Daftar Harga Rapid Test di Bawah Rp150 Ribu, PT KAI hingga Lion Air

Oleh: Putri Avi Nursasi - 26 Oktober 2020
Dibaca Normal 2 menit
Berikut ini daftar penyelenggara rapid test yang mematok harga di bawah Rp150 ribu.
tirto.id - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan menetapkan batasan tarif pemeriksaan rapid test sebesar Rp150 ribu. Penetapan tarif tersebut telah berlaku sejak 6 Juli 2020.

Dalam surat bernomor HK.02.02/1/2875/2020 tersebut, salah satu modalitas dalam penanganan Covid-19 di Indonesia adalah menggunakan rapid test antigen.

Rapid test adalah salah satu metode skrining untuk mengetahui seseorang terinfeksi virus corona atau tidak.

Surat Edaran ini juga merupakan regulasi yang dibuat pemerintah guna menyamakan harga rapid test bagi masyarakat di seluruh tanah air yang ingin memeriksakan antibodi secara cepat.

Penetapan harga rapid test ini dikarenakan adanya variasi harga yang beredar yang dapat membuat masyarakat bingung. Serta, regulasi mengenai penetapan harga rapid test juga merupakan upaya pemerintah untuk menghindari adanya komersialisasi yang dilakukan pihak pelayanan kesehatan.

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan dr. Bambang Wibowo juga mengatakan besaran tarif tersebut berlaku untuk masyarakat yang melakukan pemeriksaan rapid test atas permintaan sendiri. Selain itu pemeriksaan harus dilakukan oleh tenaga kesehatan.

Daftar harga Rapid Test di Bawah Rp150 Ribu

Meski sudah turun Surat Edaran penetapan harga untuk melakukan Rapid Test, beberapa instansi, klinik hingga rumah sakit ini menawarkan harga Rapid Test di bawah harga Rp 150 rb.

1. Rapid Test dari PT KAI

PT Kereta Api Indonesia (KAI) bekerjasama dengan PT Rajawali Nusindo melakukan kerjasama penyediaan Fasilitas Rapid Test di di 12 stasiun besar di Indonesia.

Ke-12 stasiun itu adalah Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bandung, Stasiun Cirebon, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Purwokerto, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Madiun, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi, dan Stasiun Malang, Pelayanan buka mulai pukul 07.00 hingga 19.00 WIB.

Harga Rapid Test: Rp85.000,- per orang.

2. Rapid Test dari Lion Air

Member of Lion Air Group memberikan informasi terkini mengenai layanan terbaru yakni menawarkan metode uji kesehatan skrining awal dan cepat (Rapid Test Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)) khusus kepada penumpang Lion Air Group.

Layanan ini tersedia di 4 tempat yaitu Kantor Pusat Lion Air Tower, Kantor Lion Air Group, Kantor Pusat Lion Parcel Pusat, dan Kantor Lion Operation Center (LOC). Pelaksanaan operasional sesuai dengan jam kantor, yakni Senin – Jumat pukul 08.30 – 16.30 waktu setempat, Sabtu 08.30 – 12.00 waktu setempat. Untuk Minggu dan libur nasional tidak melayani atau tutup.

Tahap berikutnya, layanan Lion Air Group Rapid Test Covid-19 akan segera dan terus dikembangkan dan dilaksanakan di kota-kota lain, antara lain di kantor penjualan tiket (Ticketing Sales Office) serta bandar udara – bandar udara di wilayah Indonesia.

Harga Rapid Test: Rp95.000,- per orang.

3. Rapid Test dari Rumah Sakit Sumber Waras

RS.Sumber Waras Jakarta telah menyediakan program paket MCU Screening Rapid Test untuk masyarakat yang ingin mengetahui apakah telah terindikasi oleh virus Corona atau tidak.

Layanan ini akan ditangani oleh dr. [RT-PCR] Debora Nurhadi, Sp.PK setiap hari Senin - Sabtu pukul 08:00 - 14:00 WIB.

Harga Rapid Test: Rp135.000,- per orang.

4. Rapid Test dari Rumah Sakit Primaya Hospital

RS Primaya Hospital menyediakan berbagai pilihan pemeriksaan Covid-19 sesuai dengan kebutuhan Anda! Sebelum memilih paket pemeriksaan Covid-19.

Layanan ini bernama PAKET HEMATOLOGI LENGKAP, ini merupakan pemeriksaan penunjang Covid-19 berupa hematologi lengkap (Rutin + Diff Count + LED) dengan melalui pembuluh darah vena.

Pemeriksaan ini dapat dilakukan dengan rujukan dari dokter Primaya Hospital ataupun rujukan dari klinik atau rumah sakit lain. Harga tersebut tidak termasuk biaya konsultasi dokter.

Harga Paket Hemotologi Test: Rp143.000,- per orang.

5. Rapid Test dari Rumah Sakit PDHI di JOGJA

RSIY PDHI melayani rapid test dengan mekanisme drive thru yang dinilai lebih aman, nyaman dan mudah untuk melakukan pemeriksaan Covid-19.

Setelah dilakukan rapid test terhadap sampel darah Anda, hasilnya dapat keluar dengan cepat, kurang dari 1 jam.

Waktu Layanan rapid test ini tersedia pada hari Senin-Sabtu Jam 08.00-17.00 WIB, terletak di Halaman UGD RSIY PDHI Jalan Solo Km 12,5 Kalasan Sleman, Yogyakarta.

Harga Rapid Test: Rp130.000,- per orang.

6. Rapid Test dari Drive Thru COVID-19 Cibis by Klinik Tridatama

Drive Thru COVID-19 Test at CIBIS Park merupakan pelayanan spesial dari Halodoc yang mencoba memenuhi kebutuhan masyarakat akan pemeriksaan Kesehatan dalam hal ini layanan tes pemeriksaan COVID-19.

Harga Rapid Test: Rp99.000,- per orang.

7. Rapid Test dari RS UniMedika Sepatan Tangerang

RS UniMedika melayani rapid test dengan beberapa pilihan yaitu Rapid Test, Rapid Test + Konsultasi, dan Rapid Test Prime.

Waktu Layanan rapid test ini tersedia pada hari Senin-Sabtu Jam 12.00-13.00 WIB, terletak di No.3, Jl. Raya Pakuhaji, Sepatan, Kec. Sepatan, Tangerang, Banten.

Harga Rapid Test: Rp115.000,- per orang.

8. Rapid Test dari Klinik Utama Jasa Prima

Klinik Utama Jasa Prima menyediakan layanan rapid test yaitu metode untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Corona. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus Corona.

Waktu Layanan rapid test ini tersedia pada hari Senin-Sabtu Jam 13.00-17.00 WIB, terletak di Jl. Pilang Raya, Pilangsari, Kedawung, Cirebon, Jawa Barat.

Harga Rapid Test: Rp99.000,- per orang.


Baca juga artikel terkait DAFTAR BIAYA RAID TES DI BAWAH RP150 RIBU atau tulisan menarik lainnya Putri Avi Nursasi
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Putri Avi Nursasi
Penulis: Putri Avi Nursasi
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight