Daftar Harga Xpander Bekas dan Baru Per September 2019

Oleh: Wisnu Amri Hidayat - 5 September 2019
Dibaca Normal 3 menit
Daftar harga Mitsubishi Xpander baru maupun yang bekas per September 2019
tirto.id - Harga Misubishi Xpander baru dibanderol mulai Rp210,3 juta. Sementara harga Xpander bekas mulai dari Rp185 juta untuk Seri GLX transmisi Manual.

Misubishi Xpander hadir untuk memnuhi kebutuhan akan sebuah mobil yang dapat mengangkut anggota keluarga antara 5 - 7 orang, punya ruang bagasi yang besar, serta sering wira-wiri bepergian untuk liburan.

Xpander termasuk dalam jenis MPV (Multi Purpose Vehicle) atau kategori mobil yang memiliki jumlah seat yang lebih banyak (7 kursi) dibanding mobil-mobil berkonsep city car atau sektor mobil hatchback (4-5 kursi).

Selain memiliki kelebihan di sisi jumlah seat, bagasi yang dimiliki mobil MPV pun juga menyediakan ruang yang cukup besar untuk diisi barang-barang. Volume bagasi ini pun bisa diperluas apabila Anda melipat kursi belakang. Karena itu, MPV akan lalu lalang di jalanan ketika libur akhir pekan atau saat mudik.

Spesifikasi Mitsubishi Xpander

  • Dimensi dan Kaki-kaki

Seri Mitsubishi Xpander yang diluncurkan di Jakarta pada 24 Juli 2017 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang punya 5 pilihan tipe, yaitu GLX Manual, GLS Manual / Automatic, Exceed Manual / Automatic, Sport Manual / Automatic, dan yang tertinggi, tipe Ultimate.

Secara dimensi, seluruh varian Xpander pabrikan tiga berlian itu memiliki dimensi yang relatif sama, yaitu memilki panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.700 mm, dengan jarak sumbu antar roda/wheelbase sepanjang 2.775 mm, dan jarak terendah dengan tanah yang mencapai 205 mm.

Perbedaan kecil hanya ditemui pada seri GLX dan GLS yang berbeda 5 mm di bagian tinggi dan juga ground clearance. Selebihnya, seluruh varian Xpander dalam segi dimensi identik satu dengan lainnya.

Sementar itu, beralih ke bagian kaki-kaki yang disematkan oleh Mitsubishi pada seri Xpander kali ini. Mitsubishi membekali Xpander dengan suspensi depan Macpherson Strut dan suspensi belakang menggunakan Torsion Beam, dua pasangan suspensi yang jamak dipadukan dalam mobil di pasar Indonesia.

Di bagian samping, terutama pada bagian roda, Xpander memiliki roda dengan ukuran 205/55 Radial 16 inci untuk varian Ultimate, Sport, dan Exceed. Sementara untuk seri GLX dan GLS dibekali dengan ban berukuran 185/65 Radial 15inci. Untuk sektor pengereman, seluruh varian Xpander menggunakan kombinasi Disc Brake dan Drum Brake untuk bagian depan dan belakang.

  • Mesin

Pabrikan Mitsubishi membekali varian Xpander-nya dengan mesin bertipe 4A91 dengan kapasitas 1.500 cc MIVEC DOHC (Double Over Head Camshaft) dengan 16 katup yang menghasilkan daya maksimal sebesar 77 Kw/6000 rpm yang dapat menghasilkan tenaga sekitar 105 horsepower, dengan angka torsi 141 Nm.

Untuk ukuran low MPV, angka 105 merupakan angka yang sedikit dibawah ekspektasi, apalagi jika Anda melirik mesin Toyota Avanza dan Honda Mobilio yang sanggup mengeluarkan power diatas Xpander dengan angka 107 dan 110 tenaga kuda dengan kapasitas mesin yang sama.

  • Fitur Mitsubishi Xpander

Untuk bagian pengereman pada Xpander, wilayah ini sudah mendapat perhatian khusus dari Mitsubishi dengan beberapa fitur yang pastinya mempermudah pengemudi dan memberi rasa aman pada pengemudi.

Terdapat Anti-Lock Braking System (ABS), yaitu sistem pengereman yang mencegah penguncian roda ketika terjadi pengereman secara mendadak. Selain ABS, ada juga Brake Assist (BA) dan juga Electronic Brake Force Distribution (EBD).


Fitur Brake Assist (BA) ialah, sebuah sistem yang akan menambah tenaga pengereman pada saat pengemudi menginjak rem. Sistem BA diciptakan karena banyaknya kecelakaaan yang terjadi akibat pengemudi panik sehingga berujung pada injakan pedal rem yang terlambat dan tidak dalam.

BA akan membaca apakah pengemudi menginjak pedal rem dalam kondisi panik ataukah tidak, jika terbaca sebagai sebuah tindakan panik, BA akan otomatis menambah power sehingga rem akan tetap pakem meski tak diinjak secara dalam.

Electronic Brake Force Distribution (EBD) adalah fitur yang akan membagi kekuatan rem kepada keempat ban secara merata sesuai dengan kebutuhannya. Keempat ban tentu memiliki peran yang berbeda tergantung pada medan ataupun jalan yang dilewati. Dengan sistem ini, tenaga pengereman yang diberikan akan sesuai dan menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Harga Mitsubishi Xpander Baru

Dalam situs resminya, Mitsubishi Xpander membanderol harga mobilnya bervariasi tergantung tipe dan transmisi yang digunakan, berikut rinciannya untuk OTR Jakarta:

1. Mitsubishi Xpander Seri GLX transmisi Manual dibanderol dengan harga Rp210,3 juta.

2. Mitsubishi Xpander Seri GLS transmisi Manual dibanderol dengan harga Rp226,8 juta.

3. Mitsubishi Xpander Seri GLS transmisi Otomatis dibanderol dengan harga Rp237,8 juta.

4. Mitsubishi Xpander Seri Exceed transmisi Manual dibanderol dengan harga Rp233,8 juta.

5. Mitsubishi Xpander Seri Exceed transmisi Otomatis dibanderol dengan harga Rp244,2 juta.

6. Mitsubishi Xpander Seri Sport transmisi Manual dibanderol dengan harga Rp246,4 juta.

7. Mitsubishi Xpander Seri Sport transmisi Otomatis dibanderol dengan harga Rp256,4 juta.

8. Mitsubishi Xpander Seri Ultimate transmisi Otomatis dibanderol dengan harga Rp265,1 juta.

Sementara bagi Anda yang ingin membeli Mitsubishi Xpander bekas di OLX, Carmudi, dan mobil123, pantauan harga Mitsubishi Xpander per September 2019 di daerah Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur ialah:

1. Mitsubishi Xpander Seri GLX transmisi Manual dibanderol dengan harga Rp 170 juta hingga Rp185 juta.

2. Mitsubishi Xpander Seri GLS transmisi Manual dibanderol dengan harga Rp190 juta hingga Rp210 juta.

3. Mitsubishi Xpander Seri GLS transmisi Otomatis dibanderol dengan harga di kisaran Rp220 juta.

4. Mitsubishi Xpander Seri Exceed transmisi Manual dibanderol dengan harga Rp195 juta hingga Rp220 juta.

5. Mitsubishi Xpander Seri Exceed transmisi Otomatis dibanderol dengan harga Rp200 juta hingga Rp230 juta.

6. Mitsubishi Xpander Seri Sport transmisi Manual dibanderol dengan harga Rp210 juta hingga Rp235 juta.

7. Mitsubishi Xpander Seri Sport transmisi Otomatis dibanderol dengan harga Rp215 juta hingga Rp240 juta.

8. Mitsubishi Xpander Seri Ultimate transmisi Otomatis dibanderol dengan harga Rp235 juta hingga Rp245 juta.


Baca juga artikel terkait MITSUBISHI XPANDER atau tulisan menarik lainnya Wisnu Amri Hidayat
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Wisnu Amri Hidayat
Penulis: Wisnu Amri Hidayat
Editor: Yantina Debora
DarkLight