Daftar Tarif Bagasi Pesawat Lion Air Mulai 22 Januari 2019

Oleh: Yulaika Ramadhani - 22 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Daftar tarif bagasi Lion Air dan Wings Air yang secara resmi diberlakukan hari ini mulai harga Rp155.000 untuk berat 5kg.
tirto.id - Tarif resmi bagasi berbayar untuk penumpang penerbangan Lion Air dan Wings Air telah diberlakukan mulai tanggal 22 Januari 2019.

Hal ini dinyatakan humas Lion Air Danang Mandala saat dikonfirmasi Tirto, Selasa (22/1/2019).

"Iya mulai berlaku hari ini," kata Danang.

Ia menjelaskan, terkait harga bagasi per kilonya berbeda-beda. Besaran harga, kata dia, tergantung rute tujuan dan jam penerbangan dari barang yang diangkut.

"Terkait dengan daftar harga bagasi, struktur harga Lion Air dan Wings Air bervariasi. Hal tersebut berdasarkan dengan rute dan jam penerbangan. Untuk kapasitas (berat) disesuaikan kebutuhan pelanggan. Lion Air dan Wings air mengimbau untuk menghubungi kantor perwakilan Lion Air Group terkait harga prepaid baggage," terangnya.

Berikut daftar tarif bagasi per lima kilogram Lion Air:


Berat Bagasi

Tarif

5kg
Rp155.000

10kg
Rp310.000

15kg
Rp465.000

20kg
Rp620.000

25kg
Rp755.000

30kg
Rp930.000

Ia mengatakan, bagi para penumpang Lion Air bisa membeli bagasi pada saat pembelian tiket. Maksimum enam jam sebelum keberangkatan dan pembeliannya bisa melalui agen travel, website resmi dan kantor perwakilan Lion Air Group.

"Bagi pelanggan yang akan membawa bagasi, dapat membeli pada saat dan setelah beli tiket, dengan maksimum sebelum enam jam sebelum keberangkatan, melalui agent travel, website resmi dan kantor perwakilan Lion Air Group," kata dia


Dari keterangan tertulis yang sudah dikonfirmasi, Tirto menemukan spesifikasi bawaan yang masih gratis untuk dibawa ke bagasi kabin.

Dalam keterangan tersebut dijelaskan, penumpang hanya diperbolehkan untuk membawa 1 pak barang ke dalam kabin pesawat. Beratnya maskimal 7 kilogram.

Bahkan dalam keterangan tersebut ditulis spesifikasi ukuran barang bawaan. Khusus untuk bagasi kabin Lion Air memperbolehkan koper/barang bawaan jenis lainnya masuk dengan ukuran tebal koper 20 cm,tinggi 40 cm dab lebar 30 cm. Sementara untuk dimensi bagasi kabin Wings Air lebih kecil, yaitu tebal koper harus 20 cm, tinggi koper 35 cm dan lebar bawaan 30 cm.

Sebelumnya, pihak Lion mengumumkan kebijakan baru soal penghapusan bagasi gratis ini pada Jumat (4/1/2019) lalu.


Baca juga artikel terkait BAGASI BERBAYAR atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Bisnis)


Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Agung DH