Daftar Manfaat Ampas Kopi: Untuk Kecantikan hingga Pupuk Tanaman

Oleh: Binar Ajeng - 12 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Bubuk kopi, termasuk ampasnya, bisa bermanfaat untuk banyak hal. Bubuk kopi bisa digunakan buat pupuk, hingga mempercantik kulit.
tirto.id - Kopi merupakan minuman yang tak lekang oleh waktu. Sejak dulu, kopi selalu menjadi teman saat bersantai atau sekedar penghilang lelah dan kantuk. Namun, kopi punya banyak manfaat lain.

Kopi tidak hanya mengandung kafein. Banyak kandungan senyawa kimia lain yang terdapat pada kopi, seperti: asam klorogenat, trigonelin, karbohidrat, lemak, asam amino, asam organik, aroma volatile dan mineral.

Karena begitu banyaknya kandungan dalam kopi, ia bisa bermanfaat untuk banyak hal lain dan tak hanya sebagai minuman. Berikut sejumlah manfaat lain dari kopi.

Manfaat Kopi sebagai skincare

Kopi kaya akan antioxidant sehingga bagus untuk kulit. Tak banyak yang menyangka jika bubuk kopi bisa berguna untuk kecantikan kulit wajah dan badan. Sebagai skincare, kopi bisa membantu kulit wajah untuk terlihat lebih kencang dan awet muda serta berbagai manfaat lainnya.

Seperti dijelaskan dalam Healthline, kopi bisa digunakan untuk mengeksfoliasi kulit wajah dan tubuh. Butiran kopi yang kasar bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Anda bisa mencampurkan bubuk kopi dengan minyak kelapa untuk digunakan sebagai lulur. Gosok-gosokkan campuran kopi tersebut ke seluruh tubuh dengan lembut selama beberapa menit lalu bilas.


Untuk jadi scrub bibir, campurkan bubuk kopi dengan madu secukupnya. Balurkan campuran tersebut ke bibir lalu gosok perlahan dan bilas. Bibir akan menjadi lembab dan kulit yang mati dan kering akan terangkat. Selain itu, bibir juga akan menjadi pink alami.

Kopi juga bisa dijadikan masker wajah. Caranya, campurkan bubuk kopi dengan air mawar lalu balurkan ke seluruh wajah lalu diamkan selama 15-20 menit dan bilas. Kulit wajah akan terasa semakin lembab dan cerah. Verywell Health juga ikut menjelaskan bahwa flek-flek hitam serta mata panda dan kantung mata pun perlahan akan menghilang jika kita secara rutin menggunakan bubuk kopi.

Manfaat Kopi sebagai pupuk tanaman

Kopi ternyata tak hanya dipakai dalam dunia kecantikan, lho. Kopi juga bisa kita gunakan sebagai pupuk tanaman agar tanaman di kebun kita bisa tumbuh dengan subur.


Menurut Gardening Know How, bubuk kopi dapat meningkatkan drainase, menampung banyak air serta memberikan aerasi yang baik di dalam tanah. Selain itu, bubuk kopi juga membantu kerja mikro organisme di tanah sehingga tanaman akan cepat tumbuh dengan subur.

Manfaat Kopi sebagai pencegah hama tanaman

Kita tentu saja tidak suka jika tanaman kesayangan terkena hama, seperti siput dan yang lainnya. Untuk mengatasinya, kita hanya perlu menaburkan bubuk kopi di sekeliling tanaman kita. Bubuk kopi akan memberikan efek negatif pada tubuh hama. Maka itu, hama akan pergi menjauh.

Manfaat Kopi sebagai perangsang pertumbuhan rambut

Beberapa orang mungkin sangat stres ketika banyak sekali rambutnya rontok. Pada saat hair tonic sudah tidak lagi memberikan efek yang signifikan, tak ada salahnya mencoba menggunakan bubuk kopi.

Bubuk kopi yang kasar bisa mengangkat sel-sel kulit mati di kepala. Sementara kafein bermanfaat untuk menstimulasi pertumbuhan rambut, dengan melancarkan aliran darah di kepala.

Caranya sangat lah gampang. Kita tinggal menaburkan bubuk kopi pada kulit kepala lalu gosok perlahan. Lakukan rutinitas ini sebelum memakai shampoo. Maka, kulit kepala senantiasa terjaga dan rambut akan tumbuh dengan subur dan sehat.


Baca juga artikel terkait MANFAAT KOPI atau tulisan menarik lainnya Binar Ajeng
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Binar Ajeng
Penulis: Binar Ajeng
Editor: Addi M Idhom
DarkLight