Daftar Pemicu Kerusakan AC Mobil, Termasuk Merokok di Kendaraan

Oleh: Febriansyah - 9 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Ada sejumlah faktor yang bisa memicu kerusakan pada AC mobil, termasuk sejumlah kebiasaan yang kerap dilakukan pengendara.
tirto.id - Air Conditioner (AC ) mobil kerap mengalami kerusakan akibat aktivitas yang kadang tak disadari dampak buruknya oleh pemilik kendaraan.

Kerusakan seperti mengeluarkan bau busuk dan penurunan daya dingin yang ternyata bisa dipicu oleh benda-benda yang dimasukkan ke mobil, seperti makanan, hewan peliharaan, hingga asap dari rokok dan cerutu.

Ketika udara disirkulasikan, partikel-partikel dari aroma asli ini terjebak dalam filter udara AC dan dapat bertambah seiring waktu.

Dilansir Autoscopecarcare, asap rokok bisa masuk ke bagian dalam AC dan sering sulit dikeluarkan kembali. Asap rokok yang sering masuk ke AC mobil akan menyumbat aliran udara dan merusak sistem perangkat tersebut.

Selain itu, terdapat sejumlah faktor lain yang juga bisa memicu kerusakan pada AC mobil:

1. Masalah Listrik

Dilasir Sundevilauto, sistem kelistrikan AC dapat mengalami masalah dan memicu kerusakan yang lebih fatal. Kabel, sakelar, sekering, relai, dan komponen lain dari sistem kelistrikan membawa daya ke unit AC dan dirancang untuk dimatikan.

Jika ada satu bagian yang gagal, maka yang lain akan mengalami gangguan. Masalah yang bisa timbul adalah kebakaran atau kroslet. Ini juga berarti bahwa sekering tunggal dapat menyebabkan seluruh AC berhenti bekerja.

2. Kebiasaan membuka kaca mobil saat AC menyala

Saat menyelakan AC jangan sering membuka kaca mobil. Sebab hal tersebut menguras tenaga AC. Hal itu tidak hanya akan menyebabkan sistem AC bekerja kurang efisien, tetapi juga menyebabkan udara kotor masuk ke dalam mobil.

3. Filter udara AC kotor

Fungsi dari filter ini adalah memungkinkan udara bergerak dengan bebas. Filter udara kabin dapat menangkap debu, serangga, daun, dan beragam jenis kotoran kecil yang bisa masuk ke dalam mobil. Filter udara yang kotor tentu dapat menghambat kemampuan pendingin udara dan bisa menyebabkan tekanan yang kurang maksimal.

4. Freon Habis

Berkurangnya freon bisa menyebabkan AC mobil tak bekerja maksimal. Kadar freon bisa menyusut karena kebocoran pada rangkaian sistem pendingin mobil.

Kebocoran bisa terjadi di sambungan selang yang sudah getas, kondensor yang mengalami korosi, selang sudah lapuk atau jarang dibersihkan, dan keretakan pada kompresor AC.

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengatasi masalah habis atau berkuranganya freon, seperti di bawah ini:

-Mengisi ulang freon
-Mengganti sambungan selang dengan yang baru atau membersihkannya
-Mengganti kondensor dan kompresor.



Baca juga artikel terkait MOBIL atau tulisan menarik lainnya Febriansyah
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Febriansyah
Penulis: Febriansyah
Editor: Addi M Idhom
DarkLight