Daftar Liga Eropa yang Restart & Jadwal Kompetisi Bergulir Kembali

Oleh: Ikhsan Abdul Hakim, Ikhsan Abdul Hakim - 29 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sejumlah liga papan atas di Eropa segera akan diputar kembali setelah berhenti sementara karena pandemi virus corona (Covid-19).
tirto.id - Sejumlah liga top Eropa bersiap menggelar kompetisi kembali di tengah pandemi COVID-19. Selain Eredivisie Belanda dan Ligue 1 Prancis yang resmi sudah disetop sepenuhnya, liga top lain seperti Premier League, Serie A, dan La Liga, saat ini sedang bersiap melanjutkan musim 2019/2020.

Liga papan atas Eropa yang kembali bergulir paling awal adalah Bundesliga Jerman. Kompetisi di Jerman telah kembali digelar sejak 16 Mei 2020.

Laga-laga Bundeliga Jerman berlangsung tanpa penonton, disertai penerapan protokol kesehatan yang ketat. Hingga kini, Bundesliga telah menggelar tiga pekan kompetisi.

Sementara Liga Inggris berencana menjadwalkan kelanjutan kompetisi Premier League mulai 17 Juni 2020. Laga Premier League akan dibuka dengan pertandingan antara Aston Villa vs Sheffield United dan Manchester City vs Arsenal.

Premier League sudah membolehkan klub menggelar latihan sejak pekan lalu, dengan syarat harus mematuhi protokol penjarakan fisik. Mulai pekan ini, klub-klub Premier League bersepakat untuk menggelar latihan penuh dengan mengizinkan kontak fisik antarpemain.

"Hari ini (28/5/2020), untuk sementara kami setuju melanjutkan Premier League pada Rabu, 17 Juni 2020. Tetapi jadwal ini belum bisa dikonfirmasi hingga kami memenuhi semua persyaratan keamanan yang diperlukan, karena kesehatan dan kesejahteraan semua peserta [Liga Inggris] dan para suporter adalah prioritas kami,” ucap CEO Richard Masters yang dilansir laman resmi Premier League.

Pada hari yang sama, Serie A Italia juga mengumumkan jadwal kelanjutan kompetisi pada musim 2019/2020. Serie A dan pemerintah Italia akhirnya mencapai kesepakatan untuk melanjutkan liga mulai 20 Juni 2020. Sedangkan semifinal Coppa Italia rencananya dihelat pada 13 Juni 2020.

Sebelumnya, pemutaran kembali Serie A sempat diragukan karena perundingan antara operator liga dan pemerintah sempat menemui jalan buntu. Salah satu poin yang menjadi pro-kontra adalah protokol karantina yang akan diterapkan selama pandemi corona belum sepenuhnya mereda.

“Ini rapat yang sangat bermanfaat dan, sesuai perkataan kami sejak awal, sepak bola selalu punya jalan kembali ketika kita sudah menciptakan kondisi yang menjami keamanan dan CTS [komite ilmiah teknis pemerintah] sudah memberi persetujuan terhadap protokol itu [pelaksanaan Serie A di tengah pandemi],” ucap Menteri Olah Raga Italia, Vincenzo Spadafora, dilansir Football Italia.

Sementara La Liga Spanyol direncanakan berlanjut di sekitar pertengahan Juni 2020. Pemerintah Spanyol dikabarkan menyetujui berlanjutnya La Liga paling cepat pada 8 Juni mendatang.

Pada awal bulan ini, para pemain menjalani tes massal untuk deteksi Covid-19 dan mulai berlatih pada pekan kedua bulan Mei.

"Pemerintah Spanyol dan Menteri Kesehatan telah mengizinkan Liga Sepak Bola Profesional [La Liga] untuk berlanjut setelah 8 Juni mendatang," kata Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez dalam sebuah konferensi pers sebagaimana dikutip laman resmi Real Madrid.

Selain liga-liga top di atas, sejumlah liga lain di Eropa juga dilaporkan hendak melanjutkan musim kompetisi.

Di antaranya adalah liga Austria, Denmark, Yunani, Israel, Portugal, Rusia, dan Turki. Sedangkan Belarusia menjadi satu-satunya negara Eropa yang tidak menyetop liga domestik karena pandemi.

Kelanjutan sejumlah liga domestik di Eropa lainnya belum diputuskan. Sejumlah negara pun secara resmi sudah menghentikan sepenuhnya liga domestik, di antaranya adalah Belgia dan Skotlandia.



.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim & Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Ikhsan Abdul Hakim & Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Addi M Idhom
DarkLight