Daftar Film yang Perlu Ditonton sebelum Thor: Love and Thunder

Kontributor: Putri Raissa Zaravina, tirto.id - 4 Jul 2022 23:15 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Berikut daftar film yang perlu ditonton sebelum menyaksikan Thor: Love and Thunder. Film Thor yang terbaru tayang di Indonesia mulai 6 Juli 2022.
tirto.id - Marvel akan merilis film terbaru dari franchise Thor. Dengan tajuk Thor: Love and Thunder, film ini dijadwalkan tayang perdana di bioskop-bioskop Indonesia pada 6 Juli 2022.

Namun, sebelum menonton Thor: Love and Thunder (2022), ada beberapa film yang perlu ditonton agar lebih memahami alur ceritanya.

Thor: Love and Thunder masih dibintangi oleh Chris Hemsworth yang beradu peran dengan Natalie Portman, Christian Bale, Tessa Thompson, dan Chris Pratt.

Taika Waititi kembali ditunjuk menjadi sutradara setelah sukses menggarap Thor: Ragnarok. Bisa dipastikan Thor: Love and Thunder akan hadir dengan humor menggelitik khas Taika. Hal itu sudah terlihat di trailer film sepanjang 1 jam 59 menit ini yang penuh dengan kelakar.

Film yang Harus Ditonton sebelum Thor: Love and Thunder

Karena alur film-film Marvel Cinematic Universe (MCU) saling berhubungan, pengalaman menonton film terbaru Thor akan lebih menyenangkan ketika mengetahui konteks cerita secara utuh. Dilansir CBR, terdapat sembilan film yang perlu ditonton sebelum Thor: Love and Thunder.

Meskipun sembilan film itu mengikuti perkembangan karakter Thor, penonton tak harus menonton semuanya. Dikutip dari lifehacker, setidaknya ada 4 film utama yang harus ditonton sebelum Thor: Love and Thunder, yaitu:

  • Thor (2011)
  • Thor: The Dark World (2013)
  • Thor: Ragnarok (2017)
  • Avengers: Endgame (2019).

Adapun jika hendak menonton 9 film MCU lainnya, yang memiliki keterkaitan dengan Thor: Love and Thunder, berikut daftar lengkapnya beserta sinopsis singkat.

1. Thor (2011)


Sebelum menonton Thor: Love and Thunder, penonton disarankan untuk mengikuti seluruh film solo Thor. Film garapan sutradara Kenneth Branagh ini tidak hanya mengawali perjalanan karakter Thor, tetapi juga salah satu film yang mengawali MCU.

Dikisahkan, Thor adalah seorang dewa arogan yang diasingkan untuk tinggal di Midgard (bumi), di antara manusia. Meski membawa palu andalannya, Mjölnir, Thor harus membuktikan dirinya layak sebelum bisa mengangkat senjatanya lagi.

Film ini juga menjelaskan beberapa plot utama Thor, termasuk hubungan dia dan Loki. Film yang sama juga memperkenalkan Jane Foster, kekasih Thor yang akan hadir kembali di Thor: Love and Thunder.

2. The Avengers (2012)

Film garapan Joss Whedon ini yang pertama kali membawa Thor ke dalam semesta Marvel yang lebih luas. Melalui film ini, Thor dipertemukan dengan Iron Man, Captain America, Black Widow, Hulk, dan Hawkeye.

Melanjutkan dari cerita dalam film Thor, Loki yang ternyata masih hidup, mengetahui kekuatan Tesseract dan berniat menggunakannya untuk menguasai bumi. Thor dan superhero lain harus bekerja sama melawan Loki. Dalam film ini, Thor memainkan peran penting dalam menghentikan rencana saudaranya yang hendak menginvasi bumi.

3. Thor: The Dark World (2013)

Film sekuel Thor ini digarap oleh sutradara Alan Taylor. Di film ini, Thor berusaha menghentikan rencana jahat Malekith dan pasukan Dark Elf untuk menghancurkan alam semesta menggunakan senjata bernama Aether.

Thor: The Dark World mendalami hubungan persaudaraan Thor dan Loki. Film ini juga menjadi awal kisah tragis Thor yang ditandai dengan kematian ibunya, Frigga.

Selain itu, penonton akan menyaksikan hubungan romansa antara Jane Foster dan Thor. Film ini adalah kemunculan terakhir Jane sebelum menjadi Mighty Thor di Thor: Love and Thunder.

4. Avengers: Age of Ultron (2015)

Untuk mempertahankan keamanan bumi dan manusia, Tony Stark membuat project Ultron. Tak disangka, Ultron malah membelot dan menganggap manusia sebagai ancaman bagi kedamaian bumi.

Karena anggapan tersebut, Ultron pun berupaya untuk memusnahkan umat manusia. Hal tersebut membuat tim Avengers bersatu kembali demi menghentikan Ultron.

5. Guardians of the Galaxy (2014)

Film karya James Gunn ini menjadi debut dari Star-Lord, Drax, Rocket, Groot, Nebula, dan Kraglin di MCU. Enam tokoh tersebut dikabarkan akan turut tampil di Thor: Love and Thunder.

Peter Quill merupakan anggota Ravager yang dipimpin oleh Yondu Udonta. Akibat mencuri sebuah artefak, Quill menjadi buron dan harus menghadapi banyak musuh yang mengincar imbalan untuk menangkapnya.

Quill lantas ditangkap dan ditahan di penjara Kyln, tempat ia pertama kali bertemu dengan Drax, Rocket, Groot, dan Nebula. Setelah mengetahui kekuatan sebenarnya dari artefak yang dicuri Quill, mereka pun bergabung sebagai tim untuk melindungi alam semesta.

6. Guardians of the Galaxy Vol. 2 (2017)

Dalam film sekuel Guardians of the Galaxy ini, Mantis bergabung dengan The Guardians. Mantis juga akan tampil di film Thor terbaru (Thor: Love and Thunder) bersama anggota lainnya.

Di film ini, Peter Quill bertemu dengan sosok misterius bernama Ego yang mengaku sebagai ayah biologisnya. Quill pun mempelajari asal-usulnya sebagai kaum Celestial.

Kecurigaan Quill terhadap Ego sudah hilang sepenuhnya sehingga mereka menjadi semakin dekat. Sebaliknya, Gamora malah melihat kejanggalan dan menemukan rahasia mengerikan dari Ego.

7. Thor: Ragnarok (2017)

Film ketiga dari franchise Thor ini berhasil menghidupkan karakter Thor dengan meramu humor dalam aksi pahlawan supernya. Dilansir Screenrant, film garapan Taika Waititi ini menjadi awal baru bagi franchise Thor.

Taika Waititi kembali didapuk menjadi sutradara di Thor: Love and Thunder sehingga penonton dapat menantikan citra jenaka yang sama dengan Thor: Ragnarok.

Dalam film Thor: Ragnarok, Thor dikisahkan terdampar di sebuah planet asing bernama Sakaar. Ia harus menemukan cara pulang ke Asgard untuk menyelamatkan alam semesta dari ancaman kakak perempuannya, Hela.

Thor dipertemukan kembali dengan Loki dan Hulk di film ini. Film ini juga menampilkan karakter-karakter baru yang dikabarkan akan hadir kembali di Thor: Love and Thunder, yaitu Valkyrie, Korg, dan The Grandmaster.

8. Avengers: Infinity War (2018)

Bahaya dahsyat muncul dan membayangi alam semesta. Thanos berusaha mendapatkan semua Infinity Stone untuk menyapu setengah populasi alam semesta. Avengers harus berjuang dalam menghentikan rencana Thanos itu.

Dalam lini masa MCU, film ini terjadi tepat setelah Thor: Ragnarok. Thor menyaksikan Thanos memusnahkan Asgardian yang selamat dari bencana Ragnarok, termasuk Loki dan Heimdall.

Film ini adalah pertama kalinya Thor bekerja sama dengan The Guardians. Bersama Rocket dan Groot, Thor pergi menuju Nidavellir dan membuat senjata barunya, Stormbreaker.

9. Avengers: Endgame (2019)

Dihantui kegagalannya membunuh Thanos, Thor hidup dalam depresi di New Asgard. Dia mulai meragukan kepiawaiannya sebagai seorang pahlawan. Meskipun enggan, Thor bergabung kembali dengan Avengers dalam rencana mengembalikan teman mereka yang hilang saat The Blip.

Dalam film ini, Thor mengeksplorasi jati dirinya dan menemukan tujuan baru dalam hidup. Di akhir film, Thor bergabung dengan The Guardians untuk berpetualang di luar angkasa.

Avengers: Endgame menjadi penampilan terakhir Thor di MCU sebelum Thor: Love and Thunder.

Baca juga artikel terkait HIBURAN atau tulisan menarik lainnya Putri Raissa Zaravina
(tirto.id - Film)

Kontributor: Putri Raissa Zaravina
Penulis: Putri Raissa Zaravina
Editor: Addi M Idhom

DarkLight