Piala Eropa 2020

Daftar Pemain Italia Juara EURO 2021: Statistik, Rating, Gol-Assist

Oleh: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof - 12 Juli 2021
Dibaca Normal 5 menit
Performa masing-masing pemain Timnas Italia yang turut mengantarkan Gli Azzurri juara EURO 2021.
tirto.id - Italia menjadi juara Piala Eropa 2020 atau EURO 2021 setelah mengalahkan Inggris via babak adu penalti dengan skor 3-2. Ini merupakan gelar yang ke-2 bagi Gli Azzurri setelah pertama kali meraihnya pada 1968 silam. Lantas, siapa saja pemain Italia yang turut mengangkat trofi Piala Eropa 2021?

Roberto Mancini sebagai pelatih Timnas Italia memanggil 26 pemain ke putaran final Piala Eropa 2020 yang pelaksanaannya digeser ke pertengahan tahun 2021 akibat situasi pandemi COVID-19.

Mantan pelatih Inter Milan dan Manchester City itu tidak menyia-nyiakan semua pemain yang dibawanya. Kecuali kiper ketiga Alex Meret, semua penggawa di skuad Italia sudah pernah diberikan menit bermain oleh sang pelatih.

Mancini merasa perlu memainkan semua pemain yang dibawanya sebab euforia di lapangan akan memberi perasaan berbeda bagi para pemain.

Selain itu, Mancini juga tidak ingin anak asuhnya mengalami nasib yang sama dengan dirinya. Kala itu di Piala Dunia 1990, Mancini tidak dimainkan sama sekali meskipun dibawa oleh pelatih Azeglio Vicini.

Berikut ini catatan statistik, rapor, dan raihan gol para pemain Italia di EURO 2021:

1. Salvatori Sirigu

Penjaga gawang kawakan, Salvatore Sirigu, masih dipanggil Mancini sebagai kiper kedua Timnas Italia di EURO 2021 untuk melengkapi Gianluigi Donnarumma dan Alex Meret.

Pelatih Roberto Mancini memainkan Sirigu di laga kontra Wales untuk menggantikan Donnarumma di menit-akhir. Meskipun hanya sebentar, kiper 34 tahun milik Torino itu setidaknya sempat mencicipi tampil bersama Italia di EUR0 2021.

2. Giovanni Di Lorenzo

Di Lorenzo sebenarnya nyaris tidak dipanggil oleh Roberto Mancini. Posisinya di bek kanan kalah oleh Alessandro Florenzi yang tampil apik bersama PSG musim lalu.

Cedera yang dialami Florenzi di laga kontra Turki membuat posisi bek kanan menjadi kosong. Di Lorenzo pun akhirnya dipanggil oleh Mancini untuk mengisi pos tersebut.

Total, pemain Napoli itu sudah bermain sebanyak 495 menit sepanjang EURO 2021 ini. Penampilannya di barisan pertahanan Italia pun cukup apik.

Di Lorenzo mampu melakukan 83,8 persen operan sukses. Rating yang diberikan Whoscored untuk Di Lorenzo hingga final mencapai 7,03.

3. Giorgio Chiellini

Performa bek senior dari Juventus ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Dari 446 menit bermain yang dilakoninya, Chiellini telah melakukan rerata 1,8 intersep dan 4 kali clearance per pertandingan, terbaik di antara bek lain di skuad.

4. Leonardo Bonucci

Leonardo Bonucci menjadi salah satu pemain kunci di bek tengah Italia sepanjang EURO 2021. Ia kerap kali dipasangkan dengan Chiellini, rekannya di Juventus. Total, Bonucci telah bermain selama 678 menit.

Di setiap pertandingan, ia selalu menjadi sosok penting membendung serangan lawan. Bonucci juga acap kali membantu serangan timnya, terutama ketika sepakan pojok. Bahkan, ia menjadi pahlawan Italia di final melawan Inggris melalui gol penyeimbangnya di menit 67.

5. Leonardo Spinazzola

Leonardo Spinazzolla merupakan salah satu pemain terbaik di Timnas Italia sepanjang EURO 2021 sebelum akhirnya harus menepi lantaran cedera. Whoscored memberinya rating sebanyak 7,37.

Berperan sebagai bek kiri, pemain AS Roma ini kerap kali membantu penyerangan melalui umpan silang. Catatan 1 assist dan 1,8 tembakan per laganya membuktikan determinasi Spinazzola yang begitu apik.


6. Manuel Locatelli

Peran Manuel Locatelli cukup krusial di lini tengah Gli Azzurri setiap kali dimainkan. Dari 5 pertandingan, pemain Sassuolo ini mampu melancarkan operan dengan akurasi 89 persen. Bahkan, di laga fase grup kontra Swiss, gelandang 23 tahun ini berhasil mencuri perhatian lewat 2 gol yang disarangkannya.

7. Marco Verratti

Gelandang mungil asal PSG ini menjadi andalan Mancini sejak awal EURO 2021. Hingga saat ini, Verratti telah bermain sebanyak 401 menit. Rating 7,59 yang diperolehnya menjadi bukti bagaimana perannya sangat krusial di Timnas Italia.

Sejauh ini, Verratti telah mencatatkan 2 assist dari 5 pertandingan. Sebagai gelandang penjaga keseimbangan, operan yang dilancarkan Verratti cukup efektif dengan akurasi mencapai 93 persen.

8. Gaetano Castrovili

Castrovili hampir tidak ditunjuk Mancini ke dalam skuad Italia di EURO 2021. Namun, karena Lorenzo Pellegrini mengalami cedera sehari jelang pembukaan Piala Eropa, Castrovili pun dipilih oleh sang pelatih.

Meskipun bukan pilihan utama, gelandang Fiorentina itu sudah pernah menginjakkan kaki di lapangan. Ia diberikan menit bermain dalam laga kontra Turki.

9. Jorginho

Setelah menjuarai Liga Champions 2020/2021 bersama Chelsea, Jorginho dipercaya oleh Mancini sebagai pengatur serangan Italia di EURO 2021.

Hasilnya tidak mengecewakan, akurasi operan eks pemain Napoli itu mencapai 93,4 persen. Rating yang diperolehnya dari 707 menit bermain mencapai 7,28.

10. Lorenzo Insigne

Andalan Napoli ini selalu menjadi pilar utama di lini depan Italia. Kecepatan dan kelincahan Lorenzo Insigne kerap membuat lawan-lawan Italia kewalahan.

Ganasnya determinasi Insigne dapat dilihat dari catatan 3,2 tembakan yang mampu dilesakkan di setiap laga. Hasilnya cukup baik, ia berhasil membuat 2 gol dari 6 pertandingan yang dilakoninya.

11. Domenico Berardi

Domenico Berardi sempat menjadi pemain kunci di awal gelara EURO 2021. Striker Sassuolo ini telah bermain selama 376 menit dengan catatan 3 kali sebagai 11 utama. Raihan terbaiknya adalah ketika mencetak 1 assist di laga kontra Swiss.

12. Andrea Belotti

Meski belum memberikan kontribusi gol dan assist di sepanjang EURO 2021, peran Belotti cukup besar di lini depan Italia.

Beberapa kali striker Torino ini mampu membuka ruang bagi rekannya untuk mencetak gol. Selain itu, ia juga mencatatkan rerata 1,5 tembakan per laga dari 6 pertandingan yang dilakoni.

13. Emerson Palmieri

Emerson Palmieri menjadi pemain kunci di 11 utama Italia usai Spinazzola mengalami cedera. Bek kiri Chelsea ini tampil apik di laga kontra Spanyol babak semifinal. Hasilnya, gawang Gli Azzurri nirbobol kala Emerson bermain.

14. Francesco Acerbi

Di skuad inti Italia, Francesco Acerbi masih harus mengalah dari duet bek tengah Chiellini-Bonucci. Sejauh ini, ia baru bermain dalam 231 menit pertandingan.

Namun, kontribusi bek Lazio ini cukup besar ketika dimainkan. Bahkan, di babak 16 besar melawan Austria, Acerbi memberikan 1 assist untuk gol pembuka Federico Chiesa.

15. Bryan Cristante

Di sepanjang EURO 2021, Bryan Cristante tidak pernah mendapat tempat di 11 utama Italia. Namun, ia selalu memanfaatkan peran pengganti itu dengan baik.

Hingga saat ini, gelandang AS Roma ini telah bermain dalam 130 menit dengan catatan operan sukses mencapai 80,6 persen.

16. Federico Chiesa

Federico Chiesa bisa dikatakan sebagai pemain paling berbahaya di lini depan Italia. Striker Juventus ini selalu tampil ngotot untuk menggedor pertahanan lawan.

Total, anak kandung dari legenda hidup Italia, Enrico Chiesa, ini melesakkan 2,4 tembakan per laga. Dari 6 pertandingan yang dimainkan, Federico Chiesa telah mencatatkan 2 gol.

17. Nicolo Barella

Nicolo Barella merupakan gelandang terbaik yang dimiliki Italia sejauh ini, terlebih setelah memainkan peran krusial untuk Inter Milan dalam merengkuh gelar scudetto Liga Italia Serie A 2020/2021 lalu.


Di EURO 2021, Barella telah menorehkan 1 gol dan 2 assist untuk Gli Azzurri. Rating yang didapatkannya pun cukup apik, yakni 6,71.

18. Ciro Immobile

Dengan formasi 4-3-3 yang diterapkan Mancini, Ciro Immobile agak kesulitan mendapatkan bola matang, sebab para pemain sayap kerap kali menyisir hingga ke depan gawang.

Meskipun begitu, sebagai penyerang utama, kontribusi Ciro Immobile sudah cukup bagus. Dari 6 laga, bomber Lazio ini berhasil mencatatkan 2 gol dan 2 assist.

19. Federico Bernardeschi

Pemain Juventus ini memang bukan penyerang sayap andalan. Hingga saat ini, ia baru memainkan 129 menit. Namun, beberapa kali Bernardeschi mampu melesakkan tembakan berbahaya ke gawang lawan. Total, ia melakukan rerata 1 tembakan per laga.

20. Alessandro Bastoni

Sebagai pelapis di lini pertahanan Italia, Alessandro Bastoni tetap termotivasi. Meski baru 1 sekali diturunkan, bek muda Inter Milan ini mampu tampil konsisten, dengan rating 7,49.

21. Rafael Toloi

Meski kerap bermain sebagai pemain pengganti, Rafel Toloi mampu tampil apik di setiap laga. Hingga saat ini, bek Atalanta ini telah bermain sebanyak 158 menit dengan kontribusi 1 assist.

22. Giacomo Raspadori

Raspadori merupakan pemain termuda di skuad Italia pada EURO 2021. Striker Sassuolo berusia 21 tahun ini belum berkontribusi apapun karena baru bermain sebanyak 16 menit, yakni ketika melawan Wales di fase grup.

23. Alessandro Florenzi

Pemain 30 tahun milik PSG ini baru bermain 49 menit yakni dalam laga kontra Turki. Cedera membuatnya ditarik keluar dari skuad Italia di EURO 2021 dan digantikan oleh Di Lorenzo.

24. Gianluigi Donnarumma

Gawang Italia di bawah kawalan Gianluigi Donnarumma di EURO 2021 baru kebobolan 4 gol. Nyatanya, ia juga tidak pernah kebobolan lebih dari 1 gol di setiap pertandingan.

Eks kiper AC Milan yang bakal memperkuat PSG ini juga sudah 2 kali mampu mencatatkan clean sheet, yakni di 2 laga perdana EURO 2021. Di akhir EURO 2021, Donnarumma terpilih sebagai pemain terbaik.

25. Matteo Pessina

Matteo Pessina memang bukan pilihan utama di skuad Italia. Ia masih kalah dari Nicolo Barella dalam 11 utama yang dibuat pelatih Roberto Mancini. Namun, meski baru bermain 191 menit, gelandang Atalanta ini sanggup menyumbangkan 2 gol bagi Gli Azzurri.

26. Alex Meret

Alex Meret menjadi satu-satunya pemain yang belum bermain sama sekali di EURO 2021 ini. Namun, jalan panjang baginya bersama Timnas Italia masih terbuka lebar mengingat usianya yang baru menginjak 24 tahun.

Baca juga artikel terkait EURO 2021 atau tulisan menarik lainnya Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Penulis: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight