Daftar Kejadian Bulan Muharram: Kisah Nabi Musa-Pernikahan Muhammad

Oleh: Abdul Hadi - 9 Agustus 2021
Dibaca Normal 1 menit
Daftar Peristiwa Penting pada Muharam: taubat Nabi Adam AS diterima oleh Allah hingga pengangkatan Utsman bin Affan sebagai khalifah
tirto.id - Awal tahun baru Islam dalam kalender hijriah jatuh pada bulan Muharam. Pada 2021 ini, 1 Muharam jatuh pada Selasa, 10 Agustus dan berakhir pada 7 September 2021. Di bulan ini juga, terdapat sejumlah amalan khusus untuk meningkatkan ibadah sunah kepada Allah pada Muharam.

Di Indonesia, 1 Muharam diperingati sebagai Hari Libur Nasional. Namun, tanggal merahnya jatuh pada Rabu, 11 Agustus 2021, sesuai dengan SKB 3 Menteri Nomor 642 tahun 2020 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2021 yang ditandatangi 18 Juni 2021.

Muharam adalah bulan mulia dalam Islam. Julukannya adalah bulan Allah (syahrullah), yang mana umat Islam dianjurkan berpuasa Asyura dan Tasua pada 9-10 Muharam. Amalan puasa adalah ibadah yang khusus dipersembahkan kepada Allah SWT. Umat Islam yang berpuasa pada Muharam dianggap sudah berpuasa dengan amalan paling utama di sisi Allah SWT.

Hal ini tergambar dalam sabda Nabi Muhammad SAW: “Sebaik-baik puasa setelah Ramadan adalah puasa di bulan Allah, yaitu bulan Muharam,” (HR. Muslim)

Daftar Peristiwa Penting pada Muharam

Kemuliaan Muharam ini tidak lepas dari sejarahnya di masa silam. Banyak kejadian dalam sejarah Islam yang menunjukkan bahwasanya orang-orang saleh dan para nabi memperoleh pertolongan Allah di Muharam, sebagaimana dilansir NU Online.

Berikut ini daftar kejadian penting dalam sejarah Islam yang dirangkum dari berbagai sumber.

  • Pada bulan Muharam, taubat Nabi Adam AS diterima oleh Allah SWT.
  • Berlabuhnya kapal Nabi Nuh di bukit Zuhdi dengan selamat juga terjadi di Muharam, yakni usai dunia dilanda banjir yang menghanyutkan dan membinasakan sebagian besar manusia di Bumi. Nabi Nuh lalu berpuasa sebagai tanda syukurnya pada Allah.
  • Selamatnya Nabi Ibrahim AS dari siksa Namrud terjadi di Muharam. Siksa itu berupa nyala api, yang ternyata tidak membakar Nabi Ibrahim.
  • Pada bulan Muharam juga, Nabi Yusuf AS dibebaskan dari penjara kerajaan Mesir. Sebelumnya, Nabi Yusuf AS dipenjara karena fitnah yang menimpanya.
  • Peristiwa Nabi Yunus AS selamat dan keluar dari perut ikan besar yang menelannya pun terjadi di bulan Muharam.
  • Nabi Ayyub AS disembuhkan Allah dari penyakitnya juga pada bulan Muharam.
  • Pada bulan Muharam, Nabi Musa AS dan umatnya, kaum Bani Israil, selamat dari pengejaran Fir’aun di Laut Merah. Nabi Musa dan ratusan ribu umatnya selamat memasuki gurun Sinai untuk kembali ke tanah leluhur mereka.
  • Rasulullah SAW menikahi putri kepala kabilah Bani Nadhir, Shafiyyah binti Huyay pada Muharam. Kejadian ini menandai kemenangan umat Islam dalam perang Khaybar.
  • Pengangkatan Utsman bin Affan sebagai khalifah kaum muslimin pada Muharam 24 hijriah, menggantikan khalifah Umar bin al-Khattab.



Baca juga artikel terkait MUHARRAM atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight