Daftar Film Indonesia yang Rilis Mei 2019

Oleh: Yantina Debora - 4 Mei 2019
Dibaca Normal 3 menit
Deretan film Indonesia yang bakal tayang di bioskop Tanah Air pada Mei 2019, mulai dari Arwah Noni Belanda, Sekte, Ambu, Jack hingga Pariban: Idola dari Tanah Jawa.
tirto.id - Deretan film Indonesia akan dirilis dan hadir di bioskop-bioskop Tanah Air, mulai dari film komedi hingga horor.

Bulan ini akan dibuka oleh film horor seperti Arwah Noni Belanda dan Sekte. Selanjutnya, film yang menampilkan keunikan daerah-daerah di Indonesia seperti Ambu di Baduy, Pariban: Idola dari Tanah Jawa di Sumatra dan Jack di Surabaya.

Berikut adalah daftar Indonesia yang akan rilis beserta sinopsisnya.

Arwah Noni Belanda

Arwah Noni Belanda, film yang bercerita tentang arwah gadis blasteran Belanda-Jerman dijadwalkan rilis di bioskop-bioskop Indonesia pada 2 Mei 2019.

Sinopsis film Arwah Noni Belanda mengusung latar 1834. Hellen Van Stolch tinggal di Batavia. Dia merupakan gadis berusia 21 tahun dan anak tunggal dari Jacob Van Stolch, seorang blasteran Belanda-Jerman.

Jacob merupakan tuan tanah yang kaya. Sayangnya nasib Hellen tidak bagus. Dia meninggal dengan cara yang mengenaskan.

Hal itu pula yang membuat arwahnya tertahan di tempatnya sampai sekarang. Suatu ketika, kisah tersebut masuk ke alam bawah sadar Sarah Astari (Sara Wijayanto), seorang penulis novel horor. Sarah tidak menyadari ada pergesekan tersebut. Sejak saat itu, Sarah mulai menulis cerita horor tentang noni Belanda.

Sukep The Movie

Sukep The Movie, film yang bercerita tentang perjuangan orang kampung dalam meraih cita, cinta dan sahabat, dijadwalkan rilis di bioskop-bioskop Indonesia pada 2 Mei 2019. Sukep (Kamil Onte), seorang kampung ingin membuktikan bahwa siapapun bisa sukses.

Dia menjalani karier sebagai komika atau komedian tunggal. Aksi-aksi lucunya mengantarkan Sukep perlahan tapi pasti mendapat popularitas. Pencapaian Sukep juga tidak lepas dari sahabat karibnya, Ivan (Ivan Seventeen), yang senantiasa memberikan dukungan.

Masalah justru hadir saat dia mulai sukses. Sukep memiliki asmara masa lalu dengan Anty (Shallu Salsabila). Lama tidak berjumpa, Sukep sangat merindukan Anty.

Sekte

Sekte, film yang bercerita tentang sebuah kelompok terlarang, dijadwalkan rilis di bioskop-bioskop Indonesia pada 2 Mei 2019. Film ini menceritakan tentang Lia (Asmara Abigail) yang mengalami kecelakaan hebat.

Saat tersadar, dia berada di sebuah rumah besar yang tidak dikenalinya. Tidak ada hal yang dia ingat, Lia amnesia. Lia sekarang tinggal di tempat untuk berkumpul orang-orang yang tidak memiliki keluarga, atau setidaknya tidak ingat keluarganya.


Seiring dia berbincang dengan penghuni lain, Lia menyadari bahwa rumah tersebut merupakan tempat sekte sesat. Bagi yang sudah memasuki rumah tersebut, dia tidak akan bisa keluar. Lia tidak tahu riwayat atau kegiatan yang dilakukan sekte sesat.

Namun dia sangat tahu bahwa hidupnya tidak dalam kondisi yang menguntungkan keselamatan bahkan nyawanya. Selain Asmara Abigail, pemain lain yang ikut bergabung yaitu Derby Romero, Rizky Nazar, Gesata Stella, Trisa Triandesa, Natal Chendana, Eduwart Manalu, Nadira Adnan, Fangtatis dan Saefulla Mahyudin.

Roh Fasik

Roh Fasik, film horor yang dibintangi Zaskia Sungkar dan Irwansyah akan tayang pada 9 Mei 2019. Akbar (Evan Sanders) tidak lagi mau mengimani Tuhan dan agamanya sejak kematian Zahra (Zaskia Sungkar), istrinya.

Pernikahan mereka membuahkan satu anak bernama Amira (Keinaya Meissi Gusti). Ketidakpercayaan kepada Tuhan dan agama tetap berlanjut walaupun Akbar sudah menikah Renata (Denira Wiraguna). Kebahagiaan Akbar pun tidak bisa seindah dahulu.

Hingga suatu ketika, Hasan (Irwansyah), teman Akbar datang untuk menjenguk dan mengajak Akbar ke jalan yang benar. Hasan menyarankan hal tersebut untuk kebaikan semua, terutama Amira.

Akbar kemudian mengizinkan Amira untuk mengaji. Namun gangguan demi gangguan dari makhluk halus mulai muncul. Orang yang paling sering diganggu adalah Renata. Ubay Fox bertindak sebagai sutradara dan Evelyn Afnilia sebagai penulis naskah.

The Lawyers (Pokrol Bambu)

The Lawyers (Pokrol Bambu), film komedi tentang perceraian dijadwalkan rilis pada 16 Mei 2019. Film ini bercerita soal Johan Nabawi (Jerio Jeffry) yang sangat mencintai Nina Tanjung (Kartika Berliana), istrinya.

Namun Nina ingin menceraikan Johan lantaran penyakit sadomasochist yang diderita suaminya. Johan selalu memukuli Nina sebelum berhubungan intim.

Akhirnya masing-masing dari mereka menyewa pengacara. Johan menyewa RM Wicaksono (Roy Marten). Sementara Nina menyewa jasa Supermen (Dicky Chandra), pengacara Pokrol Bambu. The Lawyers (Pokrol Bambu) disutradari dan ditulis oleh Azar Fanny.

#MalamJumat The Movie

#MalamJumat The Movie, film adaptasi dari youtube channel Ewing HD dijadwalkan rilis pada 16 Mei 2019. Sebagai youtuber, Ewing ingin memberikan pengalaman berbeda kepada para subcribersnya.

Dia akan berkeliling ke Wonder Park, taman yang sudah lama terbengkelai. Bersama dengan timnya, Ewing menemukan jaket dan topi dengan tulisan inisial RH. Pemilik topi dan jaket diduga telah melakukan bunuh diri.

Sampai datanglah Dinda, anak yang mengaku sebagai adik pemilik topi dan jaket yang Ewing dan tim temukan. Dinda tidak yakin bahwa kakaknya melakukan bunuh diri.

Untuk memastikan, Dinda, Ewing dan timnya kembali menuju Wonder Park. Saat kedatangan mereka yang kedua kali inilah mereka mendapat pengalaman yang takkan mereka lupakan.

Hadrah Daeng Ratu bertindak sebagai sutradara, sementara Andika Lazuardi bertindak sebagai penulis naskah.

Ambu

Ambu Misnah (Widyawati), merupakan ibu dari Fatma (Laudya Cintya Bella). Mereka berdua tinggal di Baduy. Namun suatu hari Fatma meninggalkan Ambu demi mengejar Nico (Baim Wong), lelaki Jakarta yang dia cintai.

Kemudian Fatma dan Nico mempunyai anak. Mereka memutuskan untuk kembali menuju Baduy, asal-muasal konflik keluarga mulai terjadi.

Dalam film Ambu, Farid Dermawan bertindak sebagai sutradara, sementara Titien Wattimena bertindak sebagai penulis naskah. Film ini dijadwalkan rilis pada 16 Mei 2019.

Jack

Wak Dollah (Eko Tralala) ingin anaknya, Jack (Arief Wibhinsono), untuk meneruskan usaha miliknya. Hal itulah yang membuat Jack mengambil jurusan yang sesuai dengan usaha ayahnya.

Sebenarnya Jack lebih menyukai jurusan kuliah seni. Bisa jadi hal itulah yang membuat Jack tidak kunjung selesai kuliahnya walau sudah tujuh tahun. Mereka merupakan keluarga Arab.

Dalam keadaan sulit tersebut, Wak Dollah makin gusar saat mengetahui Jack dekat dengan Meyling (Grace Tie), perempuan Tionghoa, anak tunggal dari Koh Halim (Hengky Kusuma). Koh Halim merupakan pedagang obat China ternama di Surabaya.

Jack merupakan film karya M. Ainun Ridho dengan Haikal Damara membantu dalam penulisan naskah. Film ini dijadwalkan rilis pada 16 Mei 2019.

Pariban: Idola dari Tanah Jawa

Halomoan S. Sitorus alias Moan (Ganindra Bimo) merupakan lelaki keturunan Batak. Dia lahir di Jakarta dan besar di Bandung. Moan sukses dalam hal finansial dan hubungan pertemanan.

Namun dia masih belum bisa berkomitmen dalam hal pasangan hidup. Ibu Moan selalu cerewat agar dia menikah. Dia dijodohkan dengan Uli Silalahi (Atiqah Hasiholan) di Samosir. Uli merupakan pariban atau sepupu Moan.

Awalnya Moan tidak setuju. Dia merasa bahwa orang kota tidak cocok dengan orang desa. Namun karena rasa sayang dengan ibunya, Moan pun tetap berangkat menuju Samosir. Sampai Moan bertemu dengan Uli, segala prasangka awal Moan tentang Uli berubah sudah.

Film karya sutradara Andibachtiar Yusuf dan penulis naskah Ridho Brado dan Agustinus Sitorus ini dijadwalkan rilis pada 9 Mei 2019.

Baca juga artikel terkait FILM INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Film)


Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH