Hari Raya Imlek 2022

Daftar Rekomendasi Film Cina untuk Ditonton Saat Libur Imlek 2022

Kontributor: Yunita Dewi - 1 Feb 2022 19:23 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Menghabiskan libur Hari Raya Imlek 2022 dapat diisi dengan menonton film bersama keluarga. Berikut rangkuman 7 film terbaik untuk libur Imlek 2022.
tirto.id - Hari Raya Imlek atau Tahun Baru Cina 2537 Macan Air, jatuh hari ini Selasa 1 Februari 2022. Hal tersebut ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri Nomor 3 dan 4 Tahun 2021 Tentang Hari Libur dan Cuti Bersama Tahun 2022.

Hari keagamaan umat Konghucu ini umumnya dirayakan dengan berbagai kegiatan berupa tradisi-tradisi dan ritual, mulai dari berkumpul dengan keluarga, menggunakan warna dominan merah, berdoa di klenteng, berbagi angpao, menghidangkan makanan khas Imlek, pertunjukan barongsai, dan masih banyak lagi.

Hari Raya Imlek menjadi momentum yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, termasuk dengan cara menonton film.

Berikut merupakan rekomendasi drama dan film Cina yang cocok dinikmati bersama keluarga saat libur Imlek 2022:

1. Film Perfect & Casual (2020)


Film Perfect & Casual merupakan karya dari sutradara Li Shuang yang rilis pada 28 September 2020. Serial drama ini dibintangi oleh aktor tampan Miles Wei dan aktris cantik Xu Ruo Han. Mengutip laman situs film IMDb, Perfect & Casual mendapatkan rating 8.0 dari 10.

Drama ini mengisahkan tentang pernikahan kontrak yang dilakukan oleh seorang dosen dan mahasiswanya. Yun Shu (Xu Rou Han) merupakan seorang mahasiswa senior Universitas Zheng Ben yang tak sengaja terjatuh ke pelukan Zhang Si Nian (Miles Wei) saat di kafe kampus.

Zhang Si Nian merupakan seorang professor matematika di universitas tersebut.
Karena sering bertemu di area kampus membuat mereka saling jatuh hati. Akhirnya Yun Shu dan Zhang Si Nian sepakat untuk menikah secara kontrak.


2. Film My Old Classmate (2014)


Film My Old Classmate (Tong Zhuo De Ni) karya sutradara Frant Gwo yang rilis perdana pada 25 April 2014. Film berdurasi 1 jam 38 menit ini dibintangi oleh Zhou Dongyu dan Lin Gengxin. Situs film IMDb, mengganjar My Old Classmate dengan rating 5.5 dari 10.

Film ini menceritakan seorang siswi baru yang bernama Xiaozhi yang menjadi teman sebangku Lin Yi. Sejak pertemuan pertama, Lin Yi terlihat menyukai gadis tersebut.

Xiaozhi memberikan persyaratan kepada Lin Yi jika ia ingin menjadi pacarnya, yakni Lin Yi harus bisa masuk universitas yang sama dengannya, yaitu Universitas Beijing.

Lin Yi menjadi rajin belajar demi mendapatkan gadis pujaan hatinya. Akan tetapi, ia gagal lolos dan pada akhirnya masuk ke Universitas Xiemen.

Tanpa disangka, wanita dambaan hatinya itu merelakan Universitas Beijing demi berkuliah satu kampus bersama dengannya.




3. Film Crouching Tiger, Hidden Dragon (2000)


Crouching Tiger, Hidden Dragon merupakan film bergenre aksi-drama yang dibesut oleh sutradara pemenang Oscar, Ang Lee. Film berdurasi 2 jam ini rilis pertama kali pada 18 Mei 2000. Dikutip dari situs film IMDb, Crouching Tiger, Hidden Dragon mendapatkan rating 7.8 dari 10.

Film ini menyajikan aksi sejumlah aktor dan aktris ternama, seperti: Zhang Ziyi, Michelle Yeoh, dan Chow Yun-Fat.

Film ini mengisahkan tentang seorang gadis yang hidup di Cina pada abad ke-19. Ia mendambakan hidup yang penuh petualangan daripada perjodohan ataupun pernikahan. Ketika dalam perjalanan petualangannya, ia bertemu seorang pria misterius di perbatasan negara, kemudian terlibat dalam aksi kepahlawanan.


4. Film Count Your Lucky Stars (2020)

Count Your Lucky Stars merupakan salah satu drama yang paling dinantikan pada 2020 karena comeback-nya Tao Ming She “Meteor Garden” yakni aktor bernama Jerry Yan yang kembali hadir ke layar kaca setelah hiatus empat tahun.

Film rilis perdana pada 3 Agustus 2020. Film yang dibesut Lin Zi Ping ini, selain dibintangi oleh Jerry Yan, juga terdapat nama Shen Yue. Berdasar situs film IMDb, Count Your Lucky Stars mendapatkan rating 7.5 dari 10.

Film ini mengisahkan nasib dan keberuntungan seseorang yang dapat ditukar hanya dalam waktu sekejap. Xiaoyou (Shen Yue) merupakan desainer busana yang sering mengalami kesialan. Sedangkan, Lu Xingcheng (Jerry Yan) sering mendapatkan keberuntungan dalam hidupnya.

Akan tetapi, ketika mereka mengalami kecelakaan bersama, dengan sekejap keberuntungan mereka tertukar dan hidup mereka berubah secara drastis.

5. Film Here Me (2009)

Film bertajuk Here Me (Ting Shuo) pertama kali rilis pada 28 Agustus 2009. Film yang disutradarai oleh Cheng Fen-fenn ini dibintangi oleh Eddie Peng, Ivy Chen, Michelle Chen, Lin Mei-hsiu, dan Lo Bei-an. Dilansir dari situs film IMDb, Here Me mendapatkan rating 7.5 dari 10.

Film ini berkisah tentang Tian Kuo yang merupakan seorang kurir yang mencintai seorang gadis yang memiliki gangguan pendengaran bernama Yang Yang.

Lantaran besarnya cinta Tian Kuo terhadap Yang Yang, ia bersedia mempelajari bahasa isyarat agar dapat berkomunikasi dengan sang pujaan hati.

6. Film Once Upon a Time in China (1991)

Film Once Upon a Time in China merupakan film bergenre aksi bela diri hasil besutan sutradara Tsui Hark, dan rilis pertama pada 15 Agustus 1991.

Once Upon a Time in China dibintangi aktor kondang Jet Li. Selain itu masih terdapat sejumlah nama terkenal lain, seperti: Yuen Biao, Jacky Cheung, Rosamud Kwan, dan Kent Cheng. Mengacu situs film IMDb, Once Upon a Time in China mendapatkan rating 7.3 dari 10.

Film ini bercerita tentang seorang pria yang bernama Wong Fei Hung (Jet Li). Ia mendirikan sekolah bela diri untuk melatih para penumpas penjajahan pasukan asing.

Selain itu, di tengah serangan penjajah asing Wong Fei Hung juga berjuang membela komunitasnya dari pejabat korup, gangster, serta persaingan antar seni bela diri.


7. Film Under the Hawthorn Tree (2010)

Film Under the Hawthorn Tree (Shan Zha Shu Zhi Lian) disutradarai Zhang Yimou. Film berdurasi 1 jam 54 menit ini dirilis pertama kali pada 15 September 2010, dengan mengusung bintang utama Zhou Donyu dan Shawn Dou. Situs IMDb, memberi Under the Hawthorn Tree rating 7.1 dari 10.

Film berkisah tentang gadis bernama Jing Qiu yang hidup pada masa revolusi kebudayaan Cina, sekitar periode 70-an. Karena melaksanakan program pemerintah untuk menjalani pendidikan ulang, ia harus pergi ke sebuah desa yang bernama Xiping.

Di desa tersebut, Qiu Jin menjalani kehidupan dan tinggal bersama keluarga petani yang baik hati. Keluarga tersebut memiliki anak angkat bernama Sun Laosan.

Sun Laosan kehilangan ibu kandungnya yang mengakhiri hidup karena dianggap sebagai pemberontak pemerintahan Cina. Karena merasa memiliki kisah hidup yang sama, Sun Laosan dan Jing Qiu menjadi dekat dan saling jatuh cinta.

Baca juga artikel terkait DAFTAR FILM IMLEK atau tulisan menarik lainnya Yunita Dewi
(tirto.id - Film)

Kontributor: Yunita Dewi
Penulis: Yunita Dewi
Editor: Oryza Aditama

DarkLight