Daftar Film yang Diperankan Abimana Aryasatya Sebelum Gundala

Oleh: Yonada Nancy - 26 Agustus 2019
Dibaca Normal 2 menit
Berikut adalah deretan film yang pernah diperankan Abimana selain Gundala.
tirto.id - Industri film di Indonesia tahun ini akan merilis film superhero lokal berjudul Gundala, yang akan diperankan oleh Abimana Aryasatya.

Film garapan Joko Anwar ini diambil dari kisah komik Bumi Langit karangan Harya Suraminata.

Seperti layaknya superhero di film laga lainnya tokoh Gundala juga memiliki kekuatan super berupa petir yang didapat dari Kronz, yakni Raja dari Kerajaan Petir yang mengangkat Gundala sebagai putranya.

Joko Anwar menemukan kemiripan karakter Gundala yang dimiliki Abimana, “Tokoh Gundala ini harus diperankan oleh seseorang yang sangat teliti, pertama memiliki karakter yang sangat kuat dari segi peran serta yang kedua karakternya harus lembut dan ada kerapuhan dalam dirinya. Saya melihat itu pada Abimana,” kata Joko Anwar seperti yang dilansir dari Antara.

Suami dari aktris terkenal Inong Ayu ini memulai kariernya di dunia hiburan pada sinetron Lupus di tahun 90-an.

Sebagai aktor terkenal di Indonesia, Gundala bukan satu-satunya film yang melibatkan Abimana.

Berikut beberapa film Abimana yang berhasil dihimpun oleh Tirto.

12.00 A.M

Film pertama Abimana yang tayang di bioskop adalah film horor yang berjudul 12.00 A.M. Film yang di sutradarai oleh Koya Pagayo ini rilis pada 2005.

Dalam film ini, Abimana berperan sebagai Alvin. Ia harus beradu peran dengan Olga Lydia dan Rionaldo Stockhorst.

Dilansir dari IMDb, film ini bercerita tentang seorang fotografer dan juga mahasiswi yang dihantui oleh sosok misterius.

Satu per satu peristiwa misteri muncul dalam kehidupan mereka dan mengancam nyawa orang-orang di sekitar mereka.

Film horor lainnya yang diperankan oleh Abimana adalah Malam Jumat Kliwon tahun 2007 dan Belenggu di tahun 2012.

Abimana juga terlibat dalam pembuatan film horor populer, yaitu Sebelum Iblis Menjemput pada 2018 sebagai Co-Produser.

Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 dan 2

Abimana sempat berperan sebagai tokoh Dono, dalam film remake Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! bersaudara yang rilis selama dua tahun berturut-turut, yakni 2016 dan 2017.

Peran Abimana dalam film Jangkrik Boss! mendapat apresiasi dari banyak pihak. Abimana dinilai dapat memerankan tokoh mendiang Dono dengan baik, tidak hanya secara fisik namun juga karakter.

Peran ini bahkan membawanya masuk dalam nominasi Piala Citra 2016 sebagai Aktor Terbaik. Film Jangkrik Boss! merupakan film terlaris di Indonesia selama dekade terakhir dengan jumlah penonton sebanyak 6.858.616.

Catatan (Harian) Si Boy

Pada tahun 2011, Abimana berperan sebagai Andi dalam film Catatan (Harian) Si Boy. Di film garapan Putrama Tuta ini, Abimana beradu peran dengan aktor populer Ario Bayu, Onky Alexander, dan aktris cantik Tara Basro.

Melansir dari IMDb, film ini bercerita tentang persahabatan remaja yang berusaha keluar dari zona nyaman dan menyelesaikan berbagai hal yang mereka mulai.

Film ini cukup menginspirasi para remaja untuk meraih harapan dan cita-cita mereka.

99 Cahaya di Langit Eropa

Di film yang terbit pada 2013 ini, Abimana memerankan tokoh utama pria yakni Rangga yang beradu peran dengan aktris terkenal Acha Septriansha yang berperan sebagai Hanum.

Film drama religi garapan sutradara Guntur Soharjanto ini cukup diminati masyarakat Indonesia sehingga dibuat sekuelnya yakni 99 Cahaya di Langit Eropa 2 yang rilis satu tahun setelah film pertama.

Selain kisah cinta antara Hanum dan Rangga, yang menjadi daya tari di film ini adalah kisah tentang budaya Islam kontinental di Eropa.

Pembuatan film 99 Cahaya di Langit Eropa menghabiskan dana sebesar Rp15 miliar.

Negeri Van Orange

Dalam film yang rilis di tahun 2015, Abimana memerankan tokoh Wicak, salah satu mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Belanda.

Dilansri dari IMDb, film yang disutradarai oleh Endri Pelita ini menceritakan bagaimana kehidupan sekelompok mahasiswa yang berkuliah di Belanda.

Mereka harus berhadapan dengan permasalahan keuangan dan banyak lagi. Namun, dalam perjalanannya mereka sadar bahwa ada yang lebih berharga dibanding uang, yakni persahabatan.

Selain Abimana, film ini juga menampilkan akting dari Chicco Jeriko, Tatjana Saphira, Arifin Putra, dan Ge Pamungkas.

The Night Comes for Us

Sebelum berperan dalam pembuatan film Gundala, Abimana sempat terlibat dalam film laga thriller, The Night Comes for Us tahun 2018.

Dalam film garapan Timo Tjahjanto ini, Abimana berperan sebagai Fatih dan harus beradu peran bersama dua aktor profesional lainnya, Iko Uwais, Joe Taslim, Zack Lee, dan masih banyak lagi.

Film ini mendapatkan nominasi sebagai Stunt terbaik dari Austin Film Critics Association 2018.


Baca juga artikel terkait FILM SUPERHERO INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Film)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight