Daftar Software Antirus Windows 10 Selain Microsoft Defender

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 26 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Meski Windows 10 tertanam antivirus Microsoft Defender dan rutin menerima update keamanan tetap tak menjamin bebas dari ancaman virus dan malware.
tirto.id - Windows 10 adalah sistem operasi (OS) buatan Microsoft yang diluncurkan pada 2015. Meski rutin menerima update berkala dari Microsoft khususnya terkait fitur keamanan, tak menjamin 100 persen Windows 10 aman dari ancaman virus atau malware.

Menyusupnya virus atau malware sebenarnya tak hanya disebabkan oleh celah keamanan OS, tetapi juga kadang kelalaian pengguna yang kurang hati-hati menginstal aplikasi bermuatan software 'berbahaya' di dalamnya.

Guna mencegah dan mengurangi risiko terinfeksi virus dan malware, Windows 10 perlu diperkuat dengan perangkat lunak keamanan tambahan seperti antivirus atau antimalware.

Microsoft Defender

Microsoft sebenarnya sudah menanamkan fitur antivirus bawaan di Windows 10 yang menawarkan kemampuan setara dengan antivirus berbayar. Keunggulan utama Microsoft Defender adalah gratis serta menerima update rutin dari Microsoft. Bagi sebagian pengguna, terkadang merasa fitur yang ditawarkan oleh Microsoft Defender kurang lengkap.

Aplikasi keamanan Microsoft Defender sebenarnya sudah memiliki fitur keamanan dasar yang diperlukan, seperti deteksi virus dan malware, account protection, app & browser control, firewall & network protection, device security, dan sebagainya. Bila fitur yang tersedia dirasa belum cukup, dapat mempertimbangkan untuk memilih antivirus berbayar yang biasanya menawarkan fungsi lebih lengkap.

Berikut ini beberapa software keamanan tersebut yang dapat diinstal untuk proteksi Windows 10, sebagaimana dilansir CNET, Senin (26/8/2019).


Norton Security 360 Deluxe

Norton Security 360 Deluxe adalah aplikasi antivirus berbayar buatan Symantec yang mendapat rangking tinggi di situs AV-Test untuk kemampuan deteksi virus dan malware. Tak hanya Windows, Norton Security 360 Deluxe juga menawarkan layanannya di Mac, iOS, dan Android.

Fitur Norton Security 360 Deluxe cukup lengkap dengan fasilitas backup cloud hingga 100GB, safe-browsing tools, VPN, LifeLock identity-theft protection, dan banyak lagi. Biaya berlangganan antivirus ini setahun yaitu 100 dolar AS berlaku untuk 5 perangkat.

Malwarebytes

Malwarebytes juga memiliki kemampuan untuk mendeteksi virus dan malware yang sesuai namanya, mengusung kemampuan untuk mengatasi malware. Pengujian AV-Test menunjukkan bahwa skor yang dihasilkan Malwarebytes cukup tinggi untuk menangani malware meski di bawah Norton Security 360 Deluxe. Adapun biaya berlangganan Malwarebytes sebesar 40 dolar AS setahun untuk satu perangkat.

Selain kandidat yang disebutkan di atas, ada beberapa alternatif antivirus untuk Windows 10 yang dapat dipertimbangkan, di antaranya Bitdefender Antivirus Free, Avast Free Antivirus, ESET NOD32 Antivirus, McAfee Total Protection, dan Trend Micro Maximum Security.

Aplikasi antivirus tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Pengguna dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan dana.


Baca juga artikel terkait WINDOWS 10 atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight