 2020.

JAKARTA SELATAN

1. Pacific Place Mall

Di mal ini, akan ada instalasi perangkat minum teh raksasa dengan pohon Meihua di Pacific Place Mall. Tarian barongsai dan pertunjukan akrobat yang digelar mulai dari 17 Januari sampai dua Februari 2020.

2. Pondok Indah Mall

Pondok Indah Mall memeriahkan Imlek dengan tema "Thrilling Lunar New Year" dengan menampilkan pertunjukan barongsai dan akrobat pada 16 Januari sampai dua Februari 2020.

3. Pejaten Village

Pejaten Village memeriahkan Imlek dengan tema "The Great Lunar New Year", menampilkan pertunjukan barongsai, operet China mini sampai konser musik pada 20 Januari sampai dua Februari 2020.

4. Plaza Semanggi

Plaza Semanggi menggelar atraksi barongsai sejak 17-19 Januari 2020. Selain itu juga menampilkan Taman Suropati Music Chamber pada delapan Februari dan bazar die cast pada 15-16 Februari.

JAKARTA BARAT

1. Lippo Mall Puri

Lippo Mall Puri menggelar pesta diskon Late Night Sale pada 18 Januari 2020 dan pertunjukan barongsai dan akrobat setiap Sabtu dan Minggu sejak 18 Januari hingga dua Februari 2020.

2. Central Park Mall dan Neo Soho Mall

Central Park Mall dan Neo Soho Mall menggelar pesta diskon Lunar Shopping Marathon Till Midnight sejak 18 Januari 2020. Acara Imlek juga akan dimeriahkan dengan pertunjukan barongsai pada 18 Januari sampai sembilan Februari 2020.

JAKARTA TIMUR

1. Cibubur Junction

Cibubur Junction menyambut Imlek dengan tema "Chinese New Year The Great Lunar New Year" pada 16 Januari sampai 29 Februari. Sederet pertunjukan dari barongsai sampai akrobat akan digelar untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek.

2. Lippo Plaza Kramat Jati

Lippo Plaza Kramat Jati turut meramaikan Imlek dengan menggelar kompetisi Cici & Koko Kids Fashion.

3. Mall@Bassura

Mall@Bassura akan menggelar pertunjukan barongsai pada 25-26 Januari serta delapan Februari 2020.

4. AEON Mall Jakarta Garden City

AEON Mall Jakarta Garden City menampilkan "Kampung Pecinan" sejak 16 Januari sampai dua Februari 2020.

Selain itu, akan ada lomba World Championship Barongsai Tonggak & Liong Dance pada 25-26 Januari dan satu sampai dua Februari 2020.

Instrumen Cina, Gunzheng ditampilkan pada satu hingga dua Februari 2020. Sementara itu, penampilan atraksi Wushu digelar pada 25-26 Januari. Puncaknya, penyanyi Vidi Aldiano akan tampil pada dua Februari 2020 di AEON Mall Jakarta Garden City.


Baca juga artikel terkait IMLEK 2020 atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight