Daftar Perangkat Output Komputer: Monitor, Printer hingga Speaker

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 5 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Output device komputer berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan data dan pengolahan data yang dapat dibaca manusia.
tirto.id - Jenis perangkat keras (hardware) keluaran (output) komputer atau PC dan laptop di antaranya monitor, proyektor, printer, dan speaker, yang semuanya menunjang aktivitas penggunaan perangkat itu.

Pada sebuah set komputer, yang disebut hardware adalah semua bagian fisik yang terdapat pada perangkat itu. Semua bagianya dapat dilihat dan disentuh. Komputer sederhana setidaknya memiliki tiga bagian utama, yaitu CPU (central processing unit), keyboard (papan ketik), dan monitor.

Dengan tiga bagian itu, sebuah komputer sudah bisa dipakai untuk memasukkan dan memproses data, hingga akhirnya menghasilkan informasi. Di dalam CPU terdapat kumpulan hardware yang bekerja saling mendukung dalam mengoperasikan komputer. Di samping itu, masih ada lagi hardware tambahan yang dapat membantu kerja menggunakan komputer lebih efektif dan efisien.

Dikutip dari Buku Teknologi dan Informasi Kelas VII (Kemdiknas 2020), hardware komputer secara umum digolongkan menjadi empat jenis, yaitu perangkat masukan data (input device), perangkat pemrosesan data (processing device), perangkat penyimpanan data (storage device), dan perangkat keluaran data (output device). Semua perangkat bekerja saling terintegrasi sehingga menghasilkan keselarasan fungsi komputer.

Pada output device, hardware berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan data dan pengolahan data yang berasal dari CPU ke media yang dapat dibaca manusia atau dipakai untuk menyimpan data hasil proses. Informasi merupakan hasil proses tersebut yang diperlukan bagi pengguna komputer.


Jenis Output Device Komputer

Output device memiliki beragam bentuk yang dipakai menurut kebutuhan pengguna komputer. perangkat keluaran yang wajib ada adalah monitor atau layar komputer. Sementara itu, ada output device yang sifatnya tambahan sesuai kebutuhan seperti printer atau speaker.

1. Monitor

Monitor adalah hardware untuk menampilkan dan informasi bagi pengguna komputer. Monitor juga disebut softcopy device yang menampilkan hasil output proses pada layar dan tidak dicetak pada kertas. Saat ini teknologi layar monitor terdiri dua jenis yakni layar monitor pipih (LCD) dan layar monitor tabung (CRT)

2. Proyektor

Menurut modul Pengenalan TIK Dasar (Kemdikbud 2020), proyektor adalah output device yang berfungsi untuk menampilkan data, instruksi, dan informasi dalam bentuk teks, grafik, atau gambar pada sebuah layar. Proyektor dapat menggantikan layar monitor ketika dibutuhkan tampilan yang tampak lebih besar. Perangkat ini tepat digunakan dalam kegiatan yang dihadiri orang banyak seperti seminar, rapat, konferensi, dan sebagainya.

3. Printer

Printer adalah output device yang digunakan sebagai pencetak data atau informasi dari komputer ke dalam kertas. Printer masa kini telah dilengkapi fitur pemindai (scan) dan teknologi WiFi. Printer yang memiliki konektivitas WiFi memungkinkan mencetak tanpa perlu penyambungan kabel data.

4. Speaker

Speaker merupakan output device yang akan meneruskan efek suara dari komputer. Speaker saat ini memiliki tipe harus terhubung dengan kabel ke komputer, dan tipe tanpa kabel dengan memanfaatkan konektivitas Bluetooth.


Baca juga artikel terkait KOMPUTER atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Ibnu Azis
DarkLight