Daftar Game Offline Android Terbaik 2022 Bikin Tidak Boros Kuota

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 30 Sep 2022 06:30 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Terdapat sejumlah game Android terbaik 2022 yang dapat dimainkan tanpa terhubung internet. Apa saja game-game tersebut? Temukan secara lengkap di sini.
tirto.id - Daftar game offline Android 2022 berikut ini berisi sejumlah permainan yang dapat Anda mainkan tanpa perlu perangkat terhubung dengan internet sehingga tidak boros kuota data.

Game
pada android umumnya memerlukan internet aktif ketika dimainkan. Kebutuhan akses data ini diperlukan untuk berbagai kebutuhan selama game dimainkan. Bagi developer game, hal tersebut menjadi sangat penting.

Dikutip dari Best Smartphone Games, berbagai aktivitas yang berlangsung saat game dimainkan dengan internet aktif antara lain melakukan validasi dalam menampilkan dan melacak iklan, mengaktifkan pembelian pada aplikasi hingga melacak penggunaan data. Akses internet juga dipakai untuk mengunduh pembaruan dan konten terbaru, serta membantu pengembang dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi pemain secara real time.

Hanya saja, pemakaian data internet untuk setiap game memiliki besaran yang tidak sama. Jenis game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), seperti MLBB dan PUBG, memerlukan kebutuhan data dengan besaran tertentu untuk beberapa menit penggunaan.

Laman Evdodeputos menjelaskan, game PUBG menggunakan data internet sebanyak 15-50MB untuk rentang waktu per 20-30 menit. Pemakaian data antarpemain berlainan sesuai pengaturan game yang mereka lakukan. Jika saat menggunakan PUBG pemakaian chat atau obrolan, data yang diperlukan bisa 100 persen lebih banyak.

Begitu pula saat bermain Mobile Legend Bang Bang. Game MLBB ini perlu sekira 10-15MB dalam sekali pertandingan. Pada penggunaan selama satu jam kurang lebih menghabiskan 30-40 MB data internet.


Daftar Game Offline Android Terbaik 2022


Di samping itu, ada sebagian game Android menarik yang bisa dimainkan tanpa perlu menggunakan akses internet secara kontinyu. Dengan demikian, pemakaian kuota internet jauh lebih irit.

Game-game offline tersebut telah tersedia di Play Store. Berikut beberapa game offline yang dapat dicoba menurut laman Android Headlines:

1. Pirate Outlaw

Pirate Outlaws merupakan game berbasis kartu yang menuntut pemain agar bisa mengalahkan bajak laut. Pemain dapat menggunakan kartu yang dimilikinya untuk menyerang. Kekuatan serangan tergantung pada jenis kartu yang didapatkan.

Game ini dijual seharga 1 dolar AS dan tidak ada lagi biaya lain dalam aplikasi. Ukuran game 174MB dan memiliki peringkat rata-rata di Google Play dengan skor 4,5 dari 5 bintang.

2. Hex

Hex adalah game teka-teki sederhana. Pemain diminta menyusun ulang beberapa bagian potongan agar menjadi sebuah bentuk tertentu. Bentuk tersebut berupa garis bersambung yang terbagi ke beberapa bagian dan perlu diputar agar menjadi pola yang benar.

Game ini bisa diunduh gratis dengan ukuran 128MB. Di dalamnya terdapat opsi pembelian bagi pemain. Peringkatnya di Google Play 4,7 dari 5 bintang.

3. Whatcraft

Whatcraft adalah gim aksi 2 dimensi yang mengajak pemain mengumpulkan bahan untuk membuat baju besi dan senjata. Keduanya dipakai dalam berperang melawan musuh. Tampilannya seperti game Minecraft namun lebih mudah dimainkan.

Whatcraft dapat diunduh secara gratis. Game ini memiliki ukuran cukup kecil yaitu 32MB. Peringkatnya saat ini di Google Play 4,1 dari 5 bintang.

4. They Are Coming: Zombie Defense

They Are Coming: Zombie Defense adalah game 2 dimensi yang menempatkan pemain sebagai orang yang sendirian untuk bertahan hidup dari serangan gerombolan zombie. Pemain hanya dibekali ragam senjata yang terbatas. Saat bermain, pemain dapat sekalian mengumpulkan uang yang dipakai untuk membeli senjata lebih canggih.

Game berukuran 69MB tersebut memiliki peringkat Google Play 4,6 dari 5 bintang. Game bisa diunduh gratis tapi ada opsi pembelian di dalamnya.

5. ExoMiner

ExoMiner merupakan game dengan tema futuristik yang memungkin pemain melakukan penambangan material di planet asing. Tujuan utamanya agar menghasilkan uang sebanyak-banyaknya dan melakukan upgrade usaha. Semakin banyak hasil tambang yang didapat, maka uang akan menumpuk dengan melakukan transaksi penjualan.

ExoMiner memiliki peringkat Google Play 4,5 dari 5 bintang. Game bisa diunduh dengan ukuran 58MB secara gratis. Ada opsi pembelian di dalamnya jika pemain ingin membeli sesuatu.


Baca juga artikel terkait GAME ANDROID atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Ibnu Azis

DarkLight