EURO 2021

Daftar Pemain di Tim Terbaik EURO 2021 (Team of The Tournament)

Kontributor: Beni Jo - 14 Jul 2021 09:50 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Daftar pemain di Tim Terbaik (Team of the Tournament) EURO 2021 (2020) didominasi penggawa Italia & Inggris, seperti Donnarumma, Bonucci, Chiesa, Sterling.
tirto.id - Penggawa Tim nasional (Timnas) Italia dan Inggris mendominasi daftar pemain di tim terbaik EURO 2021 menurut pilihan UEFA. Gli Azzurri yang keluar sebagai jawara Piala Eropa 2020 memiliki 5 pemain. Sedangkan dari The Three Lions terdapat 3 nama. Denmark, Spanyol, dan Belgia masing-masing diwakili 1 pemain.

UEFA telah mengumumkan Tim Terbaik EURO 2021 yang dipilih oleh Technical Observers. Para pengamat teknis ini terdiri dari nama-nama tenar seperti pelatih Fabio Capello dan David Moyes. Sementara itu, ada pula eks pemain seperti Robbie Keane, Esteban Cambiasso, Cosmin Contra, dan Aitor Karanka.

Melihat daftar pemain di Tim Terbaik EURO 2021, sektor pertahanan dikuasai oleh tim juara Italia dan sang runner-up Inggris. Kedua negara mengirim 2 pemain pada lini tersebut.

Di bawah mistar gawang, Gianluigi Donnarumma menjadi pilihan utama. Kiper 22 tahun itu selalu masuk dalam starting XI saat Italia melakoni 7 kali pertandingan di Piala Eropa sejak fase grup hingga finis sebagai juara.

Gawang kawalan Donnarumma clean sheet dalam 3 partai di fase grup. Yakni duel meladeni Turki (3-0), Swiss (3-0), dan Wales (1-0). Di fase gugur, Donnarumma kebobolan maksimal dalam setiap pertandingan sejak 16 besar hingga final, yaitu kala bersua Austria (2-1), Belgia (2-1), Spanyol (1-1), dan Inggris (1-1).



Berdiri di depan Gianluigi Donnarumma dalam daftar tim terbaik adalah kombinasi bek sentral asal Italia dan Inggris. Mereka adalah Leonardo Bonucci dan Harry Maguire.

Nama pertama selalu menjadi pilar utama Italia dalam 7 laga. Hanya saat duel melawan Wales saja ia bermain 45 menit. Selebihnya, Bonucci tampil penuh tak tergantikan selama 90 menit di atas lapangan hijau.

Sementara Harry Maguire merupakan pemain dengan rapor tertinggi di antara skuad Inggris menurut data Whoscored. Dipercaya bermain dalam 5 laga dan mencetak 1 gol selama hajatan Piala Eropa 2021, defender Manchester United itu diganjar rapor sebesar 7,62.

Untuk pos bek sayap, tim jawara dan runner-up EURO 2021 juga kembali mengisi daftar terbaik pilihan UEFA. Berada di sisi kanan adalah Kyle Walker dan di kiri ialah Leonardo Spinazzola.

Di sektor tengah, panel bentukan UEFA menunjuk tiga penggawa terbaik. Jorginho menjadi salah satu di antaranya. Gelandang jangkar asal Chelsea ini ditemani oleh Pierre-Emile Højbjerg (Denmark) dan Pedri (Spanyol).

Sedangkan untuk barisan lini depan, tiga penyerang utama yang menjadi pilihan adalah Federico Chiesa (Italia), Romelu Lukaku (Belgia), dan Raheem Sterling (Inggris).

Jika berdasarkan jumlah torehan gol diantara mereka, Lukaku menjadi yang paling tajam dengan mengemas 4 gol selama EURO 2021.

Bomber Inter itu juga menempati peringkat ketiga dalam daftar top skor di bawah Patrik Schick dan Cristiano Ronaldo (5 gol). Sedangkan Sterling menciptakan 3 gol diikuti Federico Chiesa yang menyumbang 2 gol bagi Timnas Italia.


Daftar Pemain di Tim Terbaik EURO 2021


Berikut adalah daftar pemain di tim terbaik EURO 2021 versi UEFA

Kiper:

Gianluigi Donnarumma (Italia)

Bek:

Kyle Walker (Inggris)

Leonardo Bonucci (Italia)

Harry Maguire (Inggris)

Leonardo Spinazzola (Italia)

Gelandang:

Pierre-Emile Højbjerg (Denmark)

Jorginho (Italia)

Pedri (Spanyol)

Penyerang:

Federico Chiesa (Italia)

Romelu Lukaku (Belgia)

Raheem Sterling (Inggris)

Baca juga artikel terkait EURO 2021 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus

DarkLight