Daftar Makanan yang Baik untuk Penderita Demam Berdarah Dengue

Penulis: Yandri Daniel Damaledo, tirto.id - 18 Okt 2022 11:21 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Daftar makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita Demam Berdarah Dengue atau DBD.
tirto.id - Memasuki musim penghujan, sejumlah penyakit akan muncul dan menginfeksi manusia, mulai dari batuk, pilek, diare, hingga demam berdarah dengue atau DBD.

Demam berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti betina yang terinfeksi virus dengue.

Mengutip situs resmi Kemenkes RI, Demam berdarah banyak ditemukan di daerah tropis dan subtropis. Terhitung sejak tahun 1968, World Health Organization (WHO) mencatat negara Indonesia sebagai negara dengan kasus DBD tertinggi di Asia Tenggara.


Hingga saat ini, penyakit DBD masih merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang utama di Indonesia.

Jumlah penderita dan luas daerah penyebarannya semakin bertambah seiring dengan meningkatnya mobilitas dan kepadatan penduduk.

Menurut data terakhir, dilaporkan jumlah kasus DBD tercatat hingga 13.776 kasus hingga 20 Februari 2022.

Kabupaten/Kota yang melaporkan kasus DBD tertinggi adalah Kota Bandung dengan kasus 598 kasus. Pada tahun 2021, Kota Bandung, Kota Depok, dan Kabupaten Bogor menjadi daerah dengan kasus DBD tertinggi.

Gejala seseorang yang menderita DBD adalah demam tinggi, nyeri di sekujur tubuh, hingga muncul ruam.

National Library of Medicine menuliskan, salah satu komplikasi DBD adalah dehidrasi yang bila tidak dipantau dan ditangani dengan cermat dapat menyebabkan syok, terutama pada penderita demam berdarah dengue.

Karena adanya kebocoran plasma darah, penting bagi pasien DBD untuk terus mencukupi kebutuhan cairan tubuh agar tidak jatuh ke dalam keadaan hipotensi atau syok.


WHO telah merekomendasikan asupan cairan oral lima gelas atau lebih untuk orang dewasa yang diduga menderita demam berdarah

Selain itu, DBD bisa juga disembuhkan dengan mengonsumsi sejumlah makanan. Berikut ini rekomendasi makanan yang baik untuk penderita DBD.

Makanan yang baik untuk Penderita DBD


1. Daun Pepaya

Meski rasanya sangat pahit, daun pepaya sangat baik bagi mereka yang menderita demam berdarah.

Caranya, Hhancurkan saja daun pepaya dan peras untuk diambil sarinya. Ekstraknya meningkatkan jumlah trombosit secara signifikan. Demikian menurut NDTV.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa merebus daun pepaya dalam air dan meminum larutannya. Ini mungkin obat rumah terbaik untuk pengobatan demam berdarah.

2. Jambu Biji

Jambu biji dikenal sebagai salah satu buah kaya akan vitamin A, vitamin C, dan antioksidan.

merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Serikat, lalu penyebaran tanaman ini meluas ke kawasan Asia Tenggara dan wilayah Indonesia melalui Thailand. Jambu biji termasuk buah komersial karena sudah banyak dikenal oleh masyarakat.

Mengutip situs Kemenkes RI, jambu biji ditanam hampir di seluruh wilayah Indonesia. Jambu biji merah memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Di dalam tubuh, vitamin C membantu meningkatkan kerja sistem imunitas dalam menghentikan infeksi virus.

Selain itu, penelitian pada tahun 2017 menyebutkan bahwa ekstra jambu biji dapat meningkatkan jumlah megakariosit yang mengalami trombositopenia. Megakariosit sendiri merupakan sel sumsum tulang yang berukuran besar yang berfungsi menghasilkan trombosit atau keping darah.

3. Kiwi

Kiwi kaya akan vitamin C, serat, mineral, dan sumber fitokimia seperti fenolik, flavonoid dan klorofil yang berfungsi sebagai antioksidan serta meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh sebagai upaya untuk melawan virus pada tubuh.

Sebuah studi di India pada tahun 2020 menyebutkan bahwa di samping menjalankan pengobatan medis, pemberian buah kiwi beserta daun pepaya kepada penderita demam berdarah dalam 5 hari menunjukkan peningkatan nilai trombosit dan mengurangi gejala - gejala yang dialami oleh pasien.

Buah-buahan yang disebutkan di atas bukanlah obat untuk menyembuhkan penyakit demam berdarah. Namun, dengan mengkonsumsi beberapa contoh buah yang telah disebutkan dalam artikel ini dapat membantu pasien agar tetap terhidrasi dengan baik dan membantu meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh sebagai upaya mempercepat proses penyembuhan penyakit demam berdarah.

Tentunya, dengan pengobatan dan penanganan yang tepat, penyakit demam berdarah dapat disembuhkan dengan maksimal.

4. Brokoli

Brokoli adalah sumber vitamin K yang sangat baik yang membantu meregenerasi trombosit darah. Jika ada penurunan tajam dalam jumlah trombosit, maka brokoli harus dimasukkan dalam makanan sehari-hari pasien demam berdarah. Ini juga kaya akan antioksidan dan mineral.

5. Brokoli

Brokoli adalah sumber vitamin K yang sangat baik yang membantu meregenerasi trombosit darah. Jika ada penurunan tajam dalam jumlah trombosit, maka brokoli harus dimasukkan dalam makanan sehari-hari pasien demam berdarah. Ini juga kaya akan antioksidan dan mineral.


Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight