Daftar Hp Samsung 2020 dengan Fitur NFC, Mid-Range Hingga Flagship

Oleh: Ibnu Azis - 26 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Hp Samsung NFC keluaran tahun 2020 bisa dijumpai di seri Galaxy A untuk mid-range, hingga Galaxy S di kelas flagship.
tirto.id - Fitur NFC (Near Field Communication) biasanya tersemat di smartphone kelas flagship, tetapi makin ke sini tersedia pula untuk perangkat kelas mid-range atau menengah. Samsung pun menyuntikkan pula fitur ini ke dua kelas smartphone tersebut.

NFC adalah protokol untuk menghubungkan dua perangkat elektronik yang berada dalam jarak dekat, paling jauh empat sentimeter. Dilansir laman Samsung, teknologi NFC sudah dikembangkan sejak akhir dekade 1900-an hingga awal tahun 2000-an.

Pada tahun 2010, Samsung meluncurkan perangkat Nexus S yang jadi smartphone Android pertama dengan fitur NFC. Meski fitur NFC identik dengan cek dan isi saldo kartu uang elektronik, fungsi yang ditawarkan lebih dari itu.


Fungsi NFC

Salah satu fitur NFC yang paling populer adalah untuk cek atau isi saldo kartu uang elektronik yang diterbitkan oleh sejumlah bank di Indonesia. Kartu ini macam untuk naik Transjakarta, Commuterline, MRT atau membayar biaya jalan tol.

Fungsi lain dari NFC yang tak kalah penting yaitu memasangkan dua perangkat untuk bertukar data, tak hanya antar-ponsel, tetapi juga perangkat lain, macam mesin pencetak, termasuk perangkat audio.

Pada era serba digital, NFC dapat diandalkan sebagai perantara pembayaran dalam aplikasi pembayaran seperti Paypal atau Samsung Pay. Cukup dengan mendekatkan ponsel ke terminal saat transaksi.

Penggunaan NFC relatif aman lantaran ponsel harus berada dalam jarak dekat dengan terminal. Cukup merepotkan bila ada yang berniat membajak transaksi lantaran dia harus berada dalam jarak dengan dengan ponsel pembayar.

Selain itu, NFC juga membutuhkan validasi berupa PIN atau sidik jari sebagai pengamanan.


Hp Samsung 2020 dengan fitur NFC

Seperti disinggung di awal, Samsung menanamkan fitur NFC tak hanya ke ponsel premium atau flagship tetapi juga ke kelas menengah. Berikut daftar hp Samsung keluaran tahun 2020 yang tertanam fitur Near Field Communication tersebut:

  • Samsung Galaxy Fold
  • Samsung Galaxy Z Flip
  • Samsung Galaxy S20
  • Samsung Galaxy S20+
  • Samsung Galaxy S20 Ultra
  • Samsung Galaxy S10 Lite
  • Samsung Galaxy Note 10 Lite
  • Samsung Galaxy A71
  • Samsung Galaxy A51
  • Samsung Galaxy A31

Yang perlu digawarisbawahi adalah NFC bukan protokol untuk transfer data melainkan menyambungkan dua perangkat. Adapun untuk transfer data dapat memanfaatkan konektivitas nirkabel lain macam Bluetooth atau WiFi.


Baca juga artikel terkait SAMSUNG atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight