Daftar Obat dan Alat Kesehatan yang Sebaiknya Ada di Rumah

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 28 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Alat kesehatan dan obat yang sebaiknya selalu ada di rumah di antaranya obat penurun demam hingga masker.
tirto.id - Musibah atau kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, termasuk di rumah. Menyediakan berbagai obat serta alat kesehatan darurat bisa jadi pertolongan pertama saat hal-hal yang tidak diharapkan terjadi.

Terlebih di masa pandemi Corona COVID-19 ini, sakit bisa terjadi kapan saja. Tidak hanya mengoptimalkan langkah pencegahan, langkah pengobatan juga harus sesegera mungkin dilakukan sejak di rumah untuk menghentikan penularan.

Oleh karenanya, dengan adanya obat dan alat kesehatan yang tersedia di rumah bisa sangat membantu saat pertolongan pertama.

Berikut adalah berbagai alat kesehatan dan obat yang sebaiknya selalu ada di rumah menurut Antara dan Pusastalkes:

1. Termometer

Termometer merupakan alat kesehatan yang berfungsi untuk mengukur suhu tubuh. Alat kecil tersebut diharuskan selalu berada di dalam kotak P3K, terutama ketika Anda masih memiliki anak kecil.

Termometer akan membantu Anda memantau suhu si kecil ketika sakit, sehingga anak akan terhindar dari kejang-kejang yang bisa terjadi ketika suhu tubuhnya sangat tinggi.

Apabila Anda hendak membeli termometer, Dr. Stacey Curtiz dari University of Florida College of Pharmacy mengatakan bahwa termometer oral lah yang terbaik. Pasalnya, termometer telinga harus ditempatkan dengan benar agar akurat, sementara termometer dahi bisa jadi tidak mengukur suhu dengan baik jika pasien berkeringat.

2. Obat penghilang nyeri dan penurun demam

Obat penghilang nyeri dan penurun demam juga menjadi salah satu dari beberapa obat yang harus tersedia di kotak P3K. Akan tetapi, para apoteker memperingatkan kepada siapapun bahwa konsumsi terlalu banyak asetaminofen tidak disarankan karena dapat menyebabkan kerusakan hati yang parah.

Sementara itu, beberapa dokter menyarankan untuk segera minum obat agar demam cepat turun. Namun, sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik ketika suhu tubuh lebih tinggi, dan banyak penelitian menunjukkan bahwa demam bermanfaat untuk mengatasi infeksi.

“Ketika Anda diobati dengan obat penurun demam, Anda mengurangi kemampuan tubuh untuk membuat antibodi,” kata Dr. Paul Offit, ahli penyakit menular di Universitas Pennsylvania dan Children’s Hospital of Philadelphia.

3. Obat bebas yang mungkin dibutuhkan

Tidak ada salahnya juga untuk menyimpan obat lain yang mungkin dibutuhkan. Diare, batuk, pilek, sakit tenggorokan, sering kali menimpa tanpa kenal waktu. Menyimpan beberapa obat untuk mengatasi masalah tersebut bisa jadi akan membantu Anda mengatasi penyakit-penyakit tersebut sebagai tindakan pertama.

4. Tensimeter

Apabila Anda atau anggota keluarga lain memiliki riwayat darah tinggi, perlu untuk menyimpan tensimeter di rumah. Alat tersebut sangat berguna untuk mengukur tekanan darah sehingga hal-hal buruk bisa diatasi secepat mungkin seperti risiko tersumbat atau pecahnya pembuluh darah.

5. Masker

Meski sepele, nyatanya masker sangat dibutuhkan bagi setiap orang sebagai perlindungan pada saluran pernapasan. Dengan mengenakan masker, Anda akan terlindung dari paparan debu yang beterbangan yang bisa terhirup, kotoran, bahkan bakteri sekalipun.

Apabila Anda atau anggota keluarga terserang flu, kenakan masker untuk melindungi diri dan keluarga dari virus. Pasalnya, setidaknya 50 persen jenis virus dapat ditularkan melalui udara.

6. Timbangan

Teratur memonitoring berat badan akan membantu Anda mengontrol asupan makan serta aktifitas fisik yang perlu dilakukan. Dengan hal ini, Anda akan terhindar dari kekurangan atau kelebihan gizi. Kedua hal tersebut akan berdampak pada kesehatan Anda secara keseluruhan dalam jangka pendek ataupun panjang.

Baca juga artikel terkait P3K atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight