Daftar Obat Pencahar Alami untuk Kesehatan Pencernaan: Ada Kopi

Penulis: Dede Mudopar - 14 Des 2020 15:50 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Daftar obat pencahar alami untuk kesehatan pencernaan dan mengatasi sembelit, dari kopi hingga kefir.
tirto.id - Salah satu gangguan pencernaan yang sering terjadi pada tubuh manusia adalah sembelit.

Sembelit merupakan gangguan pada pencernaan yang salah satu tandanya yaitu susah buang besar atau feses keras. Hal ini disebabkan karena tubuh kurang mengonsumsi serat.

Salah satu cara mengobati sembelit agar pencernaan normal yaitu dengan mengonsumsi obat pencahar. Dilansir dari WebMD, terdapat beberapa jenis obat pencahar yang dapat dibeli tanpa resep.

Pencahar merupakan zat yang dapat melonggarkan tinja atau merangsang buang air besar. Pencahar bekerja dalam mempercepat pergerakan saluran pencernaan untuk memacu buang air besar.

Namun, selain mengonsumsi obat pencahar dari apotek, terdapat juga obat alami yang bisa digunakan sebagai obat pencahar.

Dilansir dari Healthline, terdapat beberapa jenis obat pencahar yang bekerja secara berbeda seperti pelunak feses, pencahar pembentuk massal, dan pencahar sebagai pelumas.

Berikut ini bahan makanan atau minuman yang bisa digunakan sebagai obat pencahar alami seperti dilansir dari Healthline:

1. Biji Chia

Ilustrasi Chia Seeds
Ilustrasi Chia Seeds. foto/Istockphoto


Biji berwarna hitam yang merupakan benih Salvia hispanica ini mengandung begitu banyak serat.

Healthline mencatat bahwa terdapat 11 gram serat dalam setiap 28 gram biji chia. Serat yang dimilikinya akan membentuk gel yang mampu membantu melunakkan feses dalam pencernaan.

2. Kopi

Ilustrasi kopi
Ilustrasi kopi. FOTO/iStockphoto


Kopi bisa menjadi minuman untuk dijadikan obat pencahar alami. Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi mampu memproduksi hormon gastrin yang bertanggung jawab atas sekresi asam lambung untuk membantu memecah makanan di perut.

Selain itu gastrin juga bisa meningkatkan pergerakan usus.

3. Buah Beri

HARGA STROBERI BERTAHAN TINGGI
Petani memanen buah stroberi d salah satu kebun di Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (1/4). Menurut kalangan petani setempat, dalam lima bulan terakhir harga buah stroberi termasuk tinggi di kisaran Rp100.000 per kilogram atau dua kali lipat dari harga normal karena hasil panen kurang maksimal akibat tingginya curah hujan. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc/17.


Sebagian besar dari jenis buah beri mengandung serat yang cukup tinggi. Strawberry mengandung 3 gram serat dalam satu cangkirnya (152 gram).

Sedangkan Raspberi mengandung 8 gram dari setiap cangkirnya. Blueberry mengandung 3,6 gram serat per cangkir (148 gram) dan blackberry mempunyai 7,6 gram serat per cangkirnya (144 gram).

Serat yang terkandung dalam buah beri terdiri dari serat larut dan serat tidak larut. Serat larut mampu menyerap air di usus untuk membentuk zat seperti gel yang membantu melunakkan feses.

Sedangkan serat yang tidak larut tidak menyerap air tetapi menyebar ke seluruh tubuh secara utuh.

4. Minyak Zaitun

Ilustrasi minyak zaitun
Ilustrasi minyak zaitun. FOTO/iStock


Mengonsumsi minyak zaitun bisa menjadi alternatif pengganti obat pencahar. Minyak ini mampu menjadi pelumas dalam melancarkan pencernaan dan bisa memicu buang air besar dan mengobati gejala sembelit. Selain itu minyak zaitun juga bisa menjadi pembersih usus secara alami.

5. Kefir

Ilustrasi Kefir
Ilustrasi Kefir. foto/istockphoto


Kefir merupakan minuman susu hasil dari fermentasi yang berasal dari daerah pegunungan yang membelah Asia dan Eropa. Kefir hampir mirip dengan yoghurt tetapi konsistensinya lebih tipis.

Minuman ini mengandung probiotik yang bisa membantu meningkatkan konsistensi feses dalam tubuh. Selain dapat menjaga kesehatan pencernaan, kefir juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Baca juga artikel terkait OBAT ALAMI ATASI MASALAH PENCERNAAN atau tulisan menarik lainnya Dede Mudopar
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dede Mudopar
Editor: Dhita Koesno

DarkLight