Daftar Juara Community Shield Jelang Manchester City vs Liverpool

Oleh: Permadi Suntama - 1 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
MU jadi klub Liga Inggris peraih gelar Community Shield terbanyak sepanjang sejarah dengan 21 trofi sejak 1908.
tirto.id - Laga Manchester City vs Liverpool akan tersaji dalam Community Shield 2019/2020. Liverpool yang merupakan runner-up Liga Inggris 2018/2019 menantang Manchester City, juara Liga Inggris, FA Cup, dan Piala Liga Inggris atau trebble winners domestik musim lalu.

Menghadapi musim 2019/2020, sejumlah perbaikan telah dilakukan oleh kedua tim, terutama Manchester City, yang berambisi untuk berbicara lebih banyak di kompetisi Eropa. Pada bursa transfer musim panas 2019, The Citizens telah memecahkan rekor transfer klub untuk mendatangkan Rodry dari Atletico Madrid.

Sementara itu, Liverpool, yang musim lalu nyaris mengakhiri puasa gelar Liga Inggris di era Premier League, tidak terlalu banyak melakukan perubahan. Kendati demikian, anak asuh Jurgen Klopp ini tak bisa dipandang sebelah mata. Sejumlah pemain muda yang semakin matang, serta kebersamaan tim menjadi kekuatan utama Mohamed Salah dan kolega.

Musim lalu, dari 2 pertemuan di Liga Inggris, Manchester City berhasil menahan imbang Liverpool di Anfield dan menumbangkan The Reds saat bermain di Etihad Stadium. Kemenangan itu pun membuat The Citizens, menjadi satu-satunya tim yang mengalahkan Liverpool di Liga Inggris musim 2018/2019.

Kendati demikian, secara head-to-head anak asuh Pep Guardiola memiliki rekor yang tak begitu baik saat bertemu Liverpool. Dalam 5 pertemuan terakhir yang dilakoni keduanya, The Citizens, menderita 3 kali tumbang atas The Reds.

Sementara itu, dari 4 laga yang dilakoni Manchester City di pramusim, anak asuh Pep Guardiola, berhasil meraih 3 kemenangan dan menderita sekali kekalahan lewat adu penalti. Kendati demikian, lawan yang dihadapi Manchester City relatif mudah sehingga belum merepresentasikan kekuatan mereka musim ini.

Di lain pihak, Liverpool yang menjalani pramusim tanpa diperkuat sejumlah pemain andalan, menderita 3 kali kalah dan sekali imbang, serta meraih 3 kemenangan. Penampilan The Reds di pramusim cukup meyakinkan di awal saat menang atas Tranmere dan Bradford City.

Namun, saat mulai menghadapi kesebelasan kuat di Eropa, The Reds menderita 3 kali kekalahan. Antara lain dari Dortmund, Sevilla, dan Napoli. Kendati demikian, Liverpool berhasil meraih kemenangan di laga terakhir saat berhadapan dengan Lyon saat pemain utama mereka kembali diturunkan.

Tim Jawara Juara Community Shield

Manchester United menjadi klub Liga Inggris dengan trofi Community Shield terbanyak sepanjang sejarah. Klub yang bermarkas di Old Trafford itu sukses meraih 21 gelar dan merupakan tim pertama yang meraih trofi itu pada tahun 1908.

Sementara Liverpool menjadi klub peraih gelar terbanyak kedua dengan 12 trofi. Namun, terakhir kali mereka meraih trofi Community Shield terjadi pada musim 2006 dan baru meraih 2 gelar di era Premier League.

Pada edisi terakhir, Manchester City, berhasil menjadi juara Community Shield. Saat itu, Sergio Aguero dan kolega menang atas Chelsea dengan skor 2-0. Gelar itu pun menjadi yang kelima bagi The Citizens yang pertama kali meraihnya pada 1937.


Baca juga artikel terkait COMMUNITY SHIELD atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Permadi Suntama
DarkLight