Liga Spanyol

Daftar Pemain Baru Barcelona, Skuad 2020-21, Jadwal di Liga Spanyol

Oleh: Fitra Firdaus - 14 September 2020
Dibaca Normal 2 menit
Daftar pemain baru Barcelona diisi oleh Miralem Pjanic, Pedri, hingga Trincao. Jadwal Barca di Liga Spanyol baru dimulai 27 September 2020 (vs Villarreal).
tirto.id - Miralem Pjanic, Pedri, hingga Francisco Trincao menjadi pemain baru Barcelona untuk skuad musim 2020/2021. Selain mereka, ada deretan nama yang kembali dari masa peminjaman seperti Philippe Coutinho, Carles Alena, dan Rafinha. Barca baru memulai jadwal di Liga Spanyol pada 27 September 2020 lawan Villarreal.

Setelah musim 2019/2020 berakhir tanpa satu gelar saja, Barcelona melakukan banyak perubahan. Kubu Camp Nou menunjuk pelatih baru, Ronald Koeman. Selain itu, Blaugrana tampak melakukan cuci gudang untuk pemain yang dianggap uzur atau tidak dapat memberikan kontribusi.

Ivan Rakitic dijual ke Sevilla seharga 1,5 juta euro. Sementara itu, Arthur disodorkan ke Juventus dengan biaya 72 juta euro. Pembersihan skuad Barca kemungkinan berlanjut. Luis Suarez dan Arturo Vidal bisa saja hengkang dari Camp Nou pada sisa waktu bursa transfer musim panas 2020.


Daftar Pemain Baru Barcelona


Hingga Senin (14/9) pemain belian termahal Barcelona musim ini adalah Miralem Pjanic. Gelandang berusia 30 tahun itu dibeli dari Juventus seharga 60 juta euro. Pjanic terbiasa dimainkan sebagai gelandang tengah atau deep-lying playmaker.

Pembelian termahal kedua adalah Francisco Trincao. Ia didatangkan dari Braga dengan biaya 31 juta euro. Untuk anak muda 20 tahun yang baru memiliki 1 caps internasional bersama Portugal, angka itu bisa saja sangat besar. Apalagi, Barca memagari Trincao dengan klausul pemutusan kontrak 500 juta euro.

Trincao disukai oleh Ronald Koeman. Dikutip dari MARCA, sang pelatih menyebutkan, "Saya suka Trincao dari segi pemilihan posisi, kadang masuk (menusuk ke kotak penalti), kadang melebar (di sayap). Dia punya kualitas, harus beradaptasi dengan kecepatan dan ritme (tim)."

Setelah itu, ada Matheus Fernandes yang dibeli dari Palmeiras sebesar 7 juta euro dan Pedri yang diboyong dari Las Palmas dengan angka 5 juta euro. Tidak ada kepastian apakah keduanya akan masuk skuad inti Barcelona, atau dipinjamkan semusim ke klub papan bawah Liga Spanyol.

Hal paling mencolok dari Barcelona sebenarnya adalah pemain yang mereka pinjamkan ke klub lain. Bahkan Philippe Coutinho yang jadi bintang di Liverpool, direlakan Barca semusim berlaga untuk Bayern Munchen. Selain dia, ada Moussa Wague (Nice), Jean Clair Todibo (Schalke), Carles Alena (Real Betis), Rafinha (Celta Vigo), Juan Miranda (Schalke), dan Oriol Busquets (Twente).

Perubahan lain yang tidak kalah penting adalah nomor punggung. Musim ini, Antoine Griezmann mendapatkan nomor 7 yang pernah dipakai para pemain legendaris, termasuk Luis Figo dan David Villa. 7 sendiri adalah nomor favorit Griezmann yang mengidolakan David Beckham.

Dengan nomor punggung ini, Griezmann diprediksi akan semakin mendapatkan tempat di tim inti Barcelona. Musim lalu, sang penyerang Perancis kesulitan beradaptasi. Berdasarkan statistik Whoscored, musim lalu ia hanya mendapatkan rapor 6,97 di Liga Spanyol, jauh di bawah musim terakhirnya di Atletico Madrid (7,29).



Jadwal Barcelona di Liga Spanyol, UCL, & Copa del Rey


Barcelona baru menjalani laga pramusim perdana mereka saat melawan Gimnastic de Tarragona pada Sabtu (12/9) lalu. Ketika itu di Stadion Johan Cruyff, Barca menang 3-1. Ousmane Dembele, Philippe Coutinho, dan Antoine Griezmann bergantian membobol gawang lawan.

Masih ada 2 laga pramusim lagi yang tersedia bagi Ronald Koeman untuk mengukur skuadnya. Barcelona akan berjumpa Girona pada Rabu (16/9) dalam laga persahabatan. Setelah itu, ada Elche yang siap meladeni kubu Camp Nou dalam Joan Gamper Trophy pada Sabtu (19/9).

Perjalanan Barcelona di kompetisi resmi musim 2020/2021 baru dimulai pada 27 September 2020. Ketika itu, Blaugrana akan menjamu Villarreal di Camp Nou.

Setelahnya, Lionel Messi dan kolega akan berhadapan dengan Elche di jornada 2 LaLiga, dan Athletic Bilbao pada pekan 3. Jika melihat daftar lawan, ini ujian penting bagi Koeman karena Villarreal dan Athletic tergolong tim elite di Spanyol.

Sementara itu, perjuangan Barcelona di Liga Champions 2020/2021 baru dimulai pada matchday 1 penyisihan grup yang berlangsung 21 atau 22 Oktober 2020.

Undian fase grup UCL baru dilakukan pada 1 Oktober mendatang. Saat ini, Barcelona berada di pot 2 dalam undian, bersama Atletico Madrid, Manchester City, Manchester United, Shakhtar Donetsk, Borussia Dortmund, dan Chelsea.

Khusus Copa del Rey 2020/2021, jadwal belum ditentukan. Barcelona, Real Madrid, Real Sociedad, dan Athletic Bilbao akan memulai kompetisi dari babak 16 besar yang bergulir pada 16 Januari 2021.



Skuad Lengkap Barcelona Musim 2020/2021


Berikut ini skuad lengkap Barcelona 2020/2021 hingga Senin (14/9/2020).

Nomor Punggung Pemain
1 Marc-André ter Stegen
2 Nélson Semedo
3 Gerard Piqué
5 Sergio Busquets
6 Jean-Clair Todibo
7 Antoine Griezmann
9 Luis Suárez
10 Lionel Messi
11 Ousmane Dembélé
12 Rafinha
13 Neto
15 Clément Lenglet
16 Moussa Wagué
18 Jordi Alba
19 Martin Braithwaite
20 Sergi Roberto
21 Frenkie de Jong
22 Arturo Vidal
23 Samuel Umtiti
24 Junior Firpo
Juan Miranda
Riqui Puig
Ansu Fati
Ronald Araújo
Oriol Busquets
Carles Aleñá
Philippe Coutinho
Matheus Fernandes
Pedri
Miralem Pjanić
Francisco Trincão

Baca juga artikel terkait atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight