Daftar Kisaran Harga Potong Rambut di Salon Indonesia

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 28 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Selain perawatan rambut, jenis perawatan lain yang banyak diminati pelanggan salon adalah perawatan wajah, perawatan kuku, eyelash extension, perawatan tubuh dan waxing.
tirto.id - Perawatan rambut seperti gunting rambut menjadi salah satu perawatan populer dikalangan pelanggan salon di Indonesia.

Selain perawatan rambut, jenis perawatan lain yang banyak diminati pelanggan salon adalah perawatan wajah, perawatan kuku, eyelash extension, perawatan tubuh dan waxing.

Hal itu berdasarkan pada data internal periode Januari hingga Juli 2019 yang dirilis Moka terkait kebiasaan belanja konsumen bisnis kecantikan di Indonesia. Moka adalah perusahaan rintisan Software as a Service yang berlokasi di Jakarta, Indonesia dan bergerak di ranah aplikasi kasir.

Menurut VP Brand and Marketing Moka Bayu Ramadhan harga yang dipatok untuk jasa menggunting rambut di Indonesia juga bervariasi.

Berikut daftar harga potong rambut di beberapa daerah Indonesia berdasar data dari Moka.

1. Salon di daerah Jabodetabek memasang tarif paling tinggi, yakni berkisar di angka Rp140 ribu.

2. Salon di daerah Bali menempati urutan kedua dengan kisaran harga potong rambut Rp125 ribu hingga Rp130 ribu.

3. Urutan ketiga ditempati daerah Surabaya, Medan, dan Makassar yang mematok tarif Rp65 hingga Rp80 ribu.

Menurut Bayu kisaran harga ini bisa menjadi dasar bagi pelaku bisnis kecantikan untuk menentukan tarif, agar tak kemahalan maupun kemurahan.

Sebab bila mematok harga lebih tinggi, pastikan tempat usaha Anda memiliki “x factor” yang mengundang pelanggan untuk datang.

Sementara untuk jenis perawatan kuku, nail art menjadi jenis perawatan paling hit sepanjang 2019. Desain unik serta tambahan stiker warna-warni menjadi pilihan favorit para konsumen.

Perawatan kuku lain yang digemari adalah nail polish serta manicure-pedicure.

Bayu menambahkan, berdasarkan data Moka mengungkap bahwa hari Selasa, Kamis, dan Jumat, sekitar pukul 3 hingga 4 sore menjadi waktu yang paling disenangi pelanggan untuk merawat kuku.

"Asumsinya, pada hari kerja pelanggan menginginkan perawatan yang cepat namun berdampak signifikan bagi penampilan," kata Bayu.

Sedangkan untuk jenis perawatan lain seperti spa memang bukan yang terpopuler di kalangan pelanggan, namun spa menjadi perawatan yang mendatangkan paling banyak keuntungan.

Biasanya untuk menikmati spa selama 1,5 sampai 2 jam, konsumen harus merogoh kantong senilai Rp500 ribu. Harga tersebut paling mahal bila dibanding pijat atau terapi Rp400 ribu, perawatan kuku Rp250 ribu, dan perawatan rambut Rp200 ribu.


Baca juga artikel terkait SALON atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH
DarkLight