Daftar Harga Honda Jazz Bekas dan Baru per September 2019

Oleh: Wisnu Amri Hidayat - 3 September 2019
Dibaca Normal 2 menit
Harga mobil bekas Honda Jazz per September 2019 bervariasi, tergantung tipe, kondisi mesin, tahun produksi, dan lain sebagainya.
tirto.id - Harga Honda Jazz bekas per September 2019 bervariasi, dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kondisi mesin mobil, tipe kendaraan, jarak yang telah ditempuh, tahun produksi, dan lain sebagainya. Setali tiga uang, untuk harga Honda Jazz baru juga beragam, tergantung tipe dan transmisinya.

Mobil bekas dapat jadi alternatif untuk tetap memiliki kendaraan roda empat namun tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam seperti pada mobil tangan pertama. Didasari atas hal ini, maka tak jarang pangsa pasar mobil bekas segmentasinya tak kalah ramai dengan pasar mobil keluaran terbaru.

Salah satu primadona dalam pangsa pasar mobil bekas ialah Honda Jazz yang telah mengaspal sejak 2001. Honda Jazz masih menjadi incaran bahkan pada segmentasi pasar bekas lantaran interiornya lebih luas dibanding mobil sejenis.

Hal ini bisa terjadi karena Honda memindahkan tangki bensinnya ke bagian bawah kursi penumpang depan. Sehingga, rangka bagian belakang masih menyimpan banyak space kosong dan bisa dimanfaatkan penggunanya.


Spesifikasi Honda Jazz

Honda Jazz atau yang dipasarkan di Jepang dengan merek Honda Fit, adalah mobil keluarga yang memiliki 5 pintu, dengan mesin di depan. Mobil ini bergaya hatchback atau yang lebih familiar disebut sebagai sedan.

Bisa dibilang, Honda Jazz merupakan tulang punggung dari pemasukan Honda di pasar mobil sedan, sebagaimana laporan Wall Street Journal, yang mencatat hingga pertengahan 2013, Honda Jazz laku hampir 5 juta unit di seluruh dunia.

Honda Jazz sendiri sudah beberapa kali diproduksi ulang sejak pertama kali dirilis pada 2001. Adapun generasi kedua mengaspal pada 2007 dan 2013, sementara generasi ketiga dirilis di Jepang pada 6 September 2013.

Pada generasi kali ini, Honda membekali Jazz dengan beberapa peningkatan, seperti mesin 1,5 L SOHC silinder segaris dan 16 katup i-VTEC + DBW pada bagian dapur pacu.

Pada bagian dapur pacunya dibekali dengan sistem bahan bakar PGM-FI (Programmed-Fuel Injection) yang memiliki tenaga hingga 88Kw (120 PS) di putaran 6.600 rpm dan juga torsi maksimal di angka 145 Nm di 4.800 rpm.

Selain itu, Honda Jazz memiliki Bore x Stroke 73 mm x 89,4 mm dibekali mesin dengan volume 1.497 cc yang menghasilkan perbandingan kompresi 10,3:1.


Honda Jazz generasi ketiga memiliki dua varian, yaitu Honda Jazz S untuk kelas family car dan Honda Jazz RS untuk pasar mobil sport. Namun, ada juga varian yang lebih murah lagi, yaitu tipe A yang merupakan model S keluaran lama. Tipe ini diberi beberapa perubahan pada bagian pelek, audio, dan juga fitur yang dimiliki.

Sementara, untuk varian S dan RS, keduanya memiliki dimensi atau ukuran yang berbeda. Honda Jazz S memiliki dimensi 3.955 mm x 1.694 mm x 1.524 mm, sedangkan Honda Jazz RS berdimensi 4.035mm x 1.694 mm x 1.524 mm.

Untuk varian S dan RS yang dirilis di pasar Indonesia, Honda memberikan dua pilihan bagi konsumen dengan opsi transmisi manual dan opsi transmisi matic. Dalam situs web resminya, Honda Indonesia membanderol varian Jazz sebagai berikut:

  • Honda Jazz S Transmisi Manual Rp239 juta
  • Honda Jazz S Transmisi Otomatis Rp249 juta
  • Honda Jazz RS Transmisi Manual Rp269,8 juta
  • Honda Jazz RS Transmisi Otomatis Rp279,8 juta

Selain melalui dealer Honda terdekat, konsumen tetap bisa memiliki Honda Jazz dengan harga lebih murah apabila dalam kondisi bekas atau dari tangan kedua. Tetapi, perlu diperhatikan pula bahwa ada beberapa faktor yang memengaruhi banderol harga, seperti tipe, tahun, dan juga jarak yang telah ditempuh.

Merangkum informasi situs web jual beli populer OLX, Selasa (3/9/2019), berikut daftar harga mobil bekas merek Honda Jazz keluaran 2014 ke atas di Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur:

  • Honda Jazz S Transmisi Manual antara Rp135 juta hingga Rp200 juta
  • Honda Jazz S Transmisi Otomatis antara Rp150 juta hingga Rp210 juta
  • Honda Jazz RS Transmisi Manual antara Rp180 juta hingga Rp235 juta
  • Honda Jazz RS Transmisi Otomatis antara Rp190 juta hingga Rp240 juta


Baca juga artikel terkait HONDA JAZZ atau tulisan menarik lainnya Wisnu Amri Hidayat
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Wisnu Amri Hidayat
Penulis: Wisnu Amri Hidayat
Editor: Ibnu Azis
DarkLight