Daftar Link Twibbon Hari Pustakawan 7 Juli 2021 & HUT IPI ke-48

Oleh: Iswara N Raditya - 7 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Hari Pustakawan diperingati setiap tanggal 7 Juli sekaligus perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) ke-48 pada 2021 ini.
tirto.id - Hari Pustakawan diperingati setiap tanggal 7 Juli sekaligus perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) ke-48 pada 2021 ini. Memperingati Hari Pustakawan dan HUT IPI bisa dilakukan dengan mengunggah Twibbon beserta foto diri di sosial media. Ada cukup banyak daftar link Twibbon yang bisa didapatkan.

Twibbon kini seolah menjadi tren kekinian untuk merayakan sesuatu di sosial media. Terlebih pada masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini demi menghindari mobilitas dan kerumunan dalam memperingati hari-hari istimewa.

Menurut laman Macmillan Dictionary, Twibbon berasal dari kata "Twitter" dan "Ribbon." Semula, Twibbon hanya diunggah ke Twitter, namun kemudian juga digunakan di berbagai platform sosial media lainnya seperti Facebook atau Instagram.

Salah satu perayaan di Indonesia yang bisa dilakukan dengan memakai Twibbon adalah Hari Pustakawan. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menyebutkan, pustakawan berarti “orang yang bekerja dalam bidang perpustakaan”, bisa juga dimaknai sebagai “ahli perpustakaan”.


Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Muhammad Syarif Bando, mengatakan bahwa pustakawan merupakan ujung tombak utama untuk menghidupkan dan mengawal budaya literasi yang salah satunya bertujuan demi mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Pustakawan sebagai elemen melekat dari entitas perpustakaan memiliki peran penting dalam menentukan transfer pengetahuan untuk membentuk budaya literasi," kata Muhammad Syarif Bando di Jakarta dilansir Antara.

"Pustakawan harus mampu mengelaborasikan sumber-sumber informasi sehingga masyarakat memperoleh kecakapan keterampilan yang berguna untuk meningkatkan kesejahteraan,” tambahnya.

"Tanpa kemampuan literasi yang memadai, masyarakat mudah terjerumus pada informasi yang palsu dan menyesatkan," imbuh Muhammad Syarif Bando.

Sejarah Hari Pustakawan dan HUT IPI

Perayaan Hari Pustakawan terkait erat dengan Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) dan Perpusnas RI. Dikutip dari website Perpustakaan Universitas Airlangga, Perpusnas RI mencanangkan tanggal 7 Juli sebagai Hari Pustakawan sejak tahun 1990.

Penetapan tanggal 7 Juli sebagai Hari Pustakawan tidak terlepas dari riwayat IPI sebagai wadah bagi pengembangan para pegiat literasi di tanah air. IPI resmi didirikan dalam Kongres Pustakawan Indonesia di Ciawi, Bogor, tanggal 5-7 Juli 1973.

Dengan kata lain, penetapan Hari Pustakawan oleh Perpusnas RI pada 7 Juli 1990 juga bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun IPI ke-17, yang terus diperingati hingga saat ini, termasuk pada 2021 yang merupakan HUT IPI ke-48.


Cara Pakai Twibbon Hari Pustakawan 2021

Ada cukup banyak link Twibbon yang bisa dipilih untuk diunduh dan digunakan dalam meramaikan Hari Pustakawan 2021 melalui sosial media.

Caranya adalah cukup dengan mengakses laman Twibbonize kemudian ketik “Pustakawan” di kolom pencarian (Cari Campaign).

Untuk mempermudah pencarian, cukup klik di sini. Setelah itu, akan muncul beberapa desain Twibbon yang bisa Anda pilih. Setelah mendapatkan desain yang sesuai dengan keinginan, pilih foto diri yang akan dipadukan dengan Twibbon.

Setelah foto diunggah ke Twibbon, atur posisinya hingga pas dengan desainnya, lalu klik crop. Setelah selesai, klik download. Twibbon akan diunduh ke galeri foto Anda lalu bisa dibagikan ke akun sosial media yang Anda punya.

Baca juga artikel terkait HARI PUSTAKAWAN atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Iswara N Raditya
Penyelia: Addi M Idhom
DarkLight