Daftar Film Christopher Nolan: Tenet, Memento hingga Inception

Oleh: Sirojul Khafid - 20 Desember 2019
Dibaca Normal 2 menit
Dalam trailer film Tenet, yang dirilis di Youtube-nya terlihat dua orang sedang mempersiapkan peralatan untuk memanjat sebuah gedung atau justru waktu mundur keluar gedung.
tirto.id - Warner Bros merilis trailer film Tenet, karya terbaru Christopher Nolan di akun Youtube-nya pada Kamis (19/12/2019). Tenet dijadwalkan rilis 17 Juli 2020 mendatang.

Dalam trailer-nya, terlihat dua orang sedang mempersiapkan peralatan untuk memanjat sebuah gedung atau justru waktu mundur keluar gedung.

“Kita semua percaya kita akan lari ke gedung yang terbakar. Tapi sampai kita merasakan panasnya, kita tidak pernah tahu,” percakapan karakter yang diperankan oleh John David Washington dan Robert Pattinson.

Sepertinya film Nolan kali ini bermain-main dengan urutan waktu. Setelah beberapa adegan awal, terlihat karakter yang dimainkan Washington berada di kamar rumah sakit.

“Anda memilih untuk mati daripada menyerahkan rekan kerja Anda,” kata seorang pria yang berdiri di hadapannya. “Tes yang kamu lewati [...] tidak semua orang melakukannya. Selamat datang di akhirat.”

Kemudian karakter Washington dan Pattinson melakukan beberapa misi. Masih belum jelas hal yang mereka cari atau lindungi. Namun ada beberapa adegan yang memperlihatkan alur mundur sebuah peristiwa, seperti mobil yang terguling dan serangan orang bersenjata di sebuah ruangan.

“Kamu berusaha mencegah Perang Dunia III,” kata seorang perempuan.

“Holocaust nuklir?” jawab Washington.

“Tidak. Sesuatu yang lebih buruk,” kata si perempuan.

Selain film ini, ada beberapa film Nolan lain seperti trilogi Batman The Dark Knigt (2005, 2008 dan 2012). Apabila kembali pada tahun 90-an, Nolan memulai karir sutradara film layar lebarnya melalui film Doodlebug (1997). Kemudian dua tahun berselang dia membuat film Following.

Pada 2000 sampai 2010, Nolan menyutradarai Memento (2000), Insomnia (2002), The Prestige (2006), dan Inception (2010). Setelah 2010, dia membuat film Interstellar (2014), Quay (2015), dan Dunkirk (2017).

Berikut lima sinopsis film Nolan.

Dunkirk

Kisah ini merupakan operasi militer yang terjadi di Dunkirk, Prancis. Operasi militer yang juga dikenal dengan The Battle of Dunkirk terjadi saat Perang Dunia II ini berlangsung 26 Mei hingga 4 Juni 1940.

Ada lebih dari 400 ribu tentara Inggris dan Prancis pada saat Perang Dunia II yang terlantar di Dunkirk. Para tentara itu menantikan keajaiban akan adanya aksi penyelamatan, atau mereka akan menunggu sampai mati.

Menariknya, ada tiga sudut pandang dalam film ini, yaitu The Mole (darat), The Sea (laut), dan The Air (udara). Setiap sudut pandang juga memiliki rentang waktu yang berbeda, yaitu satu minggu untuk di darat, 1 hari untuk di laut dan 1 jam untuk udara.

Situs Rotten Tomatoes memberi skor 93 persen, sementara penonton memberi skor 81 persen. IMDb memberi skor 7,9 dari 10. Selama penayangannya, Box Office Mojo mencatat total penghasilan film ini lebih dari 525 juta dolar Amerika Serikat (AS).

Interstellar

Saat Bumi mulai mulai dalam ambang kehancuran, tim penjelajah melakukan misi ke luar angkasa. Mereka merupakan sandaran manusia untuk mencari tempat yang mungkin bisa dihuni di masa depan. Film tentang antariksa ini berdurasi 169 menit.

Situs Rotten Tomatoes memberi skor 72 persen, sementara penonton memberi skor 85 persen. IMDb memberi skor 8,6 dari 10. Selama penayangannya, Box Office Mojo mencatat total penghasilan film ini lebih dari 677 juta dolar Amerika Serikat (AS).

Inception

Dom Cobb adalah pencuri yang terampil. Namun berbeda dengan pencuri lain, dia mencuri melalui alam bawah sadar, saa si korban dalam keadaan mimpi.

Kemampuan Cobb ini membuatnya menjadi salah satu anggota baru spionase korporat. Sayangnya, dia justru menjadi buronan internasional dan mengorbankan semua yang pernah dicintainya. Kali ini, Cobb ditawari kesempatan untuk penebusan. Satu pekerjaan terakhir bisa mengembalikan hidupnya seperti semula.

Inception mendapat skor dari Rotten Tomatoes sebesar 87 persen, sementara penonton memberi skor 91 persen. IMDb memberi skor 8,8 dari 10. Selama penayangannya, Box Office Mojo mencatat total penghasilan film ini lebih dari 828 juta dolar Amerika Serikat (AS).

Memento

Memento menceritakan tentang Leonard, seorang mantan penyelidik asuransi. Dia memiliki ingatan jangka pendek. Apapun yang dia ingat sebelum tidur, akan hilang setelah dia bangun. Untuk menyiasatinya, dia menulis catatan-catatan kecil. Dalam kondisi seperti itu, dia mencoba mencari pembunuh istrinya.

Memento mendapat skor dari Rotten Tomatoes sebesar 92 persen, sementara penonton memberi skor 94 persen. IMDb memberi skor 8,4 dari 10. Selama penayangannya, Box Office Mojo mencatat total penghasilan film ini lebih dari 39 juta dolar Amerika Serikat (AS).

Trilogi The Dark Knight

Tiga film Batman ini bercerita kemunculan awal Bruce Wayne sampai dia pensiun. Batman Begins rilis 2005, The Dark Knight 2008 dan 2012 rilis film terakhirnya, The Dark Knight Rises. Ketiga film itu menceritakan mulai dari Wayne saat berlatih beladiri, mulai membangun “kerajaan” serta peralatan Batmannya, sampai pertempuran puncaknya.

Melansir Box Office Mojo, Batman Begins mendapat total pendapatan lebih dari 371 juta dolar, The Dark Knight lebih dari satu miliar dolar dan The Dark Knight Rises 1,08 miliar dolar Amerika.

Berikut trailer film Tenet.

Baca juga artikel terkait FILM HOLLYWOOD atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight