Daftar Hp Android dengan Fitur NFC Harga Kurang dari Rp3 Juta

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 24 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Smartphone Android dengan fitur NFC harga kurang dari Rp3 juta: Asus Zenfone 5 dan Zenfone 5Q, Nokia 4.2 dan 3.1 Plus.
tirto.id - Asus Zenfone 5 dan Zenfone 5Q, Nokia 4.2 dan 3.1 Plus, merupakan beberapa smartphone Android tertanam fitur Near Field Communication atau NFC yang ditawarkan ke konsumen dengan harga kurang dari Rp3 juta.

NFC merupakan salah satu fitur unggulan yang biasanya dimiliki oleh smartphone Android kelas menengah ke atas. NFC adalah protokol komunikasi yang memungkinkan dua perangkat elektronik terhubung untuk kebutuhan tertentu.

Fungsi NFC di smartphone memiliki banyak tugas, seperti transfer berkas antarperangkat, transaksi nontunai atau menggunakan uang digital, cek saldo e-money, dan bahkan dapat digunakan untuk terhubung ke perangkat nirkabel seperti speaker.

Ponsel Android dengan NFC tak selalu dijual dengan harga mahal kendati umumnya fitur ini hanya dimiliki smartphone kelas atas. Berikut ini daftar smartphone tertanam fitur NFC dengan harga kurang dari Rp3 juta yang layak untuk dipertimbangkan.


Asus Zenfone 5

Asus Zenfone 5 merupakan salah satu ponsel dengan fitur NFC yang cukup populer. Ponsel ini tampil dengan desain kekinian berkat layar sentuh 'berponi' 6,2 inci beresolusi FHD+ dan dilindungi oleh lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass.

Kinerja Asus Zenfone 5 dapat diandalkan berkat chipset Qualcomm Snapdragon 636 berkonsep octa-core kecepatan 1,8GHz yang ditandemkan dengan RAM 4GB. Kemampuan Zenfone 5 dalam memainkan game juga memadai berkat kartu grafis dari Adreno 509. Smartphone ini dibekali memori internal berkapasitas 64GB yang bisa diperluas melalui slot microSD.

Harga Asus Zenfone 5 saat ini Rp2,9 juta (64GB).

Asus Zenfone 5Q

Asus Zenfone 5Q merupakan smartphone NFC yang kurang tenar, tetapi sebenarnya layak dipertimbangkan. Spesifikasi Asus Zenfone 5Q sebenarnya cukup bersaing dengan mengandalkan dua kamera belakang masing-masing memiliki resolusi 16MP + 8MP (wide-angle) yang didukung fitur PDAF.

Kamera depan Asus Zenfone 5Q juga ganda, masing-masing 20MP dan 8MP (wide-angle). Spesifikasi ponsel ini terbilang mumpuni di kelas menengah berkat chipset Snapdragon 630 octa-core dan didukung RAM berkapasitas 4GB. Harga Asus Zenfone 5Q saat ini berada di kisaran Rp2 jutaan.


Nokia 4.2

Smartphone menengah Nokia 4.2 mengandalkan layar sentuh berukuran 5,71 inci resolusi HD+ tipe IPS. Saat diperkenalkan, Nokia 4.2 sudah menjalankan sistem operasi Android 9.0 Pie. Ponsel ini masuk dalam program Android One yang mendapat jaminan update hingga 2 tahun.

Kinerja Nokia 4.2 terbilang bersaing di kelasnya berkat sokongan chipset Qualcomm Snapdragon 439 berkonsep octa-core dengan kecepatan 2GHz. Dapur pacu ini dipadukan memori RAM sebesar 3GB. Kemampuan ponsel ini untuk bermain game cukup baik di kelas menengah berkat dukungan GPU Adreno 505. Harga Nokia 4.2 Rp2.399.000.

Nokia 3.1 Plus

Smartphone Nokia 3.1 Plus saat ini dijual dengan harga Rp1,9 juta. Ponsel ini tampil dengan antarmuka Android murni karena merupakan bagian dari platform Android One. Selain itu, ponsel andalan HMD Global ini sudah mengusung layar 18:9 tanpa 'poni'.

Nokia 3.1 Plus ditenagai oleh chipset MediaTek Helio P22 yang mengusung prosesor octa-core dengan kecepatan 2GHz dan dipadukan memori RAM sebesar 3GB. Kemampuan ponsel ini untuk bermain game cukup memadai dengan dukungan GPU PowerVR GE8320.

Masih banyak smartphone Android dengan fitur NFC beredar di pasaran selain yang telah disebutkan di atas. Namun, harganya juga tak murah. Ponsel Android lainnya dengan fitur serupa, misalnya Samsung Galaxy A9 (Rp8 jutaan), OPPO R17 Pro (Rp9 jutaan), atau Huawei P20 Pro (Rp12 jutaan).

Jika sejak awal hanya butuh fitur NFC-nya saja, mengapa harus membeli perangkat mahal?


Baca juga artikel terkait NFC atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight