Daftar Fitur Dashcam Mobil dan Fungsi Pemasangannya

Oleh: Adrian Samudro - 23 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Ada sejumlah jenis fitur dashcam mobil dengan berbagai beragam fungsi yang memenuhi kebutuhan pemilik kendaraan.
tirto.id - Aksesoris mobil kebanyakan memang hanya berperan sebagai pelengkap atau penghias. Namun, sebagian aksesoris berguna untuk sejumlah hal penting, termasuk mencegah tindak kriminal.

Salah satunya ialah dashboard camera (dashcam). Alat ini bekerja laiknya kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV) yang bisa merekam kondisi jalanan selama mengemudi.

Terdapat beberapa jenis dashcam yang dapat digunakan sebagai alat bantu pengawasan terhadap mobil, seperti menghadap ke bagian jalan (depan mobil) atau arah sebaliknya (belakang mobil).

Kedua jenis dashcam memiliki fungsi yang cukup mirip terutama ketika terjadi tabrakan. Dashcam ini bisa menjadi alat bukti jika dua atau beberapa pihak saling menyalahkan atas kejadian itu.

Hasil rekaman tersebut juga biasanya digunakan oleh pihak asuransi sebagai data pendukung guna penyelidikan penyebab kecelakaan ketika sang pemilik melakukan klaim.

Seiring berkembangnya teknologi, dashcam memiliki fitur beragam yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap penggunanya. Semakin canggih, semakin mahal pula harga yang ditawarkan.

Misalnya, internet. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat terhubung dengan dunia luar secara cepat yang memungkinkannya mencegah dan melaporkan segala bentuk peristiwa, termasuk tindak kriminal, kepada pihak berwenang melalui perangkat ponsel atau laptop yang terhubung.

Berkat internet, dashcam pun dapat dilengkapi fitur GPS atau Global positioning system. Dengan fitur GPS, pemilik mobil dapat mengetahui dan melacak posisi kendaraannya ketika dipinjam atau disewakan. Posisi mobil bisa diketahui melalui laptop atau ponsel yang terhubung internet.

Sejumlah jenis dashcam juga telah dilengkapi dengan mikrofon. Ada pula dashcam yang memiliki fitur night vision guna merekam di kegelapan malam dengan bantuan teknologi infrared.

Pada umumnya, setiap jenis dashcam sudah memiliki memori built-in untuk menyimpan rekaman yang dapat ditambah dengan menggunakan high speed microSD. Ketika memori penuh, kamera akan melakukan rekaman ulang dengan menghapus data yang lama.

Peranti ini pun mudah dipasang karena ukurannya tidak besar. Cukup ikuti panduan pemasangan di petunjuk buku dan pastikan dashcam berada di posisi yang benar agar tidak mudah jatuh.

Sebaiknya jangan pasang dashcam di tempat yang dapat menghalangi pandangan saat berkendara atau membuat area dashboard tampak penuh akibat kabel yang menjuntai tak beraturan.


Baca juga artikel terkait MOBIL atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Addi M Idhom
DarkLight