Daftar Merek Favorit Milenial Indonesia, dari Nike hingga Indomie

Oleh: Yantina Debora - 21 Januari 2019
Milenial Indonesia memiliki merek favorit mulai dari fesyen seperti H&M, Zara hingga Uniqlo, lalu merek makanan minuman seperti Starbucks hingga Indomie.
tirto.id - Milenial dianggap generasi yang realistis dalam menentukan pilihan. Dibanding dengan generasi sebelumnya, milenial sangat berhati-hati dalam menetapkan suatu langkah, begitu pula dengan menetapkan produk yang akan mereka beli karena hal ini berkaitan dengan pengelolaan keuangan.

Milenial mengerti teknologi dan bagaimana memanfaatkannya untuk mencari informasi terkait produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dalam memilih suatu produk, milenial mementingkan etika bisnis suatu perusahaan.

Penelitian Delloit mengenai milenial mengungkapkan bahwa 58 persen responden memercayai persahaan yang memiliki tujuan etis untuk kehidupan sosial. Sayangnya, 64 persen perusahaan lebih memilih melaksanakan agenda pribadi daripada memenuhi kebutuhan sosial.

Milenial percaya bahwa tujuan etis suatu perusahaan menandakan bahwa perusahaan tersebut berada di perahu yang sama dengan mereka. Dengan begitu, ada semacam rasa senasib sepenanggungan.

Sebagai contoh, milenial menyadari bahwa Coca Cola bukan minuman sehat, maka Coca Cola beradaptasi dengan cara melakukan kampanye sosial “Share a Coke”, gerakan untuk saling berbagi. Atau meluncurkan botol bertuliskan nama-nama untuk menggelorakan “Stop-bullying”. Tidak heran Coca Cola masih menjadi favorit milenial.

Melansir Forbes, milenial memanfaatkan teknologi dengan cara melihat review dari suatu produk di internet untuk meyakinkan diri dan mencari informasi. Pencarian produk melalui sosial media untuk melihat gambar dan video juga dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli produk.

Selain itu, milenial juga sangat menggilai keaslian. Dilansir Huffington Post, milenial tidak tertarik dengan janji-janji besar dan promosi yang ‘berkilau’.

Sebaliknya, milenial menginginkan pesan yang jujur, barang asli, dan interaksi yang nyaman. Sebanyak 43 persen milenial menghargai keaslian daripada konten-konten yang sengaja dibuat menarik.

Keaslian tidak hanya bicara mengenai iklan produk, tapi juga inovasi dan ide yang berbeda dari produk lainnya, akan dengan cepat mendapatkan tempat di hati milenial.

Dilansir dari TDC Indonesia, terdapat 30 merek yang disukai oleh kaum milenial Indonesia.

Merek Fesyen

Nike
Daniel Wellington
H&M
Zara
Uniqlo
Polo Ralph Lauren
Adidas

Kecantikan

Sephora
Loreal
Gillete

Gadget

Apple
Samsung

Hiburan

Grand XXI
Spotify
Film Disney

Teknologi

Google
GOJEK-GOFOOD

Media Sosial

Facebook
Youtube
Instagram

Merek Kendaraan

Toyota
Honda

Makanan dan Minuman

Coca cola
Starbucks
McDonnald
Koi
Nescafe
Indomie

Merek lain-lain

Marlboro
Ikea

Baca juga artikel terkait GENERASI MILENIAL atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight