Daftar Portal E-Learning Gratis untuk Sarana Belajar dari Rumah

Oleh: Adrian Samudro - 17 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sejumlah platform e-learning, dalam bentuk aplikasi maupun portal, menyediakan layanan gratis yang bisa dimanfaatkan untuk proses belajar di rumah secara online.
tirto.id - Pandemi Covid-19 masih terus merebak di dunia, termasuk Indonesia. Bukan hanya para pekerja saja, tetapi pelajar di sejumlah daerah pun turut terkena imbasnya.

Hal ini lantaran sekolah-sekolah ditutup sejak beberapa bulan yang lalu, sehingga proses belajar dan mengajar mau tidak mau harus dilakukan dari rumah masing-masing pelajar.

Kegiatan di tempat bimbel pun juga berhenti sementara waktu. Oleh karena itu, belajar jarak jauh dengan memakai platform e-learning menjadi alternatif supaya tetap bisa menyerap pelajaran.

Pada saat ini, sudah banyak platform atau portal e-learning yang dapat dimanfaatkan untuk proses belajar dan mengajar, mulai dari buatan dalam negeri hingga luar negeri.

Adapun penggunaannya dengan mengakses secara online dan biayanya relatif murah, bahkan ada yang gratis. Berikut daftar platform atau portal e-learning untuk belajar di rumah.

1. Rumah Belajar

Rumah Belajar adalah portal milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana membantu proses belajar mengajar di rumah, secara gratis.

Portal Rumah Belajar menyediakan bahan belajar dan fasilitas komunikasi yang bisa mendukung interaksi pelajar dan pengajar. Misalnya, monitoring guru terhadap siswa didik selama belajar di rumah.

Rumah Belajar dapat dimanfaatkan oleh para siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), SMP, hingga SMA dan SMK.

Portal ini menawarkan sejumlah fitur utama yang dapat digunakan, baik oleh guru ataupun siswa, misalnya Kelas Digital, Bank Soal, Sumber Belajar, dan Laboratorium Maya.

2. Sekolah.mu

Sekolah.mu adalah platform e-learning atau portal belajar berbasis teknologi yang diperuntukkan untuk para pelajar dan pengajar, mulai dari jenjang PAUD sampai perguruan tinggi.

Menariknya, Sekolah.mu tidak hanya fokus pada pembelajaraan akademik tetapi juga menawarkan sejumlah materi pengembangan diri yang bisa diikuti oleh siapa pun.

Biaya yang ditawarkan untuk setiap materi di platform ini cukup bervariasi, mulai dari Rp10 ribu sampai ratusan ribu, bahkan ada sejumlah materi yang dapat diakses secara gratis.

3. My Second Teacher

My Second Teacher adalah salah satu portal e-learning yang bisa menjadi pilihan untuk belajar di rumah. Oleh karena platform ini berasal dari luar negeri, banyak materinya dalam bahasa Inggris.

Platform pembelajaran yang berbasis ke metode Cambridge ini memungkinkan para pelajar untuk menikmati materi dalam bentuk video secara interaktif yang mencakup silabus untuk pelajaran Fisika, Kimia, Biologi, dan Matematika.

4. Zenius

Zenius bisa menjadi pilihan bagi para pelajar yang sedang belajar di rumah. Platform e-learning ini memberikan layanan yang membantu para pelajar untuk tetap dapat belajar secara efektif.

Zenius memberikan akses gratis ke lebih dari 80 ribu video pembelajaran yang tersedia di platform miliknya. Adapun materi yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Mengenah Atas (SMA).

Untuk mendapatkan akses ke materi pembalajaran di Zenius pun cukup mudah. Pertama, unduh aplikasi Zenius melalui Google Play atau Apple Store. Kemudian, buka aplikasi itu dan buat akun Zenius.

Setelah itu, klik banner Belajar Mandiri untuk dapat mengikuti penawaran. Ikuti tahap selanjutnya sampai selesai agar bisa menikmati video pembelajaran secara gratis.


Baca juga artikel terkait BELAJAR DI RUMAH atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Addi M Idhom
DarkLight