Daftar Harta Kekayaan Gibran Rakabuming, dari Tanah hingga Mobil

Oleh: Yantina Debora - 25 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Gibran Rakabuming memiliki harta kekayaan sebanyak Rp21,15 miliar yang terdiri dari 5 tanah dan bangunan, 3 motor hingga 5 mobil menurut LHKPN.
tirto.id - Gibran Rakabuming, calon Wali Kota Surakarta telah melaporkan kekayaannya yang bisa dicek melalui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Berdasarkan LHKPN, harta kekayaan anak Presiden Joko Widodo ini adalah Rp21,15 miliar. Dalam laporan tersebut, Gibran tercatat memiliki lima tanah dan bangunan di Surakarta dan Sragen.

Tanah dan bangunan pertama di Surakarta senilai Rp6 miliar dan disebut merupakan hasil sendiri. Harga tanah da bangunan kedua di Sragen senilai Rp2,6 miliar dan juga merupakan hasil sendiri.

Ketiga, tanah dan bangunan di Sragen senilai Rp2,6 miliar dan juga hasil sendiri. Tanah dan bangunan keempat milik Gibran berlokasi di Surakarta dengan nilai Rp1,5 miliar.

Terakhir, Gibran memiliki tanah dan bangunan di Surakarta senilai Rp700 juta. Semua harta ini disebut merupakan hasil sendiri dari pria kelahiran 1987 ini. Total harta Gibran dari tanah dan bangunan ini mencapai RP13,4 miliar.

Selain itu, ayah dari Jan Ethes Srinarendra ini juga memiliki 3 motor dan 5 mobil. Motor Gibran terdiri dari Honda Scoopy, Honda CB-125 dan Royal Enfield.

Sementara mobil Gibran terdiri dari dua Toyota Avanza, Isuzu Panther, Daihatsu Grand Max dan Mitsubishi Pajero Sport.

Gibran juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp260 juta. Kas dan setara kas senilai Rp2,1 miliar serta harta lainnya Rp5,5 miliar.

Namun giran tercatat memiliki utang sebanyak Rp895 juta sehingga total kekayaannya Rp21.125.180.130.

Gibran Rakabuming Raka akan maju dalam Pilkada 2020. Ia bersama Teguh Prakosa dan Bagyo Wahyono-FX Supardjo telah ditetapkan sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta pada Pilkada 2020.

"Hal ini, sesuai Nomor.77/PL.02.3-Kpt/3372/KPU-Kot/IX/2020 tentang Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta 2020," kata Ketua KPU Surakarta Nurul Sutarti, Rabu (23/9/2020).

Nurul memastikan penetapan kedua paslon peserta Pilkada Surakarta ini telah dibuat berita acara dan akan diserahkan langsung kedua paslon Gibran-Teguh dan Bajo serta timnya dan juga kepada Bawaslu.

Gibran Rakabuming Raka adalah putra sulung dari Joko Widodo. Sejak kecil Gibran menetap di Solo, tetapi pindah ke Singapura untuk melanjutkan sekolah setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) pada tahun 2002 di Orchid Park Secondary School, Singapura.

Selanjutnya pada tahun 2007 Gibran lulus dari Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan melanjutkan studinya ke University of Technology Insearch, Sydney, Australia hingga lulus di tahun 2010.

Ia menjabat sebagai ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo. Sejak Desember 2010, ia membuka usaha katering yang diberi nama Chilli Pari.

Pada 11 Juni 2015, Gibran menikahi mantan putri Solo yang bernama Selvi Ananda. Selvi lahir di Surakarta, 9 Januari 1989. Pada 10 Maret 2016, Selvi melahirkan seorang anak laki-laki yang dinamai Jan Ethes Srinarendra.


Baca juga artikel terkait PILKADA 2020 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight