Daftar Film Joanna Alexandra Catatan Akhir Sekolah hingga Pizza Man

Oleh: Adrian Samudro - 6 Desember 2019
Dibaca Normal 3 menit
Joanna Alexandra sudah membintangi lebih dari 10 film layar lebar yang hampir semuanya ia lakoni sebagai pemeran utama.
tirto.id - Alexandra Arimbi Joanna atau yang lebih dikenal dengan Joanna Alexandra merupakan seorang model, pemain film dan sinetron berkebangsaan Indonesia.

Mengawali kariernya sebagai model sejak kelas 3 SMP, namanya baru dikenal publik ketika ia membintangi film perdananya yang berjudul Catatan Akhir Sekolah.

Pada debut filmnya, ia beradu akting dengan sejumlah aktor ternama seperti Vino G. Bastian, Marcel Chandrawinata, Christian Sugiono, dan Ramon Y. Tungka.

Kariernya kian melejit seiring banyaknya tawaran yang ia terima mulai dari sinetron, FTV, video klip hingga film layar lebar seperti Virgin 2 dan The Tarix Jabrix 2.

Sejak mulai berkarier di dunia akting, perempuan berusia 32 tahun ini sudah membintangi lebih dari 10 film layar lebar yang hampir semuanya ia lakoni sebagai pemeran utama.

Berikut adalah beberapa film Joanna Alexandra yang dapat ditonton:


Catatan Akhir Sekolah (2005)

Disutradarai oleh Hanung Bramantyo, film berdurasi 1 jam 49 menit ini mengusung tema persahabatan anak-anak remaja yang duduk di bangku SMA.

Mengikuti kisah persahabatan 3 anak SMA, Arian, Agni, dan Alde, yang ingin membuat sebuah film dokumenter tentang sekolahnya pada perhelatan pentas seni akhir tahun sekolah.

Dokumentasi ini mereka buat untuk mengenang setiap sudut sekolah beserta cerita di dalamnya, termasuk kisah percintaan dan persahabatan anak-anak remaja.

Dibintangi oleh Vino G. Bastian, Marcel Chandrawinata, Ramon Y. Tungka, dan Joanna Alexandra, film ini dirilis pada tahun 2005 silam.


Lewat Tengah Malam (2007)

Film kedua yang dibintangi oleh Joanna Alexandra ini merupakan film horor pertama yang pernah melibatkannya.

Berkisah tentang Alice, seorang gadis yang pindah tempat tinggal usai kedua orang tuanya bercerai lantaran sang ayah didoktrin gila karena merasa dirinya diteror oleh hantu.

Namun, sejak Alice pindah ke apartemen tersebut, ia juga selalu merasa ada hantu yang mengikuti dan meneror dirinya.

Bahkan di setiap sudut mana pun ia berada, Alice selalu merasakan kehadiran makhluk halus yang tertarik kepada dirinya.

Tara sang ibu yang tak mempercayai cerita Alice justru membuat kondisi keluargnya semakin runyam hingga pada akhirnya suatu rahasia terkuak.

Film karya sutradara Koya Pagayo ini dibintangi juga oleh Cathrine Wilson, Krisna Murti Wibowo, Ichi Nuraini, dan Andhika Pratama.


Virgin 2: Bukan Film Porno (2009)

Dirilis pada tahun 2009, film ini dibintangi oleh Joanna Alexandra, Christina Santika, Yama Carlos, Ramon Y. Tungka, dan Ari Darsono.

Dibawah arahan Nayato Fio Nuala, Virgin 2 mengikuti kisah tentang persahabatan dua orang remaja, Tina dan Nadya, yang terjerumus ke profesi kelam yang seharusnya tidak dilakukan di usia mereka.

Masa remaja menjadi hal yang tidak mudah bagi mereka. Persahabatan keduanya seringkali harus dibayar mahal dan berakhir dengan tragis, justru ketika mereka ingin mengubah jalan hidupnya.

Masa-masa kelam yang mereka lewati harus ditempuh dengan pengorbanan yang panjang.


The Tarix Jabrix 2 (2009)

The Tarix Jabrix 2 merupakan film sekuel yang menceritakan tentang geng The Tarix Jabrix yang nyaris bubar setelah menyelesaikan masa-masa di bangku SMA.

Mereka nyaris dipisahkan oleh Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Tapi Cacing (Tria Cangcuters) mengusulkan agar geng mereka hijrah dan kuliah bersama di Jakarta.

Kehidupan perkuliahan mereka dimulai dan kisah percintaan di ibu kota pun mulai terjalin di setiap anggota geng.

Apesnya, pergaulan baru di ibu kota menyeret mereka pada sebuah kasus penculikan. The Tarix Jabrix juga menghadapi masalah internal. Mulder terjerumus ke arena balapan liar dengan pesaingnya, Valent.

Disutradarai oleh Iqbal Rais, film ini dirilis pada tahun 2009 dengan sederet bintang seperti The Changcuters, Joanna Alexandra, Ramon Y. Tungka, Judika Sihotang, Winda Agustini Putri, dan Windi Agustina Putri.


Belum Cukup Umur (2010)

Aya, Ares, dan Brenda, remaja SMU yang bersahabat sejak lama. Suatu hari persahabatan mereka bermasalah karena Aya hamil oleh Ares. Brenda mengamuk dan memukul Ares.

Lalu mereka bertiga memikirkan solusi kehamilan Aya. Tercetus gagasan untuk menggugurkan kandungan Aya, karena Aya dan Ares belum siap untuk menikah, dan juga merasa belum cukup umur.

Dengan berbekal uang seadanya dan izin menginap di rumah Brenda, dimulailah perjalanan untuk mencari tempat menggugurkan kandungan.

Dalam perjalanannya, mereka menemui berbagai macam kendala. Persahabatan mereka diuji.

Ternyata, menyelesaikan masalah yang seharusnya belum mereka hadapi di usianya itu tidak semudah yang mereka bayangkan.

Akhirnya mereka bertiga memutuskan untuk pulang. Aya bertekad apa pun yang terjadi, ia dan Ares harus menanggungnya.


Cinta di Saku Celana (2012)

Ahmad (Donny Alamsyah) memiliki mimpi sederhana yaitu ingin sekali punya cinta. Mimpi yang amat wajar mengingat dirinya adalah anak yatim piatu sejak kecil.

Bak ketiban duit, mimpinya menjadi nyata. Sekumpulan kartu pos misterius mempertemukan Ahmad dengan pujaan hatinya, Bening, mahasiswa cantik tetapi rapuh.

Keduanya sering bertemu di KRL. Masalahnya adalah Ahmad tidak punya nyali untuk berkenalan dengan Bening.

Keberaniannya kemudian muncul ketika mendengar saran dari ibu panti asuhan dan dukungan dari sahabatnya yang mengatakan padanya untuk membuat surat cinta.

Namun nahas, surat cinta itu ikut dicopet oleh seseorang di jalan. Ahmad pun kemudian bertemu dengan seseorang yang juga menginginkan cinta Bening.


Kata Hati (2013)

Randi, fotografer, yang hatinya terluka sejak Dera meninggalkannya dan lebih memilih fokus mengejar kariernya sebagai model.

Sementara Fila mencintai Adrian, sahabat yang sudah dikenalnya 10 tahun. Fila sangat menyayangi Adrian tapi Fila tidak berani menyatakan isi hatinya sampai Adrian pergi kuliah di luar negeri.

Suatu ketika Randi dan Fila bertemu di sebuah kafe. Fila tertarik ketika melihat figur Randi yang selalu terlihat kusut, duduk sendirian di sudut kafe sambil sibuk dengan kamera.

Di sisi lain, Randi tertarik pada sosok Fila yang ceria dan pada akhirnya berhasil membawa warna baru pada hidupnya.

Mereka saling membantu untuk menyembuhkan luka hati masing-masing dan pertemuan ini pula yang membuat keduanya bisa mengisi kekosongan hati.

Namun, ketika hubungan Randi dan Fila semakin dekat, Dera kembali. Kembalinya Dera membuat segalanya berubah.

Kembalinya Dera memberi pertanyaan untuk Randi. Siapa yang akan ia pilih: Dera atau Fila. Randi mencoba mendengarkan kata hati untuk mendapatkan jawaban.

Film yang dibintangi oleh Boy Hamzah, Joanna Alexandra dan Kimberly Ryder ini merupakan karya sutradara Iqbal Rais yang dirilis pada 2013.


Pizza Man (2015)

Olivia digoda bosnya, tapi dia menolak. Akibatnya, dia dipecat. Dia pulang membawa minuman beralkohol dan memutar lagu sekeras mungkin untuk mengusir rasa sakitnya.

Teman sekamarnya, Merry dijodohkan ibunya dengan anak orang kaya yang feminin. Sementara, Nina, taman lain lagi, pulang menangis: pacarnya kembali ke istrinya. Nina beralih ke makanan untuk melupakannya.

Olivia menyarankan cara lain untuk melampiaskan rasa frustrasi: mereka harus memilih seorang pria secara acak, dan harus diperkosa.

Masuklah manajer restoran pizza yang sedang mengantar pizza pesanan ketiga cewek itu.

Adam, pengantar pizza, ditarik secara paksa untuk ikut gabung dengan pesta mereka. Tanpa disengaja, Adam terbunuh di pesta itu.


Baca juga artikel terkait AKTRIS FILM atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Film)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Ibnu Azis
DarkLight